28.Aug.2020

Jelajahi 5 Spot Terbaik di Taman Nasional Ujung Kulon


Taman Nasional Ujung Kulon, siapa yang nggak kenal salah satu warisan dunia dan dilindungi oleh UNESCO ini. Taman nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam dan perlindungan satwa langka seperti spesies badak Jawa. Nah, selain kamu bisa lihat badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, kamu juga wajib jelajahi beberapa spot yang luar biasa di sini. 

0
0
0

 

1. Pantai Daplangu

Lihat Lebih Dekat Keindahan Pantai Daplangu, Kabupaten Pandeglang, Banten | Hello Chamdi

Sumber gambar: https://hellochamdi.wordpress.com/2020/07/07/melihat-lebih-dekat-keindahan-pantai-daplangu-kabupaten-pandeglang-banten/

Terletak di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ternyata Pantai Daplangu masih jarang dijamah oleh wisatawan. Pantai ini terkenal sepi pengunjung, jadi sangat cocok buat kamu bersantai bersama kerabat, bahkan saat akhir pekan tempat ini juga sepi. Jadi kamu serasa berada di pantai pribadi.

Pasir putih dengan ombak kecilnya ditambah air laut berwarna biru akan sangat cocok untuk kamu bersantai dengan ditemani semilir angin laut. Biasanya para pengunjung akan memburu sunset di pantai ini karena spotnya sangat bagus untuk menikmati matahari senja.

 

2. Pulau Peucang

Cantiknya Pantai di Pulau Peucang Ujung Kulon - Tempat Wisata

Sumber gambar: http://www.idtempatwisata.com/2014/12/cantiknya-pulau-peucang-ujung-kulon.html

Setelah puas menikmati sunset di Pantai Daplangu, kamu bisa banget nih bermalam di Pulau Peucang. Pulau yang luasnya sekitar 450 hektar ini memiliki beberapa penginapan. Tapi kamu harus reservasi dulu karena jumlahnya tidak terlalu banyak. 

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ujungkulon_adventure/

Pulau Peucang ini memiliki pesona alam yang luar biasa karena dihuni berbagai satwa liar seperti rusa, babi hutan, biawak, kera ekor panjang dan masih banyak lagi. Selain bisa bertemu dengan satwa liar, di pulau ini kamu bisa trekking santai menjelajahi hutan. Nggak jarang kamu akan bertemu mereka saat trekking. Dan kalau kamu bermalam di Pulau Peucang, jangan lupa bangun pagi ya, karena menikmati matahari terbit menjadi aktivitas favorit para pengunjung.

 

3. Pulau Handeuleum

Taman Nasional Ujung Kulon | Good News From Indonesia

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/30/taman-nasional-ujung-kulon

Pernah nonton acara wildlife animal? Kalau pernah dan kamu mau merasakan sensasinya, kamu wajib nih datang ke Pulau Handeuleum. Pulau ini memiliki keunikannya tersendiri karena dipenuhi dengan hutan bakau dan aliran sungai yang sangat tenang. Meski begitu tak banyak wisatawan yang datang ke pulau ini. Tapi nggak ada salahnya kalau kamu mau menjelajahi serunya aliran sungai Cigenter.

 

Wild Ujung Kulon Adventure 2012 | ProAdvenTourism

Sumber gambar: https://proadventourism.wordpress.com/2012/12/14/wild-ujung-kulon-adventure-2012/

Sebuah petualangan menjelajahi hutan bakau dengan sebuah sampan akan jadi pengalaman yang tak pernah kamu lupakan. Kamu bisa menggunakan sampan yang biasa digunakan para petugas untuk memonitoring satwa liar. Air sungai yang sangat tenang dengan jajaran hutan bakau di sisi kanan dan kiri akan menambah jiwa petualang kamu menyusuri kawasan Cigenter dan Cikabeumbeum. Nantinya kamu akan menemukan badak bercula satu, badak jawa, banteng Jawa, babi hutan, merak hijau, buaya muara dan satwa lainnya yang menjadi penghuni asli tempat ini.

 

4. Semenanjung Ujung Kulon

Trekking dari Cibom - Tanjung Layar: Menapaki Saksi Sejarah Letusan Gunung Krakatau | Wisata Pulau Jawa

Sumber gambar: https://www.tourdejava.net/2018/03/trekking-cibom-tanjung-layar.html

Selain Pulau Handeuleum, aktivitas trekking juga bisa kamu lakukan di Semenanjung Ujung Kulon. Di tempat ini kamu akan mengunjungi habitat asli dari Badak Jawa. Wilayah Semenanjung Ujung Kulon ini dikelola secara terbatas untuk aktivitas wisata agar tidak mengganggu habitat Badak Jawa. 

Berkunjung ke Semananjung Ujung Kulon, kamu akan menemukan beberapa pos jaga yang biasa digunakan untuk beristirahat saat aktifitas wildlife viewing. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di Tanjung Layar dan mengunjungi Gua Sang Hyang Sirah.

 

5. Pulau Badul

Cobain Yuk, Seperti Apa Rasanya Punya Pulau Pribadi Di Pulau Badul

Sumber gambar: https://www.piknikdong.com/tag/pulau-badul-pandeglang

Bermain di pulau tak berpenghuni bukan menjadi suatu hal yang menakutkan. Justru kamu akan menikmati sensasi berada di pulau pribadi. Pulau Badul yang masih berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini letaknya berada di tengah-tengah jadi wajib kamu kunjungi. Selain itu, kamu bisa banget snorkeling di area pulau ini, karena selain airnya yang jernih, kamu akan melihat indahnya terumbu karang dan pemandangan bawah laut yang begitu elok.

Kalau kamu mau ke pulau kecil ini, kamu harus menyewa speed boat atau bisa juga dengan perahu biasa. Tapi karena di pulau ini tidak ada dermaga, kamu harus turun dari perahu jauh dari bibir pantai kemudian lanjut berenang sejauh 25 meter. Meski begitu, keindahan pantai akan menghipnotis rasa lelah kamu pastinya.

 

Itu dia 5 spot yang wajib kamu jelajahi kalau kamu mau main-main ke Taman Nasional Ujung Kulon. Meski lokasinya agak jauh tapi keindahan dan pesona keindahan Ujung Kulon akan membayar semua rasa lelah kamu. Nah, biar lebih mudah, untuk bisa berkunjung ke spot-spot seperti di atas, kamu bisa banget nih ikut berbagai open trip pilihan yang ada di Mister Aladin. Dari pada ribet, mending mister yang pandu. Sampai jumpa ya.

Komentar