11.Sep.2020

Taman Nasional Komodo dan Sejuta Kekayaannya


Komodo, siapa sih yang nggak kenal dengan hewan yang satu ini. Hewan yang hanya ada di Indonesia ini menjadi penghuni asli Taman Nasional Komodo. Nah kalian tahu nggak kalau Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur ini bukan hanya dihuni oleh komodo aja, tapi juga merupakan habitat berbagai jenis spesies hewan lainnya. Biar lebih jelas, niih Mister kasih tahu.

0
0
0

 

Gudang Logistik BTNK di Pulau Rinca Terbakar - Padar News

Sumber gambar: https://indonesiaituindah.com/destinasi-wisata-labuan-bajo-di-flores-dengan-pemandangan-alam-yang-menakjubkan.html

Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 dan ditetapkan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada 1986. Lokasinya berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya ada di tiga pulau utama, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Dengan total luas wilayah mencapai 2.321 km2, wilayah Taman Nasional Komodo diperluas dengan ditambahkannya Pulau Banta sebagai bagian dari taman nasional.

 

How to See Komodo Dragons and Visit Komodo Island (before it's too late) - Nomad Paradise

Sumber gambar: https://nomadparadise.com/komodo-island/

Luasnya Taman Nasional Komodo menjadikan tempat ini sebagai tempat yang nyaman bagi banyak spesies flora dan fauna. Salah satu yang paling utama adalah komodo. Kadal purba raksasa ini merupakan jenis reptil karnivora yang sudah langka dan hanya ada di Indonesia. Panjangnya mencapai 2-3 meter dengan berat mencapai 165 kg. Meski tubuhnya besar, reptil yang satu ini merupakan jenis predator yang sabar lho. Dia akan memburu mangsanya yang memang lemah dan sudah terluka. Tapi jangan salah sangka, komodo hanya butuh sekali gigitan untuk melumpuhkan mangsanya. Jadi, kamu hati-hati ya kalau berada di dekatnya.

Selain komodo, kalau kamu berkunjung ke Taman Nasional Komodo, kamu juga akan melihat 28 jenis burung, ribuan spesies ikan, 285 spesies karang dan 10 jenis lumba-lumba, termasuk 6 jenis paus, penyu hijau, serta berbagai jenis hiu dan ikan pari. Bukan itu saja, kamu juga bisa menemukan berbagai hewan lain seperti banteng liar, babi hutan jantan, serta berbagai jenis ular dan kera. Jadi nggak salah kalau Taman Nasional Komodo ini jadi objek vital yang harus dilindungi karena kekayaan spesies di dalamnya sangat luar biasa.

 

A Comprehensive Guide to Diving In Komodo Island - WanderGlobe

Sumber gambar: https://www.wanderglobe.org/a-comprehensive-guide-to-diving-in-komodo-island/

Berwisata ke Taman Nasional Komodo bukan hanya melihat berbagai spesies flora dan fauna. Kamu juga bisa mengeksplore betapa indahnya bentangan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ada beberapa spot destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi selama berwisata ke Taman Nasional Komodo, di antaranya Loh Buaya, Pantai Pink, Gili Laba, Pulau Kelor, dan tentunya Kampung Wisata Komodo. Kalau kamu ingin menyelam, perairan Taman Nasional Komodo ini menjadi salah satu spot menyelam terbaik yang ada di dunia. Kamu bisa coba menyelam di sekitar Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Komentar