12.Dec.2018

Kuliner Kilat! Tur Jajanan di Penang Selama 24 Jam yang Wajib Dicoba


Suka makan? Hobi jalan tapi punya waktu terbatas? Pengin liburan hemat? Buat kamu para traveler yang memenuhi ciri-ciri ini, berarti kamu wajib berburu jajanan di Penang, Malaysia. Destinasi di negeri jiran yang makin populer ini ternyata surga makanan enak, lho! Nah, daripada ke Kuala Lumpur lagi, mending kamu jalan sambil isi perut di kota ini pas liburan selanjutnya. Dalam waktu 24 jam kamu bakal berkali-kali bilang, "sedap-sedap-sedap" macam Upin-Ipin, deh!

0
0
0

1. Pukul 6 pagi: sarapan roti canai di Transfer Road, George Town

sumber foto: devjsun.com

Cara paling top memulai perburuan jajanan di Penang adalah dengan jalan-jalan ke George Town dan sarapan roti canai di Transfer Road. Tempat jualannya ada di tepi jalan, di atas saluran air. Bener-bener street food! Roti di sini lembut sekaligus renyah, jadi bakalan enak banget dimakan bareng kuah kari.

2. Pukul 8 pagi: melahap bihun ikan goreng di Goh Chew Coffee Shop, New Lane, George Town

Sarapan roti aja gak cukup, dong? Makanya, setelah jalan sebentar, ayo isi perut lagi dengan bihun ikan goreng di Goh Chew Coffee Shop. Masih di George Town, di sini tersedia bihun dan mie yang disajikan bareng ikan dan udang goreng. Saking renyahnya, ikan goreng di sini juga bisa dimakan sendiri atau dicocol ke saus kacang biar makin lezat.

3. Pukul 10 pagi: brunch roti bakar dan kopi di Toh Soon Coffee Stall, Campbell Street, George Town

sumber foto: blog.myfatpocket.com

Gak sanggup makan yang berkari atau berat kayak bihun? Tenang, kamu bisa sarapan gaya bule di tempat makan yang satu ini. Ada secangkir kopi hitam dan roti panggang beraroma batu bara yang dihiasi telur setengah mateng. Rasanya pasti makin nikmat kalau makan di kedai berusia 50 tahunan ini!

4. Pukul 12 siang: makan siang di Sri Weld Food Court, Beach Street, George Town

Siapa yang belom laper pas matahari di puncak kepala? Hampir semua orang pasti udah keroncongan di jam segini, apalagi pas jalan-jalan. Nah, buat kamu pencinta daging, ada hidangan serba sapi di sini! Mulai dari mie rebus, bakso, sampai sup, semuanya dicampur daging sapi dalam berbagai olahan.

5. Pukul 2 siang: cuci mulut pakai ais kacang/cendol di Joo Hooi Cafe di perempatan Penang Road dan Lebuh Keng Kwee, George Town

sumber foto: flickr.com

Abis makan, jangan lupa cari pelepas dahaga yang enak. Nah, obat untuk kerongkongan yang kering kerontang di siang bolong pastinya adalah semangkok ais kacang! Bayangin, es serut yang dilumuri sirup, susu kental manis, kacang merah, jagung manis, dan agar-agar pasti seger banget!

6. Pukul 4 sore: cicipin char Koay Teow di Siam Road, George Town

Jangan salah, sore hari juga rawan dihantui rasa laper, lho. Kita butuh makanan yang gak terlalu berat tapi ngenyangin supaya jalan-jalan tetep lancar. Makanya, meskipun char koay teow makanan khas Thailand, tapi Penang punya tempat legendaris yang menjual makanan ini. Menu berupa mie pipih yang terbuat dari beras ini sering dicampur telur, sosis, dan kerang yang pastinya bikin ketagihan.

