30.Jan.2019

Lagi Jalan-jalan ke Padang? Kalian Wajib Coba 5 Camilan dan Minuman Ini


Udah pernah pergi ke Kota Padang? Udah pernah nyobain kuliner khas di sana? Kuliner khas Padang bukan cuma nasi Padang yang terkenal dengan rendang, dendeng, dan ayam popnya itu. Padang juga punya beragam camilan lezat plus minuman segar dan menyehatkan yang pantang buat dilewatin kalau kalian lagi travelling ke sana. Apa aja, sih, camilan dan minuman khas Padang? Cek daftarnya di bawah ini.

0
0
1

1. Lompong Sagu

Sumber fotohttp://resepkue2014.blogspot.com/2016/06/cara-membuat-kue-tradisional-lompong.html

Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan camilan ini adalah tepung sagu. Tepung sagu dicampur santan dan pisang kepok yang udah dipotong-potong. Adonan tersebut lalu dibentuk persegi panjang seukuran 20 cm, bagian tengahnya dikasih gula merah, terus dibungkus daun pisang untuk selanjutnya dibakar. Zaman sekarang, hanya segelintir orang yang masih menjadi penjaja lompong sagu. Asal kalian tahu, lompong sagu pernah dijadikan lagu, lho. Judul lagunya sama-sama “Lompong Sagu”. Penyanyinya adalah Elly Kasim. Lagu tersebut pernah populer pada 1960-an.

2. Lamang Tapai

Sumber fotohttps://gadisrakus.wordpress.com/category/endorse/

Lamang dan tapai adalah kombinasi dua makanan yang sama-sama terbuat dari ketan. Lamang adalah ketan putih yang dibakar, sementara tapai terbuat dari ketan hitam yang ditaburi ragi. Pembuatan lamang cukup unik karena pakai bambu. Cara membuatnya ialah beras ketan putih yang udah dicampur garam, santan, dan daun pandan ditaruh di atas daun pisang. Terus, dimasukkan ke sebilah bambu dan dibakar di atas tungku sampai warnanya kecokelatan.

Saat disajikan, lamang ditaruh di  bawah dan tapai di atas. Kombinasi lamang dan tapai menghasilkan perpaduan rasa gurih, asam, dan manis. Mantap! Lamang tapai merupakan menu yang wajib disajikan pada acara pernikahan dan khitanan. Selain dengan tapai, lamang bisa disajikan dengan durian juga, lho.

3. Tumbang Pisang

Sumber fotohttps://www.tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-padang/

Walaupun namanya tumbang pisang, tapi pisang di camilan ini bukan pisang yang pohonnya tumbang, kok. Tumbang pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang kepok yang dikukus terus ditumbuk. Yang bikin enak adalah di atas pisang tadi ditaburi diberi taburan kelapa dan gula merah. Kalian yang suka makanan manis, cocok banget, nih, buat nyobain tumbang pisang.

4. Es Tebak

Sumber fotohttps://plesirankotatua.blogspot.com/2018/08/khas-padang-sumatera-barat-makanan.html

Iya, kalian nggak salah baca. Nama minuman ini memang es tebak. Lucu banget, ya, namanya. Tebak adalah makanan yang bentuknya mirip cendol. Kalau cendol warnanya hijau, tebak warnanya putih. Tebak terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, air garam, dan kapur sirih.

Terus, es tebak itu kayak gimana, sih? Es tebak itu kayak es campur. Isinya, antara lain tebak, tapai ketan hitam, daging kelapa muda, kolang-kaling, dan nangka. Es ini warnanya merah karena diberi pewarna makanan merah atau bisa juga sirup warna merah. Biar lebih mantep, dicampur susu kental manis, deh. Slurpppp.

5. Teh Talua

Sumber fotohttps://phinemo.com/teh-talua-minuman-tradisional-wajib-dicicipi-saat-ke-padang/

Kalau sebelumnya Mister kasih informasi soal minuman dingin, kali ini saatnya minuman hangat. Teh talua terbuat dari perpaduan teh, kuning telur, gula, susu kental manis, dan perasan jeruk nipis. Yang bikin unik, perpaduan bahan-bahan tersebut membuat teh talua mempunyai gradasi 5 warna atau dalam Bahasa Padang disebut limo lenggok. Gradasi warna tersebut mencakup warna putih, cokelat, dan kuning. Cukup dengan Rp10.000, kalian sudah bisa menikmati hangatnya teh talua.

Teh yang digunakan untuk membuat teh talua adalah teh dari Medan yang warnanya lebih pekat. Warga Padang biasa meminum teh talua saat sarapan dan saat di malam hari. Selain bisa ngangetin tubuh, teh talua juga manjur buat nguatin stamina. Teh ini banyak digemari pria. Oh, ya, pada 2017 lalu teh talua berhasil jadi juara III kategori minuman tradisional terpopuler pada ajang Anugerah Pesona. Keren!

Kalian pada tertarik nggak, nih, sama kuliner-kuliner khas Padang di atas? Kelihatannya menggoda benget, ya, buat dicoba. Jan lupo untuk berburu makanan dan minuman di atas, ya, kalau kalian lagi ada di Padang.

Komentar

Manis semua nih.