29.Oct.2019

Liburan ke Malang dan Batu, Sempatkan Waktu Mampir ke 5 Agrowisata Ini


Tempat wisata yang wajib dikunjungi kala berlibur ke Malang atau Batu? Agrowisata! Itu adalah tempat wisata dengan konsep pertanian, perkebunan, dsb. Salah satu kegiatan yang ditawarkan oleh agrowisata adalah memetik buah. Kegiatan lainnya adalah icip-icip makanan atau minuman yang terbuat dari buah. Hehehe. Lantas, agrowisata apa saja yang recommended untuk didatangi di Malang dan Batu?

0
0
0

1. Keboen Nogo

Sumber: https://www.juleebrarian.com/2016/02/wisata-petik-buah-naga-di-bululawang.html

Siapa suka buah naga? Coba, deh, mampir ke agrowisata Keboen Nogo. Dalam bahasa Indonesia, keboen nogo berarti kebun buah naga. Di sana, kalian bisa puas memetik buah naga.

Harga tiket masuknya tidak mahal, cukup membayar Rp5.000. Untuk buah naga yang dipetik, harganya Rp10.000—Rp12.000 per kg. Usai memetik, kalian akan disuguhi sirup buah naga dan manisan yang terbuat dari kulit buah naga.

Di Keboen Nogo, kalian akan menjumpai buah naga super red. Itu adalah jenis buah naga yang dagingnya berwarna sangat merah dan vitamin C-nya lebih banyak. Jadi, rasanya lebih asam.

Lokasi Keboen Nogo: Jalan Koramil 76, Buluwalang, Kabupaten Malang (±45 menit dari Malang kota)

2. Agro Tawon

Sumber: http://www.kinaryatour.com/2016/03/agro-tawon-62-821-316-7070-8-travel.html

Sudah pernah minum madu, kan? Kalau madu yang masih ada sarang lebahnya, sudah pernah coba? Kalau ingin mencobanya, kalian bisa datang ke Agro Tawon. Tawon berarti lebah. Satu potong madu bersarang di Agro Tawon dihargai Rp10.000.

Ingin memegang lebah? Bisa juga, dengan catatan lebahnya masih lebah bayi sehingga tidak akan menyengat. Pada waktu tertentu, kalian juga bisa melihat proses memanen madu. Jangan lupa cicipi kuliner khasnya, ya, yakni botok tawon.

Agro Tawon bermula dari Toko Rimba, toko yang menjual olahan produksi lebah. Dari situ kemudian berkembang menjadi tempat wisata. Harga tiket masuk Agro Tawon ialah Rp0 alias gratis tis tis. Enak, kan?

Sumber: https://www.citradeepa.com/2019/02/wisata-petik-madu-lawang.html

Ada satu kegiatan di Agro Tawon yang cukup menarik perhatian anak-anak, yakni membuat patung lilin berbentuk tangan. Bahan untuk membuatnya adalah ampas madu yang berupa bekas rumah lebah.

Cara membuatnya, ampas madu dipanaskan tanpa minyak di wajan. Selanjutnya, tangan anak dibilas dengan air sabun, lalu dicelupkan ke ampas madu yang sudah mencair. Segera angkat tangan dari cairan,  lalu celupkan ke air dingin. Jadi, deh, patung lilin berbentuk tangan.

Lokasi Agro Tawon: Jalan Doktor Wahidin nomor 8, Lawang, Kabupaten Malang (±35 menit dari Malang kota)

3. Wisata Petik Jeruk Desa Selorejo

Sumber: https://www.juleebrarian.com/2017/07/puas-makan-jeruk-di-wisata-petik-jeruk.html

Bisa makan jeruk sepuasnya? Enak, tuh. Kalau datang ke Desa Selorejo, Kecamatan Dau, keinginan kalian untuk makan jeruk sepuasnya bisa terwujud. Di antara desa-desa di Kecamatan Dau, Desa Selorejolah yang punya kebun jeruk terluas, yakni sekitar 300 hektare.

Dengan membayar Rp20.000 per orang, kalian bisa makan jeruk sepuasnya di kebon jeruk Desa Selorejo. Kalian juga bisa memetik jeruk dan membawanya pulang. Harga jeruk yang dibawa pulang ialah Rp7.000 per kg. Jenis jeruk yang ditanam di sana, antara lain jeruk valencia, jeruk pacitan, dan jeruk keprok.

Lokasi Wisata Petik Jeruk Desa Selorejo: Jalan Watu Gede, Selorejo, Kecamatan Dau (±45 menit dari Malang kota)

4. Kebun Teh Wonosari

Sumber: http://fotofahmi.com/kebunteh/

Ingin menepi sejenak dari keramaian kota? Kebun Teh Wonosari adalah tempat yang tepat. Asrinya hamparan kebun teh dan sejuknya udara dijamin bisa merilekskan pikiran. Hitung-hitung untuk recharge tenaga sebelum kembali beraktivitas.

Untuk mengelilingi area kebun teh, kalian bisa naik ATV, kuda, atau kalau membawa adik yang masih kecil, kalian bisa naik kereta kelinci. Kalau sudah bosan berkeliling, kalian bisa bermain flying fox. Di sana juga ada pabrik teh, tenpat kalian bisa melihat proses pengolahan teh.

Pengelola Kebun Teh Wonosari menyediakan penginapan berbintang tiga yang bernama Rolaas Hotel. Minuman andalah di hotel itu adalah teh rempah, teh yang terbuat campuran serai, jahe, dan kapulaga.

Lokasi Kebun Teh Wonosari: Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari (±60 menit dari Malang kota)

5. Kusuma Agrowisata

Sumber: https://aprilendah.blogspot.com/2016/11/petik-buah-dan-berenang-di-kusuma.html

Ingin memetik beragam buah? Mari datang ke Kusuma Agrowisata. Berbeda dari keempat agrowisata sebelumnya yang terletak di Malang, Kusuma Agrowisata terletak di Batu. Di sana, kalian bisa menjumpai beragam tanaman, seperti apel, jambu, stroberi, buah naga, dan sayuran hidroponik.

Ada beberapa paket wisata yang bisa dipilih pengunjung. Paket tersebut meliputi petik buah dan mencoba makanan yang diolah dari buah. Selain memetik buah, kalian juga bisa seger-segeran berenang di waterpark-nya atau seru-seruan main di area outbound.

Lokasi Kusuma Agrowisata: Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu (±60 menit dari Malang kota)

Baca juga: Bersantap ala Tempoe Doeloe di Toko Oen, Malang

Komentar