7. Pukul 6 sore: makan nasi melayu di Terengganu Road, Taman Free School

sumber foto: crispoflife.blogspot.co.id

Makan malam pukul 6 sore kecepetan? Tenang dulu, Mister sengaja ngajak kamu makan nasi melayu sesore ini supaya nantinya perut kamu masih punya ruang buat makanan lain. Masih di George Town, salah satu jajanan di Penang paling enak berwujud nasi melayu di area sekolah dan perumahan! Di sini tekstur nasinya pulen banget dan dicampur daging cumi empuk bermentega, kari, dan ayam goreng yang dibumbui segala macam rempah. Masih ditambah sambel pula!

8. Pukul 8 malem: Gigit sate di persimpangan Terengganu Road dan Lim Leang Teng Road

Sate? Ah, di sini juga banyak! Eh, tunggu dulu. Sate di Penang punya kelezatan tersendiri karena bumbunya macem-macem banget. Kamu bisa cobain sate bumbu tom yam, madu, lada hitam, kari, dan masih banyak lagi.

9. Pukul 10 malem: ngemil ikan bakar dan nasi lemak kampung di Adnan Bin Hassan

sumber foto: crispoflife.blogspot.co.id

Jalan-jalan malem udah pasti mengakibatkan perut laper (lagi). Kalau kamu ogah makan mie atau nasi, pesen aja ikan bakar dengan sambal campuran bawang dan cabe! Buat kamu yang males ngurusin duri, bisa pilih kepiting atau udang yang juga tersedia dan disajikan bareng cili padi dan lemon. Masih laper juga? Yaudah, tambahin nasi lemaknya aja, deh, sekalian!

10. Pukul 12 malem: makan nasi bebek Teochew di Air Itam Market, Air Itam

Jam 12 malem waktunya Cinderella pulang, tapi buat para pencinta kuliner, jajanan di Penang yang terenak justru bisa dinikmati pas tengah malem! Di pasar ini, kamu bakal nemuin nasi bebek yang beda , yaitu nasi bebek bergaya Teochew. Di mana perbedaannya? Kalau biasanya bebeknya dipanggang sampai renyah, bebek Teochew dibumbui dan dimasak sampai super lembut. Dagingnya bakal lumer di mulut sebelum sempet kamu kunyah!

11. Pukul 2 pagi: Makan sekaligus minum di Sup Hameed di Penang Road, George Town

Kebalikannya pukul 2 siang, pukul 2 malem adalah jam paling dingin di sepanjang malem. Kalau udah begini, badan harus diangetin pakai sup ayam, sup buntut, atau sup "torpedo" yang jadi andalan tempat ini! Sssst, katanya sup ini bagus buat stamina laki-laki, lho. Gak heran jam segini banyak mas-mas dan bapak-bapak yang melahap sup.

12. Pukul 4 pagi: Ngunyah seafood di DeHappy Seafood Restaurant

sumber foto: timeout.com

Di jam-jam sebelum fajar menjelang begini, paling enak makan di tempat yang santai, rame sepanjang waktu, dan murah. Nah, sebelum matahari terbit, bangunin perut kamu dengan bubur Teochew khas Singapura aja! Kalau butuh rekomendasi, Mister saranin kamu cobain labu tumis yang dikasih bumbu kacang, telur asin, sosis, ikan goreng, ayam kari, dan masih banyak lagi.

13. Pukul 6 pagi: sarapan nasi kandar di Wah Meng Coffee Shop, Jalan Air Itam, Air Itam

Kalau kemarin kamu mengawali hari dengan roti canai, pagi ini sebelum pulang ada baiknya kamu nyicipin nasi kandar yang merupakan makanan asli Penang. Nasi kandar sendiri biasanya disimpen dalam kotak kayu setinggi satu meter yang "ditemenin" ayam goreng, hati sapi, daging domba, udang goreng, cumi, terong, dan masih banyak lagi. Pokoknya bikin kenyang, deh! Oh, ya, siap-siap makan sambil berdiri atau jongkok karena tempat ini rame banget.

Baca juga: Ada Apa di Penang, Malaysia? Ada 8 Tempat Instagenic yang Gak Boleh Lepas dari dari Jepretan Kamera Kamu!

Komentar