02.Jan.2018

Menantang “Mata Tuhan” di Gua Prohodna, Bulgaria


Tempat keren di Bumi emang gak ada abisnya, deh. Kali ini, buat kamu yang adrenaline junkie dan pengin ngelebarin daerah jajahan ke Eropa Tenggara, coba mampir ke Bulgaria. Di negara Balkan yang satu ini, tepatnya di daerah Iskar Gorge yang berdekatan sama desa Karlukovo, ada mata Tuhan yang menyambut semua traveler!

0
0
0

Waduh, apa maksudnya, nih?

sumber foto: birdsphotographer.com

Jadi, "mata Tuhan" yang dimaksud adalah dua lubang berbentuk mata yang ada di tengah gua Prohodna. Meskipun bentuknya nyaris simetris, ternyata lubang ini terbentuk karena proses erosi alami, lho! Bagian dalam gua sepanjang 262 meter ini jadi bersinar tiap kali matahari atau bulan bersinar tepat di atas "mata ini". Kalau ujan lagi turun, mata ini keliatan seolah-olah lagi nangis. Magis banget, deh! Berhubung kemagisannya bisa bikin orang kagum atau merinding, "mata Tuhan" ini juga sering disebut "Eyes of the Devil" (mata Iblis). Terserah orang, deh, mau nyebut pakai nama yang mana.

sumber foto:A�lh3.googleusercontent.com

Gua Prohodna punya dua pintu masuk, yaitu satu pintu masuk kecil yang lubangnya setinggi 35 meter, dan pintu masuk besar yang tinggi lubangnya mencapai 45 meter. Selain sempet jadi tempat syuting film Bulgaria Time of Violence di tahun 1988, pintu masuk besar gua ini juga jadi incaran para orang pencinta tantangan yang pengin bungee jumping. Selain itu, gua ini juga populer buat olahraga wall climbing. Ada banyak rute dengan tingkat kesulitan yang beragam, tapi tetep aja semuanya dianggap sebagai rute manjat tersusah di Bulgaria!

sumber foto: walldevil.com

Gak cuma bisa manjat dan loncat, orang juga bisa mampir ke kantor Peter Tranteev National Speleological Society. Apa itu Speleological Society? Ini adalah organisasi yang ngurusin soal eksplorasi, konservasi, dan riset gua-gua di dunia. Bangunan kantornya ada di deket pintu masuk gua Prohodna dan berbentuk mirip kelelawar kalau diliat dari atas. FYI, kamu juga juga bisa nginep di sekitar gua ini. Supaya kebagian kamar, jangan lupa reservasi dari jauh-jauh hari karena buanyak banget turis yang pengin ke sini!

Komentar