05.Mar.2021

Memandang Masa Lalu di Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta


Hari gini jalan-jalan ke museum? Nggak ada salahnya, kok! Apalagi kalau kamu lagi ada di Jogja, kamu wajib banget nih datang ke salah satu museum yang ada di Sleman, Yogyakarta. Namanya Museum Ullen Sentalu. Tempatnya keren dan unik, cocok bagi kamu yang mau berwisata sejarah tapi tetap pengen ke tempat yang instagramable.

0
0
0

 

Ada Apa di Ullen Sentalu?

Sumber gambar: https://www.instagram.com/zainal.arifm/

Museum Ullen Sentalu ini didirikan sebagai jembatan memori sejarah dari masa lampau terhadap modernitas saat ini. Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan akronim dari Bahasa Jawa yakni "Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku" yang artinya "terang adalah penuntun jalan kehidupan”. Museum yang diresmikan pada 1 Maret 1997 ini telah lama menjadi media dialog budaya dari masa lalu, kini dan untuk masa yang akan datang.

Awalnya, museum ini merupakan museum dengan koleksi pribadi yang dikelola oleh keluarga seorang pembatik bernama Haryono. Beliau dan keluarganya memiliki garis keturunan bangsawan. Karena kecintaannya dengan sejarah Jawa, Haryono dan keluarga pun mengoleksi peninggalan warisan budaya Jawa yang ada. Seiring perkembangannya, saat ini koleksinya bukan hanya dari keluarga Haryono tapi juga didapat dari Yayasan Ulating Blencong dan kerabat dari keluarga kerajaan Mataram.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/bisot/

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu kamu akan dikenalkan dengan sejarah dari peradaban Kerajaan Mataram yang kala itu terpecah jadi 4 keraton. Kamu akan dibuat takjub tentang bagaimana sejarahnya melalui koleksi batik, alat musik, arca, lukisan serta peninggalan lainnya.

Selain kisah sejarah kerajaan Mataram, kamu juga akan menemukan satu ruangan yang sangat spesial, yakni Ruang Syair. Ruang ini mengisahkan cinta seorang putri Sunan Surakarta Pakubuwono XI yang bernama Tineke. Kamu akan menemukan berbagai surat cinta dan puisi atas kisah cinta Putri Tineke yang kandas karena ketidaksetaraan.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/imam_hi/

Meski kental dengan nuansa sejarah, kamu tidak akan dibuat bosan jika datang ke Museum Ullen Sentalu. Desain arsitektur bangunan yang mengagumkan akan membuat kamu betah berlama-lama di museum ini. Gaya gotik dan tropis berpadu sangat asri di museum ini. Kamu akan merasakan kesejukan dan kesunyian yang begitu damai saat datang.

 

Lokasi dan Harga Tiket

Tertarik dengan museum yang satu ini, kamu wajib datang ke Jalan Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Jaraknya tak begitu jauh, hanya sekitar 25 kilometer ke arah utara dari pusat kota Jogja.

Ada dua pilihan untuk bisa menikmati sejarah di Museum Ullen Sentalu. Pertama adalah Tur Adiluhung Mataram dengan harga tiket Rp50.000. Dengan tur ini, kamu akan menjelajahi area tur Guwa Sela Giri dan Kampung Kembang. Kedua adalah Tur Vorstenlanden dengan harga tiket Rp100.000. Dengan tur ini, kamu akan diajak menjelajah seni dan budaya jawa dengan area tur Djagad Galler, Esther Huis, dan Sasana Sekar Bawana.

 

Larangan di Museum Ullen Sentalu

Sumber gambar: https://www.instagram.com/sindydahlan/

Perlu diingat saat kamu berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, kamu dilarang mengambil gambar secara bebas. Pihak mengelola membuat aturan agar pengunjung lebih tertib dan lebih menjaga koleksi yang ada. Jika kamu ingin berfoto, sudah tersedia spot foto berupa replika Candi Borobudur serta area luar museum. Jadi gimana, siap untuk menjelajah? Yuk, rencanain dari sekarang! 

Komentar