21.Apr.2020

Jelang Ramadan, Yuk Intip Tradisi Mahya di Turki


Beberapa hari lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan ramadan. Bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Ada banyak cara dalam menyambut ramadan di tiap negara. Tentunya, semua orang punya cara yang berbeda-beda, termasuk yang dilakukan oleh masyarakat Turki sejak abad ke-16. Mereka menyambut bulan ramadan dengan tradisi Mahya.

0
0
0

 

Fitil orucu bozar mı? Lavman yaptırmak orucu bozar mı? | Gündem ...

Sumber: https://www.sabah.com.tr/yasam/2019/04/05/ramazan-ne-zaman-basliyor-2019-ramazan-baslangici-ve-ilk-sahur-tarihi

Tradisi Mahya merupakan tradisi permainan hiasan lampu yang dipasang di depan masjid. Hiasan lampu itu berisi pesan-pesan kebaikan selama bulan ramadan. Menurut sejarah, tradisi ini sudah dilakukan sejak masa pemerintahan Sultan Ahmad I di tahun 1603 - 1617. Bedanya, di masa itu lampu minyak yang digunakan sebagai hiasan. Lampu minyak itu dibuat beragam bentuk di depan masjid. 

 

https://veryansintv.com/abdli-bilim-adamlari-oruc-tutmak-omru-uzatip-bircok-hastaligi-engelliyor/

Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, lampu-lampu hiasan Mahya diganti dengan lampu listrik yang lebih modern. Beda dengan running text yang ada di sekitar masjid sekarang ini. Lampu Mahya dibentuk tulisan pesan singkat dan digantung di antara dua menara di depan masjid agar jamaah bisa lihat dan baca tulisannya dari jauh.

Hebatnya,  pembuatan hiasan Mahya ini cukup sulit lho. Bayangkan saja, seorang pengrajin Mahya harus berani bergelantungan di menara masjid untuk memasang lampu Mahya itu. Mereka juga harus mengubah tulisan lampu Mahya tiap seminggu sekali.

 

Camileri mahya heyecanı sardı - En Son Haber

Sumber: https://www.ahaber.com.tr/din/2015/06/16/camileri-mahya-heyecani-sardi

Walaupun pembuatan dan proses pemasangannya cukup rumit, masyarakat Turki sangat senang dengan adanya tradisi ini. Tradisi yang sudah lebih dari 400 tahun ini juga sudah dijadikan warisan budaya oleh Turki. Dan berkat berubahnya Turki menjadi negara modern sejak 1923, sekarang kamu sudah bisa melihat tradisi Mahya di berbagai masjid di Turki. Khususnya di masjid yang memiliki dua menara di depannya. 

Menjelang ramadan ini, sebenarnya jadi waktu yang tepat nih bagi kamu datang ke Turki, terutama ke kota Istanbul. Kamu bisa melihat bagaimana indahnya hiasan lampu Mahya yang dipasang di masjid besar di sana, seperti di Masjid Sultan Ahmed dan Masjid Raya Sulaimaniah. Nah, kalau kamu memang mau ke sana, dan berminat untuk bermalam di Istanbul, kamu bisa nih lihat rekomendasi penginapan dari Mister Aladin. Tapi kalau untuk sekarang ini, kalian tetap #DiRumahAja ya, tahan dulu jalan-jalannya. Selamat ramadan.

Komentar