08.Sep.2020

Melihat Indahnya Ekosistem Laut di Taman Nasional Karimunjawa


Apa sih yang kamu bayangin kalau mendengar frasa “Taman nasional”? Sebuah acara wild life? Atau hutan belantara tempat banyak hewan-hewan buas berkeliaran? Bagi yang belum pernah berkunjung ke taman nasional, nggak perlu sedih. Mister akan kasih tahu salah satu taman nasional yang wajib kamu kunjungi. namanya , Taman Nasional Karimunjawa.

0
0
0

 

Karimunjawa.National.Park.original.4750.jpg - Thousand Wonders

Sumber gambar: https://www.thousandwonders.net/photo/4750

Indonesia memiliki beberapa taman nasional yang tersebar dari pulau Sumatera hingga Papua. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing karena letak geografisnya yang berbeda. Taman Nasional Karimunjawa menjadi salah satu taman nasional yang menurut Mister unik, karena kawasan konservasi yang satu ini terdiri dari perairan dan beberapa daratan berupa gugusan pulau-pulau kecil. Ada sebanyak 22 pulau kecil yang berada di kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Lokasinya berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Berada di kawasan yang didominasi oleh perairan membuat ekosistem flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Karimunjawa ini sebagian besar adalah yang hidup di perairan. Ada berbagai spesies flora dan fauna yang ada di TN Karimunjawa ini, bahkan beberapa di antaranya sudah masuk ke dalam kelompok rentan dan hampir punah. Jadi kalau kamu datang ke TN Karimunjawa, kamu harus lihat dan jaga baik-baik spesiesnya, jangan sampai dirusak bahkan mati.

 

Karimunjawa Islands, one of the best islands in Indonesia

Sumber gambar: https://www.beachaddicted.com/karimunjawa-islands-best-island-indonesia/

Berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa, kamu tidak hanya bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata air yang tersedia di kawasan ini seperti bermain banana boat atau naik jetski. Terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil. Kamu juga bisa banget berkeliling dan berkunjung ke pulau-pulau lainnya seperti mengunjungi Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil. Dua pulau ini memiliki pantai yang sangat indah. Pasir pantainya yang putih dan halus sangat cocok buat kamu bersantai sambil menikmati sunset. Saat berkeliling menuju pulau-pulau lainnya, kamu bisa lho sekalian melihat dasar laut menggunakan Glass Bottom Boat. Jadi kamu nggak perlu menyelam untuk melihat indahnya dasar laut di Karimunjawa.

 

Bangkai Kapal di Karimun Jawa | Good News From Indonesia

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/04/26/bangkai-kapal-di-karimun-jawa

Selain itu, kalau kamu berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa, kamu juga bakal melihat bangkai kapal Panama INDONO. Kapal ini tenggelam di perairan Karimunjawa pada 1955. Lokasinya ada di sekitar Pulau Kemojan. Untuk bisa melihat secara langsung, kamu harus menyelam terlebih dulu. Sangat menakjubkan sekaligus misterius pastinya ketika kamu melihat dengan lebih dekat bangkai kapal yang sudah tenggelam lebih dari setengah abad.

 

Berenang Bersama Hiu Di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa Jepara

Sumber gambar: https://piknikasik.com/berenang-bersama-hiu-di-pulau-menjangan-besar-karimunjawa-jepara

Tak kalah menakutkan tapi sangat menyenangkan, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan saat berada di Taman Nasional Karimunjawa ada bermain dengan ikan hiu. Meski terlihat sedikit menyeramkan. Ikan hiu ini bisa diajak berinteraksi dengan para pengunjung. Ikan hiu yang ada di Taman Nasional Karimunjawa ini sudah dilatih secara khusus, jadi kamu nggak perlu khawatir kalau berenang dengan mereka.

 

Media - SkyGrapher

Sumber gambar: https://www.skygrapher.id/photos/13041

Bagi kamu yang penasaran dan mau segera menuju ke Taman Nasional Karimunjawa, kamu bisa menuju lokasi melalui jalur laut dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kamu bisa naik kapal Kartini yang berangkat di hari Sabtu pukul 08.00 WIB dan akan kembali ke Semarang di hari Minggu siang. Perjalanan dengan kapal Kartini dikenakan biaya Rp350.000 - Rp400.000. Perjalanan menuju Taman Nasional Karimunjawa memakan waktu 3 - 6 jam. Kalau kamu mau yang lebih cepat, kamu bisa naik Kapal Express Bahari dengan biaya mulai dari Rp325.000 - Rp800.000. Selain dari Semarang, kamu juga bisa berangkat dari Pelabuhan Pantai Kartini yang ada di Jepara. Kamu bisa naik Kapal Express Bahari atau KMP Siginjau dengan pilihan tarif mulai dari Rp125.000 - Rp400.000.

Komentar