Jalan Santai di 10 Desa Tercantik di UK yang Indahnya Kayak Mimpi!


Coba sebutin, deh, satu-satu nama kota yang kamu tau di UK. Kalau desa-desanya? Saat mayoritas wisatawan berkutat di London dan sekitarnya, lebih asik kalau kita jalan-jalan ke perdesaan yang ada di negara ini. Selain lebih tenang dan gak banyak orang, pemandangan yang bisa kamu nikmatin di seluruh desa tercantik sejagat Inggris ini juga keren banget!

0
0
0

1. Bibury, Gloucestershire

Sumber foto: www.telegraph.co.uk

Saking cantiknya desa satu ini, seorang seniman kenamaan William Morris sampai nyebut Bibury sebagai desa terindah di Inggris. Di sini kamu bisa ngeliat panorama khas desa Inggris zaman dulu dengan stone cottage dan jembatan tradisional. Salah satu area paling terkenal di sini adalah Arlington Row yang punya rumah-rumah bergaya abad ke-17. Desa ini juga dibelah sama Sungai Coln yang banyak dihuni sama ikan trout. Duh, adem banget, ya, ngeliatnya.

2. Polperro, Cornwall

Sumber foto: goodthingsmagazine.com

Kalau kamu pengen tau suasana desa pelabuhan yang ada di Inggris, bisa banget mampir ke sini. Dengan bangunan-bangunan khas Eropa, di sini kamu bisa jalan-jalan di deck yang ada di sepanjang garis pantainya. Di Polperro juga ada museum di mana kamu bisa tau lebih banyak tentang aktivitas keseharian warga desa ini yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan. Kalau kamu berkesempatan buat mampir ke sini, jangan lupa juga buat nyobain seafood-nya, ya!

3. Rye, Sussex

Sumber foto: cntraveler.com

Rye dulunya merupakan salah satu daerah penting dalam pelayaran Inggris. Kalau diliat sekarang mungkin kamu heran karena dari desa ini gak deket-deket amat dari laut. Tapi percaya gak percaya, dulu Rye bener-bener dikelilingi sama laut. Kalau kamu pengen ngeliat pemandangan tercantik Rye dengan jalan-jalan batu dan rumah-rumah beratap terakotanya, bisa mampir ke St. Mary’s Parish Church. Lokasinya juga cuma sekitar 2 jam naik kereta dari London, lho.

4. Abbotsbury, Dorset

Sumber foto: www.englandthisway.com

Soal nilai sejarah dan keindahan alam, mungkin Abbotsbury adalah juaranya! Desa yang udah ada sejak zaman besi ini punya banyak daya tarik buat para wisatawan. Selain nuansanya yang super tenang dan ngademin hati, desa ini juga punya banyak galeri dan studio seni. Di sini juga ada danau sepanjang 13 kilometer yang dihuni sama beragam jenis hewan dan burung laut langka. Kalau rumah-rumah di desa lainnya beratapkan terakota atau bebatuan, banyak rumah di Abbotsbury atapnya terbuat dari jerami. Wah, unik banget, ya!

5. Portmeirion, Gwynedd

Sumber foto: www.visitwales.com

Setibanya di sini mungkin kamu bakal ngerasa ada di Italia. Tapi jangan salah. Desa ini masih ada di kawasan Wales, UK! Didesain oleh seorang arsitek Sir Clough Williams-Ellis dari tahun 1925 – 1975, Portmeirion punya banyak sudut unik yang manjain mata. Selain rumah-rumah berwarna-warni dengan taman-taman cantik yang diisi beragam jenis bunga, di Portmeirion juga ada beberapa bangunan dan area bergaya khas Mediterania, kayak piazza (alun-alun) yang ada di tengah kotanya.

