01.Jul.2020

Jalan-Jalan ke Makassar Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Ini


Jalan-jalan emang nggak lengkap kalau nggak bawa oleh-oleh buat orang di rumah apalagi sama temen kantor pasti nanti diomongin tuh oleh-olehnya. Nah kalau kamu lagi jalan-jalan ke Makassar, kamu wajib nih bawa cemilan dan jajanan ini buat oleh-oleh.

0
0
0

 

1. Kacang sembunyi

10 Oleh Oleh Khas Toraja Yang Paling Dicari Wisatawan di Tanah ...

Sumber gambar: https://jejakpiknik.com/oleh-oleh-khas-toraja/

Kata siapa yang sembunyi itu cuma udang? Buktinya kacang di Makassar ada nih yang ikutan sembunyi. Kacang Sembunyi ini adalah cemilan yang wajib kamu coba, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh selepas liburan. Tapi kenapa ya, namanya kok kacang sembunyi? Sesuai dengan namanya, kacang ini memang dikemas sembunyi di balik adonan. Rasa dari kacang sembunyi ini sangat gurih, lezat, dan ada rasa manisnya juga.

 

2. Kue kurma

10 Macam Oleh-oleh Makassar Yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

Sumber gambar: https://nyaribisnis.com/cara-membuat-kue-karamel-kacang/

Ayo siapa yang menyangka kalau kue kurma adalah kue yang berbahan dasar kurma? Kalau kalian jawab iya, berarti kalian jaga ya. Kue kurma ini sama sekali tidak berbahan dasar buah kurma. Punya nama asli Beppa Karoma, kue ini jadi cemilan paling diburu di hari-hari besar seperti lebaran. Kue kering asal Sulawesi Selatan ini terbuat dari mentega, telur, tepung terigu dan gula pasir. Lalu dari mana sebutan kurma itu berasal? Karena bentuknya yang menyerupai buah kurma dengan panjang bentuknya sekitar 3 cm dan dilapisi karamel maka jadilah kue ini mirip dengan buah kurma. 

 

3. Abon Raos

Abon Sapi Gurih Lezat Kering Sempurna - Resep | ResepKoki

Sumber gambar: https://resepkoki.id/resep/resep-abon-sapi/

Siapa sih yang nggak suka abon sapi? Pendamping nasi putih ini memang paling juara apalagi kalau dimakan bersama nasi hangat. Enaknya mirip makan di hotel bintang 5 deh. Nah di Makassar ini terkenal dengan Abon Raos. Meski namanya bernuansa sunda tapi abon sapi satu ini memang sudah jadi ciri khas kota Makassar. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh buat makan nasi orang di rumah. Kalau kamu ke Makassar jangan lupa mampir ya ke toko oleh-oleh, karena sangat banyak yang jual abon raos ini.

 

4. Sirup Markisa Malino 

Penjualan Sirup Markisa di Makassar - Vibizmedia.com

Sumber gambar: https://www.vibizmedia.com/2015/07/02/penjualan-sirup-markisa-di-makassar/

Cuaca panas enaknya minum yang segar, bener nggak? Nah di Makassar ada nih minuman segar yang wajib kamu coba. Sirup Markisa Malino, sirup yang terbuat dari buah asli markisa ini menjadi salah satu oleh-oleh Makassar yang wajib kamu coba. Masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di desa Kanreapia sudah menjadi tempat perkebunan markisa yang selanjutnya buah itu diolah menjadi sirup. Desa tersebut juga sudah menjadi destinasi para wisatawan untuk mencari Sirup Markisa Malino sekaligus melihat bagaimana proses pengolahannya.

 

5. Kopi Toraja

Lionmag

Sumber gambar: http://lionmag.net/web/2018/10/12/ekskursi-jejak-kopi-toraja-wisata-toraja

Kopi sudah jadi tren masa kini khususnya di kalangan anak muda sebagai gaya hidup konsumtifnya. Nah, kopi toraja yang sudah mendunia ini juga wajib nih kamu coba sebagai pecinta kopi. Kopi yang pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Gowa ini ada yang termasuk jenis kopi arabika, jadi kamu nggak usah khawatir karena tingkat kekentalannya masih aman untuk dikonsumsi bagi yang punya penyakit lambung. Kalau ke Makassar, yuk bawa pulang kopi toraja buat diseduh di rumah. Ngopi bareng, deh!

Komentar