14.Dec.2021

Makna Tersembunyi Hiasan dan Ornamen Khas Natal


Perayaan Natal sangat identik dengan suasana suka cita dan kehangatan dari keluarga yang berkumpul dan membawa kebahagiaan. Untuk menambah kehangatan suasana Natal, dekorasi rumah dengan pernak-pernik/hiasan yang unik juga turut memeriahkan perayaan tersebut.  Terdapat banyak hiasan dan aksesoris lain yang harus ada dalam momen suka cita ini. Beberapa diantaranya mengandung makna yang mendalam jika hadir dan diletakkan di bagian dalam rumah.

1
0
0

Biar Aladiners ga makin penasaran, yuk kita bahas satu persatu mengenai makna hiasan khas Natal tersebut.

green christmas tree with baubles and string lights

Source: unsplash.com/@ralphkayden

Pohon Natal

Pohon Natal banyak dikenal dengan pohon cemara. Pohon jenis ini adalah pohon yang tumbuh subur sepanjang musim dingin. Daunnya tetap hijau menyala, meski banyak tumpukan salju yang menumpuk di bagian atas daun dan rantingnya. Maka dari itu pohon Natal identik diartikan sebagai harapan dan kehidupan.

close-up photography of lighted yellow star Christmas tree topper

Bintang

Biasanya hiasan bintang akan di pasang pada puncak pohon natal. Bintang pada pohon natal menggambarkan simbol dari bintang timur yang menuntun tiga orang majus dan gembala menuju palungan tempat bayi Yesus dilahirkan yakni di kota Betlehem.

brown gift box lot

Source: unsplash.com/@lore_schodts

Kado Natal

Hiasan kado yang biasanya diletakkan pada kaki pohon natal dianalogikan sebagai simbol untuk mengingatkan kita sebagai umat Kristiani, bahwa kita telah menerima karunia terindah dari Allah melalui Tuhan Yesus Kristus yang datang ke dunia untuk menebus dosa manusia.

green and white Christmas wreath on wall

 Wreath (Lingkaran Bunga)

Wreath atau karangan bunga berbentuk lingkaran ini juga merupakan salah satu hiasan Natal yang wajib ada di tiap pintu rumah. Bentuknya yang melingkar, menunjukkan cinta Tuhan yang tak pernah berakhir. Meskipun beberapa orang melihatnya sebagai hiasan, inspirasi untuk karangan bunga tersebut berasal dari mahkota duri yang dipakai oleh Yesus saat di salib.

Dilansir laman New York Times, hiasan ini menggambarkan suatu kesempurnaan, persatuan serta kehangatan dari Natal. Dengan menggantung aksesoris ini di pintu masuk rumah, maka akan membawa keberuntungan bagi siapapun yang hadir dan ikut merayakan momen Natal ini.

red lighted candle on brown wooden frame

Source: unsplash.com/@mariana42

Lilin

Lilin dianalogikan sebagai terangnya dunia yang tidak lain bermakna pada Yesus Kristus. Yesus turun ke bumi untuk menghadapi kegelapan yang menyebar karena dosa yang dilakukan oleh manusia. Dia memberikan terang jalan yang lurus kepada orang-orang dengan cara hidup dan kasih-Nya.

two red steel bells beside green Christmas decoration

Source: unsplash.com/@kwerdenker

Lonceng

Lonceng dianalogikan sebagai lambang kegembiraan dan keceriaan. Pada awalnya, lonceng dibunyikan sebagai penanda untuk memberi kabar dan mengajak semua orang bersukacita dan bergembira karena kelahiran Yesus Kristus. Saat ini, lonceng dibunyikan di gereja-gereja untuk memperingati dimulainya misa.

red and white christmas stocking

Source: unsplash.com/@dgspearman

Kaos Kaki

Umum digantung di atas perapian, kaos kaki ini juga menjadi salah satu tradisi yang kerap menghiasi Natal. Konon katanya, ketika Santa Claus datang, Ia akan memberikan hadiah dengan memasukkannya ke dalam kantong atau kaos kaki Natal.

Itulah beberapa filosofi dan makna dari hiasan khas perayaan Natal. Gimana Aladiners? Udah hias rumah kalian dengan ornament hiasan khas Natal belum? Kalau belum, beberapa inspirasi hiasan diatas bisa jadi referensi Aladiners buat menghias rumah, nih!

Komentar