21.Jun.2017

Jangan Cuma Ketupat! Cobain Juga 7 Hidangan Unik se-Indonesia Ini saat Lebaran


Ada yang udah nyiapin kue-kue kering dari sekarang? Atau lagi asyik buka-buka buku resep opor dan ketupat? Meskipun enak banget, masa mau makan itu lagi di Lebaran tahun ini? Coba, deh, sekali-sekali ganti suasana dengan cicipin makanan unik khas Lebaran ini langsung di daerah asalnya. Siapa tahu bisa jadi makanan favorit kamu dan keluarga.

0
0
0

 

1. Bebek Gulai Kurma

Sumber foto: https://blog.kulina.id/tag/lebaran/

Gulai rasanya gurih. Kurma rasanya manis. Kalau dicampur gak hancur, tuh? Hehe, tenang aja, kurma sekadar nama, kok. Nyatanya, makanan khas Aceh ini gak dikasih kurma sama sekali. Potongan daging bebek dimasak bareng beragam rempah, mulai dari daun pandan, bawang merah dan putih, cengkih, biji pala, merica, ketumbar, pekak, kayu manis, kapulaga, jahe, dan masih banyak lagi. Aceh memang juara, deh, kalau soal rempah!

 

2. Batang Buruk

Sumber foto: https://www.topijelajah.com/makanan-khas-tanjung-pinang.html

Nama boleh ada buruknya, tapi rasanya indah banget. Makna di balik nama makanan khas Riau ini dalem juga, lho. Dulu, dia dibuat oleh putri raja Bintan buat menguji watak para bangsawan. Kebanyakan dari mereka gak bisa makan dengan rapi karena kue ini memang bakal pecah berantakan kalau digigit sedikit, bukan langsung dikunyah bulat-bulat. Mereka percaya kalau makan berantakan, itu berarti wataknya suka terburu-buru dan kurang bijak alias buruk. Lalu, terbuat dari apa, sih, kue ini? Bahan-bahannya adalah kulit popia atau lumpia, tepung kacang hijau, susu, dan gula. Inget, jangan berantakan, ya, makannya pas Lebaran nanti!

 

3. Kue Keciput Kudus

Sumber foto: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rizky-amalia-pratiwi/5-camilan-khas-mojokerto-ini-tak-boleh-kamu-lewatkan-exp-c1c2

Kalau selama ini kamu udah tahu jenang Kudus, dodol versi Jawa Tengah, sekarang mari kita kenalan sama kue keciput. Kue kecil dan lonjong yang dibuat dari tepung ketan, tepung beras ini dibumbui oleh wijen. Sekilas, sih, mirip onde-onde, tapi isinya beda. Onde-onde diisi kacang, kue keciput gak ada isinya sama sekali. Meskipun kosong, rasanya tetep bikin nagih, kok.

 

4. Sate lilit

Sumber foto: https://www.siswapelajar.com/2019/02/makanan-khas-bali.html

Makanan yang satu ini saran dari Mister aja, sih. Bukan berarti orang Bali biasa makan sate lilit khusus saat Lebarana aja. Beda sama jenis sate lainnya yang biasa make daging sapi, ayam, atau kambing, sate lilit dibuat dari daging ikan (yaa, ayam juga bisa, sih). Kenapa cocok buat Lebaran? Selain enak, sate lilit juga hidangan yang simple. Kalau keponakan atau saudara kamu yang masih kecil dateng ke rumah, mereka bisa melahap makanan ini dengan gampang. Bisa dimakan sambil main-main tanpa harus megangin piring atau ketetesan kuah.

 

5. Rabeg

Rabeg, Santapan Sang Raja - Historia

Sumber foto: https://historia.id/kultur/articles/rabeg-santapan-sang-raja-Dr94l

Sebenernya, rabeg adalah makanan yang selalu ada saat perayaan apa pun, ga cuma pas Lebaran aja. Buat kamu yang berusia 30 tahun ke atas, makanan khas Cilegon ini harus dikonsumsi dengan hati-hati karena dia penuh jeroan. Tahu, kan, jeroan? Pokoknya segala isi perut kambing atau sapi, deh! Kalau dilihat dari bumbunya, udah bisa dijamin makanan ini enak. Aada lengkuas, cabe rawit, bawang putih dan merah, lada putih, kecap manis, serai, dan masih banyak lagi. Jangan lupa, makannya pake nasi anget biar makin lezat.

 

6. Buras

Buras dan Lontong | Bakso 33 Makassar

Sumber foto: https://bakso33.com/buras-dan-lontong/

Bukan, bukan ayam buras. Pokoknya, orang Makassar pasti lebih milih menyantap makan buras (atau burasa) daripada ketupat pas Lebaran. Dibuat dari beras, garam, daun salam, santan, terus dibungkus daun pisang, buras adalah temen makannya opor dan coto Makassar. Dibandingkan ketupat yang hambar, buras punya rasa gurih yang bisa bikin kamu ketagihan.

 

7. Sekubal

Sumber foto: https://www.serumpi.com/122685/hiburan/lebaran-tiba-inilah-5-hidangan-unik-yang-wajib-ada-di-beberapa-daerah-indonesia

Buat orang Lampung, apalah artinya Idulfitri tanpa sekubal. Rasanya kayak Lebaran tanpa ditanyain,  Kapan nikah? Aneh. Makanya, demi Lebaran yang lebih hakiki, kebanyakan masyarakat di sana udah siap sedia sejak 5 hari sebelumnya buat masak sekubal. Mulai dari beli bahan-bahannya, yaitu ketan dan kelapa, hingga masaknya yang butuh waktu 10 jam. Iya, 10! Rendang kalah, deh.

Komentar