12.May.2020

Lebaran Sebentar Lagi! Ini 4 Persiapan Merayakan Lebaran di Rumah


Lebaran sebentar lagi. Puasanya tinggal dikit lagi, nih. Semangat, ya! Lebaran nggak ke mana-mana? Tenang, merayakan Lebaran di rumah tetep asyik, kok. Kalian bisa berkumpul bersama ayah, ibu, kakak, adik plus bisa puas makan masakan rumah. Ngomong-omong tentang Lebaran di rumah, Mister mau berbagi, nih tentang hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk persiapan merayakan Lebaran di rumah.

0
0
0

 

1. Bersih-bersih Rumah

Catat! 12 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Sering Diabaikan ...

Sumber: https://www.popmama.com/life/home-and-living/ajengbahanawati/kesalahan-dalam-membersihkan-rumah

Saat kalian merayakan Lebaran di rumah, pasti rumah kalian kedatangan tamu, dong? Entah itu tetangga ataupun keluarga. Yap, nama saja Lebaran. Semua orang ingin bersilaturahmi satu sama lain. Nah, persiapan awal untuk menyambut tamu-tamu tersebut adalah membersihkan rumah.

Kegiatan bersih-bersih rumah ini bisa mulai kalian H-7. Dimulai dari yang paling berat, misalnya mencuci gorden-gorden yang berdebu. Begitu mendekati Lebaran, H-3 atau H-1, kalian bisa kembali bekerja dengan menyapu, mengepel, dan mengelap meja dan kursi.

Supaya tamu makin nyaman, kalian bisa mempercantik sudut-sudut rumah dengan memasang tanaman hias atau menyemprotkan pewangi. Jangan lupa, kamar mandi juga harus dibersihkan, ya. Kalau perlu kuras bak mandi. Kan nggak enak, ya, ketika ada tamu mau menggunakan kamar mandi, tapi malah kotor.

 

2. Belanja Bahan Masakan

Pedagang Ayam Raup Omzet Rp 24,5 Juta Per Hari - BeritaSatu.com

Sumber: https://www.beritasatu.com/ekonomi/483066-pedagang-ayam-raup-omzet-rp-245-juta-per-hari

Ketupat, opor ayam, sambal goreng ati. Nyam nyam nyam. Yup, ketiganya merupakan sajian khas Lebaran. Nah, biasanya, nih, saat merayakan Lebaran di rumah, banyak keluarga yang memasak ketiga makanan tersebut untuk dimakan bersama atau disajikan kepada tamu.

Oleh karena berhubungan dengan makanan, persiapan kedua untuk merayakan Lebaran di rumah adalah berbelanja bahan-bahan masakan. Kalian bisa berbelanja malam hari sebelumnya, terus besok paginya ketika hari H Lebaran, kalian masak, deh, tuh, bahan-bahannya.

Selain menyiapkan makanan berat, jangan lupa untuk menyiapkan kuker alias kue kering. Menjelang Lebaran gini, pasti banyak, tuh yang berjualan kuker. Atau, kalau kalian berbakat masak, kalian bisa, tuh, bikin sendiri kukernya.

 

3. Jangan Lupa Amplopnya, ya

Belajar Mengelola Keuangan Lewat Angpao Lebaran | Republika Online

Sumber: https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/17/06/25/orv7o7328-belajar-mengelola-keuangan-lewat-angpao-lebaran

Tahu, dong, maksud amplop di sini apa? Yup, yup, yup, amplop yang isinya uang. Saat Lebaran, kan, memang saat berbagi rejeki. Yang tua kasih yang ke yang muda. Kalau kalian udah bekerja, nggak ada salahnya, tuh, berbagi “amplop” dengan adik atau keponakan kalian.

Supaya adik atau keponakan makin seneng, kalian bisa masukin uangnya ke amplop warni-warni lucu-lucu yang banyak dijual menjelang Lebaran. Jangan lupa, sisihkan dulu uangnya dari jauh-jauh hari atau kalau perlu sebulan sebelumnya. Jadi, ketika Lebaran tiba, kalian nggak bingung lagi harus cari uang dari mana.

 

4. Cuci Perlengkapan Salat

Khazanah Ramadhan Republika

Sumber: https://republika.co.id/berita/pqtxbm283/warga-gotong-royong-cuci-karpet-masjid-jelang-ramadhan

Ingat, sebelum kalian meladeni tamu, makan bersama, dan berbagi amplop, kalian harus melaksankan Salat Id terlebih dahulu. Karena ini adalah salat sekali dalam setahun, ada baiknya kalian mencuci perlengkapan salat kalian terlebih dahulu. Jadi, semuanya serba bersih dan wangi saat kalian pergi ke masjid untuk menjalankan Salat Id.

Komentar