21.Nov.2018

Kenalan dengan Dangke, Keju Asli Indonesia


Yang suka makan keju, tunjuk tangan! Makanan yang terbuat dari susu ini biasanya diimpor dari luar negeri. Tapi jangan salah, ternyata keju bukan cuma buatan luar negeri, tapi keju juga ada yang asli dibuat oleh anak negeri!

0
0
0

Sebuah kabupaten di Makassar, Sulawesi Selatan membuat kejunya sendiri. Jika keju biasanya dibuat dari susu yang digumpalkan dengan menggunakan enzim koagulan yang disebut rennet dan memisahkan cairan whey, keju asli Indonesia ini dibuat dengan mencampurkan bahan lain yang gak kalah unik. Yup, keju khas Makassar ini dibuat dengan menyampurkan susu dengan getah pepaya!

Sumber foto: instagram.com/p/BOooAi8jGao/?tagged=dangke&hl=id

Nama keju ini dalam bahasa daerah setempat ialah Dangke. Fermentasi susu sapi yang telah dicampur dengan getah pepaya dan sedikit garam hingga mengental ini disaring dan dicetak dalam batok kelapa. Super unik kan?

Sumber foto: youtube.com/watch?v=bIVlPnpPySc

Meskipun namanya cukup asing, ternyata keju Dangke udah sampe diekspor ke negara tetangga lho! Soalnya, keju ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan digemari wisatawan asing. Udah gitu, keju Dangke dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, jadi super duper sehat!

Sumber foto: bukalapak.com/p/food/makanan/3vp63v-jual-dangke-keju-khas-enrekang

Keju Dangke juga punya perbedaan mencolok dengan keju yang umumnya dibuat oleh negara Barat. Jika keju biasanya dimakan bersama roti atau sejenisnya, keju Dangke justru bisa dimakan dengan nasi lho! Rasa keju Dangke yang asin, emang lebih cocok jadi temen makan nasi atau diolah lagi jadi Dangke bakar,  Dangke goreng, ataupun bakso.

Sumber foto: shamawar.files.wordpress.com/2012/12/dangke-1.jpg

Warga Makassar udah menganggap Dangke sebagai makanan khas daerah mereka sejak tahun 1990. Karena diolah sendiri oleh tangan para warga, keju ini bisa awet sampe satu bulan tanpa bahan pengawet. Harganya juga lumayan murah lho, sekitar Rp20 ribu aja per buahnya. Tertarik mencicipinya?

Komentar