21.Nov.2019

Misteri Alas Purwo, Hutan Tua Paling Angker Se-Pulau Jawa. Nyeremin Abis!


Banyuwangi mempunyai pesona alam yang sangat beragam. Mulai dari pantai, pegunungan hingga taman cagar alam berupa hutan yang terhampar luas nan indah. Namun di balik keindahan alam Banyuwangi terdapat satu tempat misteri yang konon merupakan hutan tua paling angker se-Pulau Jawa, yaitu Alas Purwo.

0
0
0

Sumber foto: https://www.nusantaratv.com/mitos/alas-purwo-terkenal-karena-mistisnya

Alas Purwo merupakan sebuah hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa. Konon katanya, banyak misteri Alas Purwo yang belum terpecahkan hingga sekarang. Penduduk setempat juga percaya kalau di Alas Purwo ini tempat bersemayamnya para jin seantero nusantara. Nggak heran, kalau hutan tertua di Pulau Jawa ini menyandang berbagai predikat magis seperti tempat pesugihan, tempat semedi dan masih banyak lagi hal-hal mistis lainnya.

Sumber foto: http://cawageh.id/menyusuri-keindahan-wisata-alas-purwo-banyuwangi/

Kalau kamu berkunjung saat malam satu Suro, kamu bakal menemui banyak orang yang bersemedi di sana. Tujuannya untuk mencari wangsit, ingin naik pangkat jabatan atau mencari ilmu hitam. Bahkan katanya nih, Presiden Soekarno juga sering bersemedi di salah satu gua yang ada di dalamnya. Bung Karno bersemedi untuk menemui penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul, hutan yang emang terkenal angker ini!

Sumber foto: https://keganjilan.com/5-tempat-ritual-pesugihan-yang-fenomental-di-indonesia/memasuki2bgerbang2bgoa2bistana/

Pada zaman dahulu di hutan inilah para raja-raja sering berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri. Gua Istana ini yang paling sering dikunjungi untuk bertapa atau mencari ilmu ghaib. Masyarakat setempat percaya kalau di Gua Istana ini dijaga oleh dua prajurit bangsa jin yang bertubuh besar. Itulah kenapa banyak orang yang sering bersemedi di gua paling fenomenal di Pulau Jawa ini.

Selain Gua Istana, ada beberapa gua di Alas Purwo yang masih angker dan banyak menyimpan mister. Mulai dari Gua Mayangkara, Gua Padeponak, Gua gajah, Gua Lowo dan masih banyak gua lainnya yang cocok dijadiin tempat uji nyali. Hiii.. serem banget, deh!

Sumber foto: https://www.boombastis.com/fakta-alas-purwo/75977

Dari dua fenomena di atas, kamu pasti udah bisa nebak dong kalau Alas Purwo itu bukan hutan biasa. Sejak pertama kali kamu menginjakan kaki di Alas Purwo, selain terpesona oleh keindahan alamnya, kamu juga akan merasakan kengerian yang datang entah dari mana.

Konon dalam cerita turun temurun dari warga Banyuwangi, banyak orang hilang dan nggak pernah kembali setelah memasuki Alas Purwo. Ada yang bilang sih, kalau mereka yang hilang ini membuat marah penghuni gaib hutan angker ini. Ada juga yang bilang, kalau mereka hilang itu karena diajak menikah dan pergi dari dunia manusia. Duh, kok ngeri ya, Mister auto merinding, deh!

Sumber foto: https://www.mldspot.com/traveling/alas-purwo-hutan-eksotis-di-timur-jawa

Nah, gimana? Berminat gak mengunjungi Alas Purwo? Tapi ingat, mitosnya jika kamu mengunjungi Alas Purwo dan mendengar suara asing manggil nama kamu, jangan langsung nengok ke belakang, ya. Pokoknya jangan! Kenapa emang? Biar kamu nggak diculik oleh makhluk gaib yang ada di sana. Hiii.. Masih berani?

Komentar