17.Jul.2020

Main Air di Bendungan Waikelo Sawah, Yuk!


Bermain di tengah sawah bisa jadi sangat menyenangkan, apalagi kalau ada objek yang bisa kita eksplore. Nah di Sumba ini ada satu bendungan yang letaknya di tengah sawah. Namanya Bendungan Waikelo Sawah. 

0
0
0

 

Deretan 10 Destinasi Wisata di Sumba, Nyesel Kalau Gak Kesini ...

Sumber gambar: https://www.dailysia.com/deretan-10-destinasi-wisata-di-sumba-nyesel-kalau-gak-kesini/

Berdasarkan penghitungan iklim dan musim di Indonesia, Sumba menjadi salah satu tempat yang cukup tandus saat musim kemarau. Namun tidak dengan daerah di sekitar Bendungan Waikelo Sawah yang ada di daerah perbukitan Sumba, tepatnya di Desa Tema Tana. Meski ada di perbukitan sawah, sumber airnya tidak pernah kering. 

Bendungan Waikelo Sawah ini sudah dibangun sejak 1976 yang dirancang untuk kebutuhan irigasi dan pembangkit listrik. Aliran air yang cukup deras ini sangat bermanfaat bagi warga setempat. Selain Desa Tema Tana, beberapa desa juga memanfaatkan air dari Bendungan Waikelo Sawah ini untuk irigasi, seperti Desa Wee Rame, Desa Kalembu Ndara Mane, Desa Mareda Kalada, Desa Pada Eweta, Desa Dikira, dan Desa Tanggaba.

 

Sumber gambar: https://sumbalirealestate.com/listing/kadi-wanno/

Kalau kamu ke Bendungan Waikelo Sawah ini, kamu akan melihat aliran air yang deras dari lubang besar yang mirip seperti gua, ukurannya sekitar 4 x 3 meter. Air yang keluar itu kemudian dibendung ke kolam yang ada di depannya. Meski kelihatannya airnya tenang, tapi aliran air di dalam kolam cukup deras, apalagi di area jatuhnya air dari mulut gua. Kamu pun sebenarnya tidak diizinkan untuk berenang di area itu karena katanya kolam di sana pernah memakan korban. Jadi harus tetap hati-hati ya.

 

triman010

Sumber gambar: https://gramho.com/media/1899467541946243324

Meski begitu, kamu masih bisa tetap bermain air di kolam-kolam selanjutnya yang lebih dangkal dan lebih tenang. Cocok untuk bersantai di suasana persawahan yang sejuk. Tapi kalau kamu punya jiwa adrenalin yang tinggi, kamu bisa banget naik ke atas menuju ke dalam mulut gua lalu berenang di kolam yang ada di dalam gua. Pemandangannya nggak kalah memesona, lho! Bahkan kamu seakan masuk ke dunia lain yang di tiap sisinya dikelilingi tebing gua yang khas dan air jernih berwarna kebiruan di dasarnya. Kamu juga akan melihat air terjun mini yang merupakan sumber dari air yang ada di Bendungan Waikelo Sawah ini.

 

Bendung Weekelosawa Instagram posts - Gramho.com

Sumber gambar: https://gramho.com/media/1627281559240216020

Kalau kamu mau ke Bendungan Waikelo Sawah, kamu bisa menempuh perjalanan selama 40 menit dengan jarak tempuh 12 km menggunakan kendaraan bermotor dari Ibukota Kabupaten Sumba Barat, Tambolaka. Menuju bendungan ini belum ada transportasi umum, jadi kalau kamu nggak bawa kendaraan, sebaiknya kamu sewa kendaraan dari Tambolaka. 

 

yarninay

Sumber gambar: https://gramho.com/media/1716413141006513463

Perlu diingat kalau tempat ini sebenarnya adalah sumber irigasi bukan tempat wisata yang dikelola secara khusus jadi untuk fasilitas seperti tempat makan, penginapan, dan yang lainnya masih kurang memadai. Jadi, kamu harus membawa persediaan makan dan minum sendiri. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya.

Komentar