14.Jul.2021

Mengenal Al Qassim, Produsen Kurma Terbesar di Timur Tengah


Lebaran haji tinggal menghitung hari, tetap semangat ya meski masih di masa pandemi. Ngomongin soal lebaran haji, kalian pasti familiar kan sama buah tangan yang biasanya dikasih sama orang yang baru saja pulang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Salah satu isinya adalah kurma. Tapi kalian tahu nggak kalau Al Qassim adalah provinsi yang memproduksi kurma terbesar di Timur Tengah.

0
0
0

 

Sumber gambar: https://en.wikivoyage.org/wiki/Buraydah

Kurma, lebaran haji, dan Timur Tengah memang tak bisa dilepaskan. Identiknya kurma bagi umat islam memang begitu kuat. Tapi, Aladiners perlu tahu kalau Al Qassim merupakan salah satu provinsi di Timur Tengah yang menjadi tempat produsen kurma terbesar.

Provinsi Al Qassim ini sangatlah strategis. Letaknya berada di tengah kerajaan, berdekatan dengan Provinsi Riyadh di sebelah selatan dan timur, di barat berbatasan dengan Madinah, serta Al Hail di perbatasan sebelah utara.

 

Sumber gambar: https://www.britannica.com/place/Buraydah

Terkenal dengan produsen kurma terbesar di Timur Tengah, Al Qassim mampu menghasilkan sekitar 205 ribu ton kurma terbaik. Saking banyaknya, tiap bulan September atau di musim panas akan digelar festival kurma seperti yang dilakukan di kota Buraydah. Jenis kurma yang paling enak dan terkenal di tempat ini adalah Tamr Sukkary.

Bukan hanya soal kurma dan pertaniannya, Al Qassim juga memiliki keunggulan lain. Mulai dari pendidikan dengan universitas ternama, julukan kota ulama, hingga tempat wisatanya. Nah biar nggak penasaran. Mister akan kasih tahu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kalau lagi ada di Al Qassim.

 

Al Shihanah Tower di Al Rass

Sumber gambar: https://www.islamicarchitecturalheritage.com/listings/al-shinanah-historical-tower

Menara Shinanah, ini adalah menara bersejarah yang menjadi landmark di wilayah Al Qassim. Tingginya 30 meter dengan diameter bawah sebesar 6 meter dan diameter atas 1.5 meter. Menara ini dibangun pada 1111 Hijriah (1700 M), dan digunakan sebagai menara pantau.

 

Traditional Heritage Site di Buraydah

Sumber gambar: https://www.saudiarabiatourismguide.com/qassim-traditional-heritage-sites/

Kota Buraydah di Provinsi Qassim bukan hanya terkenal dengan festival kurmanya. Tempat ini juga terkenal dengan peninggalan sejarah yang luar biasa. Terdapat banyak bangunan dengan arsitektur cantik khas Timur Tengah. Mulai dari museum hingga desa adat yang terdiri dari 384 rumah termasuk pasar tradisional di dalamnya.

 

Al Bassam Heritage House

Sumber gambar: https://www.islamicarchitecturalheritage.com/listings/albassam-heritage-house

Al Bassam adalah istana yang terbuat dari lumpur. Luasnya lebih dari 3500 meter persegi dan dibangun pada 1955. Istana yang terletak di kota Unayzah, Provinsi Al Qassim ini sekarang digunakan sebagai museum.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi jika sedang berkunjung ke Arab Saudi. Perlu diingat bahwa selain 3 detinasi di atas, kamu masih bisa menemukan tempat-tempat unik lainnya, terutama di Provinsi Al Qassim seperti Buraydah Museum, King Khalid Park and Garden, hingga Buraydah Water Tower. Kalau sudah pulang ke Indonesia, jangan lupa bawa kurma yang banyak ya. Stay safe, Aladiners!

Komentar