21.Mar.2018

Mau Tahu Gimana Rasa Makanan Penjara di Jepang? Dateng ke Hokkaido Aja!


Lagi-lagi Jepang, sodara-sodara! Negerinya Naruto ini punya segala sesuatu yang beda dari negara lain, gak terkecuali makanan penjaranya. Jangan keburu bayangin bubur hambar atau nasi nyaris basi dulu, karena makanan penjara Jepang bisa jadi lebih sejahtera daripada menu anak kosan di sini!

0
0
0

Itulah kenyataan yang bisa kamu liat di museum penjara Abashiri di Hokkaido. Penjara versi lama udah berubah fungsi jadi museum, sementara penjara yang baru beroperasi sejak tahun 1980an sampai sekarang. Makanan penjara biasa disebut secret meal yang berarti makanan rahasia. Ini karena napi biasa melahap makanan di sel mereka masing-masing, bukan di tempat terbuka. Yaaah, ada juga, sih, ruang makan bersama yang dijaga sipir, tapi seringnya makanan mereka dianter langsung ke sel.

sumber foto: wikimedia.org

Beda waktu makan, beda pula menunya. Tiap minggu ada menu berbeda yang dimasak. Makanan buat sarapan bisa terdiri dari sup miso lobak, rumput laut kering, acar plum, nasi, dan teh. Begitu masuk waktu makan siang, napi disuguhi nasi kari sapi, acar bawang, salad, teh, dan sosis. Nah, pas makan malem, giliran nasi pakai ayam fillet, kol bakar, sosis kari, salad macaroni, dan lagi-lagi teh. Wah, kalau begini tiap hari, napi bisa sehat bin segar bugar semua!

Selain makanannya, penjara Abashiri secara keseluruhan cukup nyaman. Sel pribadinya dilengkapi futon, TV hitam putih, wastafel, sampai kloset duduk. Meskipun sempit, setidaknya tiap ruangan dirancang sesuai standar manusia. Saking keliatan nyamannya, kamu pasti kaget bahwa ternyata penjara ini nampung napi kelas kakap Jepang! Apa alasannya?

sumber foto: soranews24.com

Pertama-tama, kamu harus tahu kalau musim dingin di Hokkaido adalah yang tersadis se-Jepang. Suhunya bisa jauh di bawah 0 derajat celsius. Iklim kayak gini dimanfaatin penjara Abashiri dengan ngebangun sel terisolasi tanpa pemanas ruangan dan pintu besi. Begitu dikurung di sini pas salju turun, mendadak freezer kulkas terasa anget, deh! Selain itu, di era Meiji dulu, para napi Abashiri juga kena kerja paksa buat ngebangun jembatan sampai mati kelelahan.

Mau nyobain makanan penjara? Gak harus ditangkep polisi dulu, kok. Gak jauh dari museum penjara Abashiri, ada Bangaichi Shokudo (Prison Cafetaria) yang menyajikan makanan penjara. Kamu bisa pilih menu set A atau B yang memang bener-bener dimakan para napi yang sekarang ditahan di penjara versi baru. Untuk menu set A, isinya terdiri dari nasi barley, ikan kembung bakar, acar lobak, salad mie, dan sup miso. Set B terdiri dari nasi barley, ikan kembung bakar, tempura sayur, Chinese yam, dan sup miso. Harganya pun lebih mirip makanan di mall, yaitu sekitar Rp100 ribuan!

Gimana? Tertarik? Kalau kamu mau ke sana, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel di Hokkaido terus langsung ke Prison Cafeteria. Alamatnya: Abashirishi Prison Museum, Abashiri, Hokkaido. Tempat makan ini buka setiap hari pukul 10.30 - 15.30 waktu setempat. Inget, ya, di bulan November - Maret dia tutup.

Komentar