6. Cushendun, Antrim

Sumber foto: www.pautadeluxo.com

Berada di tepi laut dan dikelilingi tebing dan perbukitan yang keindahannya bikin siapa pun berdecak kagum, Cushendun juga merupakan desa yang didesain sama Sir Clough Williams-Ellis. Bedanya, desa ini duluan dibikin oleh sang arsitek di tahun 1912 sebelum dia mendesain Portmeirion. Selain itu, Cushendun juga lokasinya persis di ada di Glendun yang merupakan salah satu dari 9 Glens of Antrim! Buat yang ngerasa bingung, Glens of Antrim adalah deretan lembah yang terkenal akan keindahannya di kawasan Irlandia Utara.

7. Castle Combe, Wiltshire

Sumber foto: www.thetattoohut.com

Kalau rakyat Inggris ditanya desa apa yang menurut mereka paling indah di Britania Raya, kemungkinan besar mereka bakal jawab Castle Combe. Berlokasi di tepi Sungai Bybrook, kecantikan desa ini bikin para produser film milih Castle Combe sebagai lokasi syuting mereka. Misalnya aja Stardust dan War Horse. Selain itu, di desa ini juga ada Gereja St. Andrews yang punya jam abad pertengahan paling tua di Inggris. Pengen liat kastil abad ke-12 yang namanya dijadikan nama desa ini? Cuma 600 meteran aja, kok, di sebelah utara desanya. Udah gitu, desa ini juga merupakan area konservasi alam, lho.

8. Hawkshead, Cumbria

Sumber foto: theukister.co.uk

Buat kamu yang demen jalan kaki pasti suka banget main ke sini. Hawkshead adalah salah satu desa di Inggris yang ngelarang warganya untuk mengendarai kendaraan bermotor. Setiap sudut di desa ini cantiknya bukan main, Aladiners! Ada banyak butik dan kafe unik juga yang bisa kamu temukan di sini. Desa ini juga kaya sama nilai sejarah, lho. Ini bisa kamu liat di runtuhan Hawkshead Hall yang udah ada sejak abad ke-15. Bayangin, deh, gimana asiknya jalan-jalan di gang-gang kecil yang dikelilingi sama cottage cantik bercat putih di sini. Seru abis!

9. Beddgelert, Gwynedd

Sumber foto: greglewisinfo.com

Selain Portmeirion, ada satu lagi, nih desa cantik yang ada di Gwynedd. Berlokasi di Taman Nasional Snowdonia yang merupakan kawasan konservasi alam pegunungan dan perairan di Wales, Beddgelert cantiknya kebangetan! Kalau kamu pengen ngerasain es krim terbaik di Inggris, di sinilah kamu bisa ketemu sama Glaslyn Ices. Buat kamu yang tau komik Rupert Bear, desa ini ternyata rumah dari ilustratornya, lho, Alfred Edmeades Bestall. Selain jadi destinasi wajib para penikmat ragam jenis burung, Beddgelert juga sering menangin kompetisi taman bunga Britain in Bloom.

10. Bourton-On-The-Water, Gloucestershire

Sumber foto: www.macsadventure.com

Desa satu ini namanya mulai dikenal rakyat Inggris sejak warganya ngebangun gereja kayu di abad ke-8. Setelah itu barulah di abad ke-12 Bourton-On-The-Water dikembangkan sama orang-orang Norman. Sejarah desa yang udah lama banget ini bisa keliatan dari rumah-rumah dan jembatan yang ada di sini. Lokasinya yang ada di tepi Sungai Windrush juga bikin Bourton-On-The-Water tempat yang super asik buat jalan-jalan santai di sore hari.

-

Hayooo, abis ngeliat desa-desa cantik tadi pasti langsung kepengen ke UK, kan? Ada kabar gembira, nih, buat kamu. Hotel-hotel di London sekarang bisa kamu pesan dengan harga yang murahnya kebangetan! Diskonnya bahkan sampe Rp1.500.000, lho. Mau tau cara dapet diskonnya? Baca dulu di sini, nih.

Komentar

Tinggalkan Komentar: