08.Nov.2017

Mau Tahu Restoran Paling Oke di Tokyo, Jepang? Tanya Orang Ini Aja!


Di jaman serba googling sekarang ini, kita bisa tinggal ngetik "restoran enak di Jepang" kalau butuh rekomendasi. Sayangnya, review traveler lain belom tentu cocok sama selera kita, apalagi kalau yang nge-review orang dari negara lain. Lidahnya, kan, beda!

0
0
0

Nah, rupanya, sekarang ada orang yang disebut-sebut lebih jago ngasih rekomendasi soal kulineran di Jepang daripada mbah Google, namanya Shinji Nohara. Dia ini udah sering jadi tour guide orang-orang terkenal di dunia kuliner, mulai dari Wylie Dufresne sampai Anthony Bourdain! Uniknya lagi, Nohara punya persyaratan sendiri buat kliennya: semua menu ditentuin Nohara. Kliennya harus pasrah nerima!

sumber foto: staticflickr.com

Yaaa gak "sekejam" itu juga, sih. Pertama-tama, dia bakalan nanya: "mau makan apa?" ke kliennya. Begitu si klien nyebutin makanan yang diinginkan, biasanya Nohara bakal langsung nelepon seseorang (mungkin ngecek harga dan menu?) lalu memulai tur makanan selama 24 jamnya. Nah, mulai dari sini, si klien harus bener-bener pasrah mau diajak ke mana dan milih menu yang mana. Pokoknya, mulai dari ramen, soba, sushi, sampai menu-menu dessert dan roti, rekomendasi Nohara selalu memuaskan siapa aja!

sumber foto: vice.com

Nohara dulu mengawali kariernya sebagai penulis. Tapi, sejak diajak jadi tour guide-nya Anthony Bourdain di acara TV-nya, dia langsung banting stir jadi tour guide kuliner. Kemampuannya bikin kagum orang-orang paling "angkuh" di dunia kuliner membuat Nohara banjir tawaran dari koki-koki di seluruh dunia, termasuk dari Prancis, New York, dan Italia.

sumber foto: staticflickr.com

Jalan bareng Nohara berarti harus siap bangun jam 3 pagi. Soalnya, selain pergi ke restoran-restoran, dia juga bakal ngajak kliennya ke Tsukiji, pasar ikan terbesar di Jepang! Bukan cuma tahu makanan enak, Nohara juga temenan sama banyak orang di dunia kuliner, termasuk para pedagang ikan tuna yang besarnya segede ego mantan yang gak mau ngaku selingkuh. Gara-gara pergaulannya yang luas, Nohara bisa ngebawa kliennya ke bagian-bagian Tsukiji yang gak boleh dimasuki turis lain, tanpa antri. Udah gitu si klien bakal dapet bonus potongan tuna segar yang dikasih kecap asin untuk sarapan!

Asyik banget, kan, punya tour guide mumpuni kayak gini? Kalau mau jalan bareng Nohara, siap-siap ngeluarin biaya sekitar US$700. Mahal? Iyalah, ilmu itu gak ada yang murah, guys! Apalagi reputasinya udah di tingkat internasional ;)

Komentar