11.Jun.2015

Jalan-Jalan di Pulaunya Para Alien di Socotra


Pulau Socotra di Republik Yaman adalah salah satu pulau terunik di dunia. Kenapa unik? Coba saja kamu lihat foto-fotonya. Bayangkan kalau kamu menutup mata dan tiba-tiba ada di pulau ini... pasti kamu akan berpikir kalau alien telah menculik kamu dan membawa kamu ke planet lain. Ada lebih dari 700 spesies tanaman unik di pulau ini, dan sepertiganya cuma bisa kamu temukan di sini lho, Aladiners!

0
0
0

1

Terus kok tanaman-tanamannya bisa unik begitu, ya? Hal ini bisa terjadi karena Pulau Socotra sudah terisolasi dari daratan utama Afrika selama 6 sampai 7 juta tahun lamanya. Makanya, spesies tanaman di sini berevolusi terpisah, tanpa ada pengaruh dari daerah lain. Apalagi cuaca dan iklim di pulau ini dikenal lumayan ekstrim, dengan temperatur panas dan curah hujan yang sangat rendah dan kontur tanahnya yang keras penuh dengan batuan kapur. Makanya, tanaman dan hewan-hewan yang ada di sini pun bisa unik karena beradaptasi dengan iklim Pulau Socotra tersebut. Misalnya pohon Dorstenia Gigas di bawah ini yang tidak tumbuh di tanaha, tetapi menempel di permukaan batu.

2

Nama Socotra sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya pulau kebahagiaan atau keberkahan. Ini mungkin berhubungan dengan garis pantainya yang cantik luar biasa. Walaupun floranya terbilang aneh, tapi kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai berair hijau dan biru bening dengan pasir putih yang masih a�?perawana�? dan dikelilingi pegunungan kapur.

3

Selain pantai dan tumbuh-tumbuhan uniknya, ada banyak poin menarik lainnya dari Pulau Socotra. Kamu bisa mendaki gunung hingga ketinggian 1.525 meter, menjelajahi goa, menyusuri padang pasir, sampai melihat lebih dari 140 spesies burung yang 10 di antaranya cuma bisa kamu temukan di sini. Lalu 90% spesies reptil dan 95% spesies siput yang ada pulau ini juga tidak bisa kamu temukan di belahan dunia lain manapun juga, lho!

4

Komentar