23.Nov.2017

Naik ke Puncak 5 Gunung Terangker di Pulau Jawa


Indonesia memang tidak pernah jauh, deh dari yang namanya gaib-gaiban. Mulai dari dukun yang bisa tahu kamu cocok kerja di air, sampai sekolahan yang siswanya kasat mata. Siapa, nih di antara kamu yang seneng naik gunung? Percaya atau tidak, udah banyak banget cerita aneh yang terjadi seputar gunung. Yang namanya begituan, sih di mana aja ada, ya Aladiners? Tapi beberapa gunung memang udah terkenal angker. Nah, gunung-gunung di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Awas, bacanya jangan sendirian, ya! Hihihihi...

0
0
2

1. Gunung Lawu

Lawu 1

Sumber foto

Beberapa orang percaya bahwa gunung yang satu ini adalah tempat paling angker di Indonesia. Wah, kalau TPU Jeruk Purut sama rumah kentang, mah lewaaat! Gunung Lawu sudah lama dikenal sebagai pusatnya kegiatan ritual masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, Aladiners. Ini kemungkinan karena Gunung Lawu dipercaya sebagai tempat meninggalnya raja Majapahit terakhir, Prabu Brawijaya V.

Lawu 2

Sumber foto

Ada banyak banget pantangan yang harus kamu taati kalau ingin mendaki gunung ini. Misalnya dilarang bicara sembarangan, memakai baju atau jaket berwarna hijau daun, dan mendaki dalam grup yang jumlah anggotanya ganjil. Terus juga di sini katanya sering ada pasar setan, lho! Hayo, jangan tertarik buat belanja, ya... nanti di rumah kembaliannya berubah jadi daun gimana?

2. Gunung Salak

Salak 1

Sumber foto

Masih ingat kasus tabrakan Sukhoi Superjet 100 tahun 2012 yang lalu? Nah, kejadiannya di Gunung Salak, Aladiners. Padahal tinggi gunung ini tidak seberapa, lho. Puncak tertingginya saja cuma 2.211 mdpl. Tapi udah banyak pesawat yang entah kenapa kecelakaan di sini. Buat kalangan para pendaki gunung, sih Gunung Salak memang sudah lama terkenal angker.

Salak 2

Sumber foto

Selain sering terdengar suara orang yang ngobrol di tengah hutan, ada juga suara gamelan yang mengalun dari kejauhan. Yang seremnya lagi, di puncak gunung ini ada makam Mbah Gunung Salak yang ditulisi peringatan bahwa perempuan dilarang mendekati makam dan para pendaki harus bersikap sopan. Selain itu, Kawah Ratu dan Curug Seribu yang ada di area gunung ini juga udah banyak banget menelan korban, lho. Mulai dari yang keracunan belerang, sampai tenggelam karena berenang di curugnya.

3. Gunung Halimun

Halimun 1

Sumber foto

Gunung yang satu ini masih tetanggaan sama Gunung Salak. Mitosnya pun tidak kalah angker, Aladiners. Katanya, sih Gunung Halimun adalah tempat benteng-benteng Prabu Siliwangi berada. Yang namanya benteng pasti ada penjaganya, dong? Nah, benteng-benteng yang cuma bisa dilihat pakai mata batin ini dijaga sama ratusan harimau gaib.

Halimun 2

Sumber foto

Gunung Halimun dan Gunung Salak juga masuh ke dalam area yang sering disebut sebagai segitiga misteri Bogor. Mirip sama segitiga Bermuda, segitiga misteri Bogor jadi tempat di mana sering terjai kecelakaan pesawat. Selain itu, katanya ada satu titik yang dianggap sakral di daerah ini. Apa pun yang lewat di atasnya, bakal jatuh. Termasuk burung, manusia, ataupun pesawat. Hiii serem, ya!

4. Gunung Ciremai

Ciremai 1

Sumber foto

Hayo, siapa yang belum pernah dengar nama gunung yang satu ini? Dengan ketinggian 3.078 mdpl, Gunung Ciremai adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Aladiners. Makanya, gunung ini jadi destinasi wajib para pendaki gunung seantero Jawa. Walaupun sering dikunjungi, bukan berarti keangkerannya berkurang, lho. Justru sebaliknya! Dari 8 pos yang ada di sini, 3 di antaranya terkenal sebagai spot terangker Gunung Ciremai.

Ciremai 2

Sumber foto

Di pos angker pertama, kamu kemungkinan bakal mendengar suara derap kaki kuda di tengah hutan. Jangan heran... katanya itu suara kuda-kuda tentara Jepang yang meninggal di sini. Pos angker kedua terkenal karena merupakan tempat kejadian seorang anak yang dibunuh ayah tirinya. Terus pos angker yang terakhir adalah tempat pembuangan para tawanan perang pas masa penjajahan Jepang. Makanya sebelum mendaki gunung ini, pastikan kamu udah siap lahir dan batin, ya.

5. Gunung Merapi

Merapi 1

Sumber foto

Masih ingat Mbah Marijan, kan Aladiners? Sebelum kepergiannya, Mbah Marijan adalah juru kunci dari Gunung Merapi. Juru kunci di sini artinya bukan orang yang ahli soal perkuncian, lho hehe. Si Mbah ibaratnya adalah PM antara masyarakat pedesaan di lereng gunung dengan kerajaan gaib yang ada di Gunung Merapi. Yep, gunung teraktif di Indonesia ini memang dianggap sakral oleh masyarakat Jawa, sama dengan Gunung Lawu.

Clouds and smoke around the summit of Gunung Merapi, Kinahrejo, Java, Indonesia.

Sumber foto

Mereka percaya bahwa ada kerajaan gaib di sini dan puncak kawahnya merupakan singgasana kerajaan. Salah spot terangker di Gunung Merapi adalah Pasar Bubrah. Pasar ini bukan pasar sembarangan, Aladiners. Pasar Bubrah adalah tempat berkumpul dan bersosialisasinya masyarakat gaib yang ada di sini. Nah, batu-batu yang ada di sini katanya adalah meja dan kursi buat mereka. Karena lokasi Pasar Bubrah yang dekat dengan puncak, makanya banyak pendaki yang menggunakan tempat ini untuk berkemah dan menginap semalam. Dengar cerita, sih katanya banyak dari mereka yang mendengar suara keramaian seperti di pasar pas tengah malam.

Komentar

Hehe mimin khilaf 😀 Makasih udah diingetin ya.

Ciremai tertinggi dipulau jawa?
Masuk 10 besar tertinggi juga ngga min ??