14.Nov.2017

Mau Liburan Sehat? Yuk, ke 8 Kota Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia Ini


A�Katanya, sih, orang Indonesia termasuk orang yang paling males jalan kaki di dunia. Selain dimanjain angkot dan gojek yang bisa berhenti di mana aja, kondisi jalur pedestrian di sini emang menyedihkan. Banyak trotoar di sini dijajah pedagang kaki lima, rusak, dan mepet banget sama jalan raya. Bikin waswas banget, deh!

0
0
0

Nah, sambil berkhayal nungguin trotoar di sini lebih waras, gak ada salahnya kita ngintip kota-kota yang paling ramah pejalan kaki berikut ini. Kali aja bisa jadi inspirasi liburanA� kamu berikutnya.

1. Melbourne

sumber foto:A�chambers.vic.edu.au

Alam liarnya boleh ganas, tapi kota di Australia sayang banget sama pejalan kaki. Di Melbourne, kamu bisa ngeliat perpaduan arsitektur era Victoria, gedung pencakar langit, taman kota, dan teluk yang cantik. Semuanya buat ngemanjainA� mata (dan kaki) orang-orang! Bayangin aja, sambil jalan ke arah Royal Botanic Gardens, kamu bisa ngeliat kerennya pemandangan Yarra River plus hamparan lahan hijau yang cantik. Selain itu, kamu juga bisa ke St. Kilda buat santai di pantai atau naik ke Eureka Skydeck 88 buat ngeliat pemandangan kota Melbourne dari ketinggian.

A�2.A�Buenos Aires

sumber foto:A�iqc.ou.edu

Meskipun letaknya di Amerika Selatan, bangunan di Buenos Aires banyak yang bergaya Eropa sehingga bikin kota ini dapet julukan Paris-nya Amerika Selatan. Buat para pejalan kaki yang suka seni, mereka bisa jalan kaki ke La Boca dan mampir ke jalan Caminito. Di sini ada banyak rumah yang dihias sama seniman lokal dan galeri seni kontemporer bernama FundaciA?n Proa. Pengin jalan ke tempat yang instagenic? Mampir ke Recoleta aja! Permukiman mewah yang satu ini dpenuhi jalan dan taman yang keren banget.

A�3.A�Paris

sumber foto:A�discoverwalks.com

Selain menara Eiffel, Paris juga punya tata kota yang asik banget buat pejalan kaki. Kamu bisa jalan santai ngelewatin museum Louvre yang unik banget, Jardin des Tuileries yang enak buat nongkrong, sampai gereja Notre Dame. Jangan lupa mampir juga ke Montmartre yang dipenuhi kafe yang paling romantis se-Paris. Duh, nih kota emang bener-bener cocok buat pasangan yang pengin jalan sambil gandengan tangan!

4. Marrakech

sumber foto:A�ryaddyor.com

Sebagai salah satu kota yang masih daftar Warisan Dunia versi UNESCO, Marrakech punya banyak tempat menarik yang bisa didatengin dengan jalan kaki. Selain pasarnya yang seru banget, di kota ini juga banyak masjid bersejarah kayak Koutoubia, reruntuhan istana El Badi, sampai taman zaitun Menara Gardens di sebelah barat kota ini.

A�5.A�Vancouver

sumber foto:A�nacto.org

Vancouver memang kota terluas nomor tiga di Kanada, tapi jalan kaki di sini gak bakal capek karena transportasi umumnya oke banget dan ada peta khusus pejalan kaki. Butuh rekomendasi tempat yang bisa didatengin? Ada False Creek, Granville Island, Stanley Park sampai Lions Gate Bridge. Para pejalan kaki bakal dimanjain pemandangan kota dan laut, deh!

6. New York City

sumber foto:A�buildipedia.com

Katanya sih New York City adalah kota di Amerika Serikat yang paling ramah pejalan kaki. Soalnya, letak jalan-jalan di sini gampang dipahami dan banyak spot yang cocok banget buat nampung para pejalan kaki. Apa aja contohnya? Banyak! Mulai dari Times Square yang terkenal seantero dunia, Fifth Avenue, Brooklyn Bridge, sampai Central Park yang punya luas sekitar 341 hektar. Kalau capek jalan ya tinggal leyeh-leyeh aja seharian di sini!

7. Florence

sumber foto:A�staticflickr.com

Kebanyakan jalan besar di kota ini cuma boleh dilewatin mobil warga yang punya izin, bus, dan taksi, jadi mau gak mau orang-orang menjelajahi Florence dengan berjalan kaki. Untungnya, trotoar di sini bener-bener nyaman dan kotanya sendiri lebih mirip museum terbuka karena dipenuhi tempat bersejarah yang jaraknya deketan. Ada Cattedrale di Santa Maria del Fiore, jembatan Ponte Vecchio yang berhasil bertahan dari serangan Jerman pas Perang Dunia II, sampai Piazzale Michelangelo. Wah, kalau gini jalan kakinya sih gak bakalan bosen! Apalagi di sepanjang jalan juga banyak kafe, restoran, dan bar yang pas banget didatengin waktu kaki terasa capek.

8. Vientiane

sumber foto:A�ourglobaltrek.com

Sama-sama di Asia Tenggara, belom semaju Singapura, tapi ternyata Ibu kota Laos ini patut ditiru jalur pedestriannya. Kota ini masih mempertahankan tata kota khas Prancis yang dulu jadi penjajahnya dan mereka juga punya kembaran Arc de Triomphe bernama Patuxay Monument. Dari atas siniA� kamu bisa ngeliat seluruh jalanan kota dan betapa lebarnya trotoar buat pejalan kaki. Meskipun tukang jualan kaki lima masih ada di sana-sini, tapi mereka gak makan tempat dan bisa tetep berdagang dengan tertib, lho! Hebatnya lagi, pengendara motor dan mobil di sini juga ngehormatin pejalan kaki banget. Meskipun lampu ijo lagi nyala, mereka gak pelit ngasih kesempatan pejalan kaki buat nyeberang, ditambah bonus anggukan kepala dan senyum pula! Duh, kapan ya Jakarta kayak gini?

Komentar