25.Jun.2018

Manusia Buaya Seperti Musuh King T’Challa di Black Panther, Ada di Dunia Nyata!


Film-film superhero semakin mewabah di Indonesia. Para penikmat film Tanah Air kerap berbondong-bondong ke bioskop demi menonton aksi pahlawan kesukaannya. Saking gandrungnya dengan superhero, banyak lho yang nonton filmnya lebih dari sekali! Hayo ngaku, Aladiners termasuk yang kayak gitu gak? Hehehe.

0
0
0

sumber foto: newtimesslo.com

Ada 2 studio film Amerika yang paling terkenal menghasilkan film-film superhero. Mereka adalah DC Films dan Marvel Studios. Baru-baru ini, superhero Marvel begitu menarik perhatian. Yup, King T’Challa alias Black Panther sukses memukau penikmat film di Tanah Air. Dalam waktu 2 minggu penayangan di seluruh bioskop di Indonesia, Black Panther mengantongi 9,7 juta dolar atau sekitar Rp 132,5 miliar. Gokil, ya?

sumber foto: themarysue.com

Salah satu yang paling menonjol di film itu adalah Erik Killmonger yang diperankan oleh Michael B Jordan. Erik digambarkan sebagai sosok pria tangguh dengan banyak luka membentuk sisik di sekujur tubuhnya. Sisik-sisik tersebut diceritakan sebagai jumlah orang yang telah dibunuhnya. Cuma melihatnya di film aja, kita ngeri, kebayang gak kalau di dunia nyata ada yang memiliki tubuh seperti Erik?

Ternyata, Suku Chambri di Papua Nugini, memiliki ritual mengerikan yang membuat para pria dewasa dijuluki sebagai Manusia Buaya. Bagi Suku Chambri, buaya merupakan hewan yang sangat agung karena leluhur mereka dulunya adalah buaya yang berevolusi ke daratan dan berubah menjadi manusia. Gak heran jika masih banyak buaya yang hidup di alam bebas dan justru dilindungi oleh Suku Chambri.

sumber foto: superadventure.co.id

Semua pria di suku itu, akan mulai disayat oleh kepala suku sejak usia 11 sampai 25 tahun. Setelah kulitnya disayat, bekas lukanya justru dibubuhi abu dan untuk mengurangi rasa sakitnya pria yang habis disayat mengunyah tanaman obat.

Arti dari tradisi ini ada tiga, yakni sebagai penghormatan kepada leluhur Suku Chambri yang dipercaya adalah buaya, menandakan kedewasaan seorang pria, dan dipercaya akan membuat para pria menjadi orang yang kuat karena mampu melewati rasa sakitnya.

sumber foto: diambil dari instagram.com/pagahillestate dan isntagram.com/marcklb

Seluruh pria Suku Chambri memiliki bekas sayatan yang terlihat seperti sisik buaya dan mereka bangga memamerkannya. Aladiners penasaran ingin melihat langsung Erik Killmonger, eh maksudnya, Manusia Buaya Suku Chambri? Mereka terbuka dan terbiasa dengan kedatangan turis, lho! Jadi kamu bisa berkunjung ke Danau Chambri, Provinsi Sepik yang berada di utara Papua Nugini, yang bisa ditempuh naik pesawat selama 2 jam dari Port Moresby untuk bersapa langsung sama para Manusia Buaya!

Komentar