Menantang! Ini 8 Tempat Paling Ekstrem di Bumi yang Bisa Kamu Kunjungi


Pernah ngerasa kegerahan pas siang di musim kemarau? Pernah buru-buru pakai jaket karena AC kantor terlalu dingin? Ngerasa ngos-ngosan waktu naik tangga 5 lantai? Atau mungkin kamu pernah ngeluh capek jalan ke minimarket terdekat? Tenang aja, Aladiners. Mendingan keadaan kamu banyak disyukuri aja, karena semua itu gak ada apa-apanya dibanding 8 tempat paling ekstrem di muka Bumi ini!

0
0
0

1. Tempat paling kering: Gurun Atacama di Chile

sumber foto: goodfreephotos.com

Mau tahu gimana rasanya tinggal di Mars? Dateng aja ke gurun ini. Kata NASA dan National Geographic, tanah di sini mirip sama planet merah tetangga bumi itu. Gurun ini sempet gak kena ujan sama sekali selama 15 tahun berturut-turut dari bulan Oktober 1903 sampai Januari 1918! Meskipun penduduknya sedikit banget, rupanya di gurun ini ada beberapa hotel yang bisa nampung para turis yang pengin menjelajahi gurun ini! Oh ya, kamu tahu serial televisi Space Odyssey: Voyage To The Planets gak? Syuting adegan di Mars dilakukan di gurun ini, lho.

2. Tempat paling dekat ke luar angkasa: Gunung Chimborazo di Ekuador

sumber foto: mrfaucher.blogspot.co.id

Kalau ngomongin tempat yang paling deket sama luar angkasa, kebanyakan dari kita pasti mikirnya langsung ke tempat tertinggi. Lalu, kenapa jawabannya bukan Gunung Everest? Padahal tinggi gunung ini mencapai 8.839 meter, melebihi Gunung Chimborazo yang ‘cuma’ 6069 meter, lho. Jawabannya adalah karena posisi puncak Gunung Chimborazo ada di titik terjauh dari inti Bumi. Apa maksudnya? Ini berarti kalau berdiri di puncaknya, kamu ada di posisi terdekat dengan luar angkasa yang bisa dicapai manusia dengan berdiri. Asyiknya lagi, gunung yang terakhir meletus di tahun 550 Masehi ini punya beberapa rute pendakian yang bisa kamu coba, lho.

3. Tempat paling terisolasi di dunia: Tristan da Cunha, United Kingdom

sumber foto: ribacompetitions.com

Buat kamu yang males ketemu orang dan lagi jenuh, pasti pengin kabur ke tempat sepi. Nah, kalau ke sini, dijamin kamu bakal cepet kangen lagi sama suasana kota besar yang semrawut. Sepinya keterlaluan, sih! Sebagai bagian dari British Overseas Territory (wilayah milik Inggris yang berlokasi di luar daratan utamanya), Tristan dan Cunha berjarak 2816 km dari daratan Afrika terdekat. Di sini ada sekitar 300 penduduk dan gak ada bandara. Artinya, kamu cuma bisa ke sini dengan naik kapal. Good luck, ya, buat kamu yang mabuk laut!

4. Tempat terdatar di dunia: Salar De Uyuni di Bolivia

sumber foto: hofmag.com

Muka datar, kehidupan yang datar, atau hubungan percintaan yang datar mungkin memang gak menarik, tapi tempat terdatar yang satu ini justru menawan hati banget. Berlokasi di Barat Dayat Bolivia, Salar De Uyuni adalah dataran garam terdatar di dunia dengan kandungan 10 milyar ton garam seluas 10.582 kilometer persegi. Selain asin, tempat ini juga mengandum Magnesium, Sodium, Potassium, dan masih banyak lagi. Terbentuk 40.000 tahun yang lalu sebagai hasil transformasi dari danau prasejarah bernama Lago Minchin, tempat ini juga jadi cermin alami terbesar di dunia. Foto di sini dijamin bakal instagenic banget, deh!

 5. Air terjun tertinggi di dunia: Angels Falls di Venezuela

sumber foto: beautifulworld.com

Niagara? Lewaaat! Kalau ngomongin air terjun tertinggi di dunia yang airnya mengalir tanpa terpotong tebing-tebing, Angel Falls yang jadi juaranya. Dengan tinggi tebing 984 meter dan aliran air setinggi 806 meter, air terjun ini lebih tinggi 15 kali lipat dari Niagara yang udah Mister sebut-sebut tadi. Berlokasi di taman nasional Canaima, taman nasional terbesar di Venezuela, nama Angel Falls diambil dari Jimmie Angel, penerbang asal Amerika Serikat di tahun 1937 yang pertama kali melintas di atas air terjun ini. Kalau kamu pengin ngeliat curahan airnya yang mengalir kencang, dateng aja pas musim hujan. Di musim ini, Angel Falls terbagi jadi dua air terjun dan pengunjung bisa ngerasain  kecipratan air dari jarak sekian kilometer. Begitu musim kemarau tiba, aliran airnya bakal langsung menguap sebelum berhasil mencapai tanah. Unik, ya!

6. Tempat terbasah di dunia: Lloro di Kolombia

sumber foto: kids.nationalgeographic.com

Kalau di bumi ada tempat terkering, udah pasti ada tempat terbasah juga. Di mana lokasinya? Jawabannya ada di ujung langit. Kita ke sana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberaniii~ (malah nyanyi Dragon Ball). Gak deng, lokasinya ada di Lloro, Kolombia. Saking seringnya hujan, pohon-pohon ini juga jadi cepet tumbuh. Gak heran masyarakat sekitar sebagian besar nebang pohon untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebenernya, kalau ngomongin tempat terbasah di dunia, Lloro bersaing ketat, seketat celana senam Vicky Burky, dengan Cherrapunji, di sebelah timur laut India. Kalau Lloro terbasah sepanjang tahun, Cherrapunji jadi tempat paling basah khusus di bulan Juni – Agustus.

7. Tempat paling panas di dunia: Gurun Lut di Iran

sumber foto: sciencemag.org

Sebelumnya Mister udah cerita tentang tempat terdingin di Bumi, yaitu Oymyakon. Nah, Gurun Lut di Iran ini adalah kebalikannya! Menurut hasil pengukuran NASA, permukaan tanah di sini suhunya mencapai 71 °C! Gurun seluas 480 km ini punya sebutan Gandom Beriyan (gandum bakar). Kenapa bisa dikasih nama begini? Menurut legenda setempat, dulu ada hamparan gandum yang gak sengaja terbakar setelah dibiarin di gurun ini selama beberapa hari. Kebayang, kan, panasnya kayak gimana? Kalau kamu berminat, kamu bisa berkunjung ke sini, kok. Jangan lupa minum yang banyak dan jangan berkunjung kelamaan, ya.

8. Puncak tercuram di dunia: Gunung Thor di Kanada

sumber foto: arturstanisz.com

Kamu suka naik gunung? Bosen naik gunung yang gitu-gitu aja? Wah, berarti kamu harus mendaki Gunung Thor yang ada di Taman Nasional Auyuittuq, Kanada. Di sini ada puncak granit super vertikal setinggi 1.250 meter dengan kemiringan 105 derajat. Itu baru puncaknya aja, lho! Gunung ini pertama kali didaki di tahun 1953 oleh tim Arctic Institute of North America. Meskipun terkesan garang, kasus kematian pendaki di gunung ini cuma terjadi satu kali, di tahun 2006.

Komentar

Tinggalkan Komentar: