27.Mar.2020

Jelajahi Waduk Bajulmati di Banyuwangi, Si Miniatur Raja Ampat


Terkenal dengan Kawah Ijen dan Gunung Baluran, siapa sangka kalau Banyuwangi juga menyimpan keindahan alamnya di Waduk Bajulmati. Waduk dengan gundukan pulau-pulau kecil di tengahnya membuat tempat ini banyak dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat yang ada di Papua.

0
0
0

 

Image result for waduk bajulmati

Sumber: https://travelingyuk.com/objek-wisata/waduk-bajul-mati/30

Memiliki luas 92 hektar, waduk ini sudah dibangun pada 2006, namun baru dibuka untuk umum di tahun 2016. Waduk Bajulmati ini punya beragam fungsi untuk masyarakat sekitar. Selain digunakan sebagai pembangkit listrik, waduk ini juga sudah menjadi tempat wisata yang terkenal di Banyuwangi. 

Banyak wisatawan yang datang ke sini. Mereka datang untuk menikmati betapa indahnya waduk buatan yang seperti miniatur Raja Ampat. Tengok saja, kamu akan dimanjakan dengan gundukan beberapa pulau kecil di tengah waduk. Saat kamu datang ke waduk ini, kamu akan disambut dengan suara aliran air dari pintu air waduk dengan panorama yang menakjubkan. 

Image result for waduk bajulmati

Sumber: https://www.datawisata.com/waduk-bajulmati-banyuwangi

Air yang tenang dengan pemandangan yang asri, sangat cocok untuk kamu melepas penat di waduk ini. Apalagi untuk hunting foto, tempat ini jadi rekomendasi yang pas untuk kamu. Kalau dibandingkan dengan Raja Ampat, waduk ini memang masih jauh. Tapi kalau kamu bisa dapatkan spot yang bagus, dijamin hasil jepretan kamu nggak akan kalah dari Raja Ampat. Kamu juga bisa ambil foto perspektif di jalan lurus yang ada di samping wadung. Pastinya akan lebih keren.

Selain memandangi panorama yang indah dan berburu foto, di waduk ini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, lho. Ada outbound, speed boat untuk keliling waduk, ATV, dan juga pemancingan. Cocok banget buat kamu yang hobi memancing dengan landscape pemandangan alam. 

Image result for waduk bajulmati

Sumber: https://lamanberita.co/pembangunan-65-bendungan-sebagai-bagian-ketahanan-air-dan-pangan-dari-nawacita-jokowi-jk/bendungan-bajulmati/

Kalau kamu ingin ke waduk Bajulmati, lokasinya ada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Tepatnya di Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Kalau kamu dari arah kota Banyuwangi, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak 41 kilometer. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena sejalan dengan kawasan hutan Taman Nasional Baluran. Nah, untuk mempermudah kamu sampai di Waduk Bajulmati, kamu bisa nih ikut tur dari Mister Aladin. Nantinya kamu akan jelajahi pesona Banyuwangi yang Instagenic selama 3 hari. Yuk, ikutan!

Komentar