04.Mar.2019

J.K. Rowling Suite, Kamar Hotel yang Jadi Serbuan Fan Harry Potter


Alohomora! Begitu kamar nomor 552 di Hotel Balmoral terbuka, kalian para Potterhead pasti seneng banget. Yup, kamar yang diberi nama J.K. Rowling suite itu adalah kamar tempat Rowling nulis novel Harry Potter. Kayak gimana, sih, kamarnya? Langsung cek aja di bawah.

0
0
0

Seri ketujuh novel Harry Potter, Harry Potter and the Deathly Hallows selesai ditulis Joane Kathleen “J.K.” Rowling pada 11 Januari 2007 di kamar Hotel Balmoral. Sebagai penandanya, Rowling menandatangani patung torso Dewa Hermes yang berada di kamar hotel tempatnya menginap.

Hotel Balmoral adalah salah satu hotel berbintang lima di Inggris. Lokasinya di ujung jalan Prince Street, Kota Edinburgh, Skotlandia. Hotel berarsitektur kuno yang udah berumur ribuan tahun tersebut merupakan salah satu tempat yang diserbu para Potterhead, penggemar Harry Potter. Itu karena J.K. Rowling, pengarang novel Harry Potter, selama enam bulan menginap di Hotel Balmoral buat nyelesain nulis seri terakhir novel Harry Potter.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap Rowling atas karyanya yang mampu “menyihir” orang-orang di berbagai belahan dunia, kamar tempat Rowling menginap dan menyelesaikan menulis novel Harry Potter diberi nama J.K. Rowling suite. Selain itu, pengetuk pintu kamar tersebut dibuat berbentuk burung hantu yang terbuat dari kuningan. Kita tahu bahwa burung hantu merupakan salah satu hewan yang ada dalam dunia sihir ciptaan Rowling.

Sumber fotohttps://www.theweek.co.uk/87801/the-balmorals-jk-rowling-suite-luxury-with-a-touch-of-magic

J.K. Rowling suite merupakan tipe kamar megah dengan luas 55 m2. Letaknya di lantai lima dengan nomor kamar 552. Bukan hanya kasur, di J.K. Rowling Suite juga tersedia ruang tamu yang dilengkapi sofa. Mirip seperti apartemen. Saat menginap di sini, kita bisa menikmati pemandangan Calton Hill.

Karena J.K. Rowling suite merupakan kamar tempat Rowling menulis novel Harry Potter, pastinya nuansa Harry Potter bisa kita temukan di dalamnya. Ada sebuah meja yang di atasnya tertumpuk tujuh novel Harry Potter. Nggak jauh dari meja tersebut, ada meja lain yang digunakan Rowling untuk menulis.

Sumber fotohttps://www.therowlinglibrary.com/2016/06/01/the-balmoral-hotel-where-j-k-rowling-finished-harry-potter-and-the-deathly-hallows/

Di dinding, terpajang sebuah pigura yang membingkai kover novel Harry Potter and the Deathly Hallows serta foto dari tulisan dan tanda tangan Rowling di bagian belakang patung torso Dewa Hermes. Bunyi tulisan tangan Rowling di patung itu adalah, “J.K.Rowling finished writing Harry Potter and the Deathly Hallows in this room (552) on 11th Jan 2007”.

Ada dua patung torso Dewa Hermes di J.K.Rowling suite. Dua-duanya terbuat dari pualam. Di salah satu satu patung itu kita bisa menemukan tulisan dan tanda tangan Rowling yang tentu aja udah memudar. Kini, patung torso Dewa Hermes diletakkan dalam kotak kaca. Sekadar informasi, dalam mitologi Yunani, Dewa Hermes dikenal sebagai dewa pembawa pesan.

Sumber fotohttps://www.pottermore.com/news/10-years-since-jk-rowling-finished-writing-deathly-hallows

Alasan Rowling nyelesain nulis novel ketujuh Harry Potter di Hotel Balmoral adalah karena ia nggak  bisa berkonsentrasi waktu nulis di rumahnya yang suasananya bising. Ia butuh tempat yang tenang. Akhirnya, ia milih Hotel Balmoral karena menurutnya hotel itu adalah hotel yang bagus.

Rowling menginap di Hotel Balmoral sejak Agustus 2006. Awalnya, dia nggak permanen. Beberapa hari menginap, kemudian keluar. Beberapa hari berikutnya menginap lagi, lalu keluar. Namun, akhirnya ia memutuskan untuk menginap permanen di hotel tersebut selama 6 bulan. Keberadaan Rowling di Hotel Balmoral bener-bener dirahasiain. Nggak ada orang yang tahu, kecuali staf hotel yang masuk ke kamar untuk melayaninya.

Sumber fotohttps://www.pinterest.es/pin/88594317648576008/

Ketika salah satu stasiun televisi menyiarkan mengenai keberadaan Rowling di Hotel Balmoral, para penggemar Harry Potter berlomba-lomba menyerbu hotel tersebut untuk menginap di kamar yang dijadikan tempat menginap Rowling.

Jika menginap di J.K.Rowling suite, kita bakal dapet sejumah benefit, antara lain akses jalur cepat ke Kastil Edinburgh; ikut tur ke Hamilton & Inches, toko perhiasan ikonis di Edinburgh; dan tur melihat pembuatan whisky. Kalau berminat menginap di J.K.Rowling suite, kita harus rela merogoh kocek dalam-dalam karena tarif per malamnya £ 965 atau setara sekitar Rp18 juta. Ada yang mau ngeluarin uang segitu banyak?

Komentar