14.Feb.2018

Mampir ke 7 Restoran Michelin Paling Murah se-Muka Bumi


Michelin dalam dunia kuliner ibaratnya kayak piala Oscar buat film. Satu aja dapet bintang Michelin, dipastikan restoran yang kamu datengin makanannya enak bukan main. Mahal? Ooh.. pasti! Tapi jangan khawatir, kawan. Ternyata di dunia ini masih ada restoran-restoran baik hati yang masih manusiawi ngasih harga, walaupun mereka udah dianugerahi bintang Michelin. Gak usah risau, yuk, kita langsung ciao ke restoran-restoran Michelin di bawah ini!

0
0
0

1. Tim Ho Wan, Hong Kong

Ground Floor, Seaview Building, 2-8 Wharf Road, North Point, Hong Kong

Sumber foto: theepochtimes.com

Restoran dim sum satu ini namanya udah gak asing lagi di telinga kita. Tim Ho Wan yang terlahir di Hong Kong, sekarang udah punya cabang di banyak negara, termasuk Indonesia. Kalau diliat dari sejarahnya, Tim Ho Wan dulunya cuma warung kecil yang bahkan gak punya bangku. Makanya, orang-orang langsung terkesima waktu tau Tim Ho Wan dapet bintang Michelin. Tapi walaupun udah diakui dunia, Tim Ho Wan gak ngerubah harga. Wah, baik banget, ya! Udah ada beberapa cabang Tim Ho Wan di Jakarta. Tapi kayaknya paling asik kalau sekali seumur hidup bisa datengin langsung gerai Tim Ho Wan di Hong Kongnya. Ya, gak?

2. Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle

335 Smith Street Chinatown Complex, Singapura

Sumber foto: danielfooddiary.com

Waduh, namanya panjang juga, ya. Warung yang baru banget buka cabang keduanya di Singapura ini didaulat sebagai restoran Michelin TERMURAH sejagat raya. Gimana enggak, seporsi chicken rice harganya cuma SGD 2 (kurang dari Rp20.000) aja, sodara-sodara! Saking down-to-earth-nya warung ini, bahkan sang pemilik kaget karena dia kira Michelin cuma tertarik sama restoran-restoran mewah. Harganya murah, makanannya ENAK BANGET. gak heran kalau kamu harus ngantri berjam-jam untuk makan di sini.

3. Nakajima, Jepang

Basement Floor, Nichihara Building, 3-32-5, Shinjuku, Tokyo, Jepang

Sumber foto: www.misstamchiak.com

Bosen makan sushi, sashimi, gyoza, atau takoyaki pas di Jepang? Kalau kamu lagi ada di Tokyo, jangan lupa buat mampir ke Nakajima. Ada banyak menu makanan berbahan dasar ikan yang semuanya ditawarin dengan harga 800 yen aja (sekitar Rp98.000). Harga segitu murah naudzubilah, lho, buat itungan Jepang. Apalagi ikan dan bahan-bahan lainnya yang dipakai bener-bener berkualitas dan gak kalah sama restoran-restoran mewah!

4. Tsuta, Jepang

1-14-1 Sugamo, Toshima-ku, Tokyo, Jepang

Sumber foto: thepeakmagazine.com.sg

Tokyo adalah kota teratas di dunia yang paling banyak punya restoran Michelin. Dan asiknya, gak semuanya restoran Michelin di sini nguras isi kantong kamu! Selain Nakajima, ada juga Tsuta yang merupakan restoran ramen pertama di dunia yang berhasil ngedapetin bintang Michelin. Di warung yang cuma punya 9 kursi ini, kamu bisa nyobain soba yang dihidangkan dengan gaya ramen. Ajaibnya kuah soba di sini dibuat dari kecap asin dari kacang kedelai yang difermentasi selama 2 tahun! Harganya? Cuma 850 yen aja (sekitar Rp104.000), pemirsa!

5. The Hand and Flowers, UK

126 West Street Marlow, London, UK

Sumber foto: www.viamichelin.com

Restoran Michelin di London pasti gak ada yang harganya enak di kantong. Eh, kata siapa? Belum pernah denger The Hand and Flowers, yaaa? Satu-satunya pub di dunia yang berhasil mengantongi 2 bintang Michelin ini nawarin set menu buat makan siang yang ajib punya. Dimasak langsung sama chef Tom Kerridge, menu makanan yang bisa kamu nikmatin di sini adalah gabungan antara makanan tradisional Inggris dan Prancis. Harganya cuma mulai dari A?15 (sekitar Rp260.000) buat 2-course set-nya.

6. Uncle Boons, AS

7 Spring Street, between Elizabeth & Bowery, New York, Amerika Serikat

Sumber foto: www.uncleboons.com

Main ke New York tiba-tiba kangen nasi? Kamu gak perlu ngorbanin diri pergi ke restoran Asia abal-abal yang rasanya gak kayak makanan rumah. Langsung aja mampir ke Uncle Boons! Nawarin beragam menu makanan Thailand, Uncle Boons didirikan sama orang-orang yang dulunya pernah bekerja di Per Se (restoran di New York juga yang punya 3 bintang Michelin). Harga makanannya murah-murah banget, kawan-kawan! Apalagi diliat dari harga makanan di restoran-restoran lain yang ada di New York. Seporsi sate yang daging-dagingnya gendut-gendut ditawarin dengan harga USD 12 (sekitar Rp160.000) aja.

7. Hill Street Tai Hwa Pork Noodle, Singapura

Block 466 Crawford Lane #01-12, Singapura

Sumber foto: guide.michelin.sg

Saingan sama Hong Kong soal banyaknya restoran Michelin, Singapura juga gak mau kalah soal makanan khas Asia. Walaupun tempatnya gak cakep-cakep amat, tapi Bak Chor Mee di restoran ini udah terkenal banget enaknya. Bahkan saking banyaknya orang yang demen, jangan kaget kalau kamu harus ngantri hingga 2 jam kalau mau makan di sini! Mulai dari daging-dagingan, adonan mie, hingga kuahnya bikin siapa pun ketagihan, deh. Udah gitu harganya juga terjangkau banget. Buat satu porsi mie terbesar di menunya, harganya cuma SGD 10 (sekitar Rp100.000), Aladiners! Buat porsi ukuran biasanya dihargain SGD5 (sekitar Rp50.000) aja.

Komentar