03.Aug.2020

Liburan Seru Nggak Perlu Jauh. Ke Curug Cikaso, Yuk!


Warga Jabodetabek mana nih suaranya? Kalau yang tiap akhir pekannya meluncur ke daerah puncak pasti kenal dong sama satu tempat kece yang jadi favorit warga Jabodetabek. Namanya Curug Cikaso. Curug yang ada di Sukabumi ini indah banget, cocok untuk kamu refreshing tapi nggak mau pergi jauh-jauh.

0
0
0

 

Curug Cikaso, Salah Satu Curug Terindah di Dunia - LandakTerbang

Sumber gambar: https://landakterbang07.blogspot.com/2015/05/Curug-Cikaso-Salah-Satu-Curug-Terindah-di-Dunia.html

Jawa Barat emang rajanya air terjun deh, soalnya ada banyak banget air terjun di provinsi ini dengan keindahannya masing-masing. Salah satunya yang ada di Sukabumi. Namanya Curug Cikaso. Curug ini memiliki 3 pancuran yang debit airnya cukup besar. Sangat indah dengan tebing tinggi menjulang serta pepohonan yang rindang di sekitar air terjun.

Kolamnya yang jernih sangat cocok untuk memanjakan mata dan bersantai di pinggir bebatuan besar yang ada di dekat kolam. Kalau kamu mau berenang di kolamnya, kamu harus perhatikan petunjuk yang ada ya, karena ada beberapa titik yang nggak boleh karena kedalamannya hingga 15 meter. Jadi pastiin kalau kamu berenang di tempat yang aman. Selain itu, jika sumber airnya sedang melimpah, tiga pancuran ini akan sangat deras, sangat berbahaya kalau kamu sampai berada di bawah jatuhnya air. 

 

Curug Cikaso waterfall, Sukabumi, Indonesia Photo by: Fikry IG ...

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/714172453380110008/

Keindahan yang dimiliki Curug Cikaso ini memang luar biasa. Kamu akan dimanjakan dengan 3 air terjun dengan debit air berbeda yang tingginya mencapai 80 meter dengan lebar tebing hingga 100 meter. Selain itu, gundukan batu-batu besar yang ditumbuhi lumut di sekitar air terjun membuat Curug Cikaso sangat eksotis dan alami.

Meski curug ini sangat indah, tapi para wisatawan baru belakangan ini ramai mengunjungi Curug Cikaso. Soalnya lokasi Curug Cikaso sendiri ada di ujung kabupaten Sukabumi, tepatnya di Dusun Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade Sukabumi. Walaupun wisatawan banyak yang belum familiar dengan lokasinya, tapi para backpacker sudah menjadikan Curug Cikaso ini sebagai spot favorit mereka sejak lama.

 

Curug Cikaso Jampang Sukabumi - Info Wisata, Kuliner dan Lifestyle

Kalau kamu ingin ke Curug Cikaso, kamu bisa menuju ke pertigaan Surade kemudian lanjut menuju Curug Cikaso yang jaraknya 12 km dari pertigaan. Kalau kamu naik kendaraan umum, kamu bisa menumpang ojek dari pertigaan menuju curug. Sesampainya di pintu masuk Curug Cikaso, nantinya kamu bisa memilih dua alternatif untuk mencapai curug. Pertama dengan berjalan kaki selama 15 menit dengan melewati perkampungan dan sawah dengan akses yang tidak menyulitkan. 

 

Cikaso Fun River - Menelusuri Sungai Cikaso - Jampang Sukabumi ...

Sumber gambar: https://www.bubuh.id/2019/07/cikaso-fun-river-sungai-tenang-dan-seru-sukabumi-jampang-curug.html

Sementara kalau kamu ingin coba menikmati indahnya panorama dari aliran sungai Cikaso, kamu bisa menumpang perahu menuju Curug Cikaso. Kamu akan ditemani oleh pemandu wisata dengan harga sewa mulai Rp80.000 hingga Rp120.000 untuk sekali naik. Harga itu untuk satu perahu ya, jadi kalau kamu datang dengan rombongan, bisa patungan.

Untuk fasilitas di area Curug Cikaso ini terbilang minim tapi cukup memadai. Meski belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, di area Curug Cikaso sudah terdapat kamar mandi, warung kecil, dan lahan parkir di area pintu masuk. Untuk harga tiket masuknya sendiri, kamu akan dikenakan tarif Rp27.000 per orang.

Komentar