27.Jul.2020

Istimewanya Perayaan Kurban di Pakistan. Ikutan Yuk!


Perayaan Iduladha akan berlangsung beberapa hari lagi. Umat muslim di berbagai daerah biasanya sudah mempersiapkan keperluan untuk lebaran haji. Meski kali ini keberangkatan haji ke tanah suci harus ditunda, tapi semangat berkurban masyarakat muslim harus tetap terjaga, karena ini adalah momen berbagi antar sesama yang sangat dinantikan.

0
0
0

 

Pakistanis gear up for Eidul Azha festivities - Pakistan - DAWN.COM

Sumber gambar: https://www.dawn.com/news/1208822

Jelang perayaan kurban, negara-negara di seluruh penjuru dunia tentunya telah menyiapkan segala sesuatunya untuk memperingati hari besar tersebut. Salah satunya adalah yang dilakukan masyarakat Pakistan dalam menyambut hari raya Iduladha. 

Sama halnya dengan di Indonesia, momen Iduladha menjadi ajang pesta bagi para peternak hewan. Jelang perayaan kurban, biasanya bursa pasar hewan kurban di pusat Kota Karachi selalu diserbu para pelanggan. Maklum, perayaan kurban di Pakistan dianggap lebih istimewa dibandingkan perayaan Idulfitri. Jadi masyarakat di Pakistan akan berlomba-lomba mendapatkan hewan kurban yang terbaik.

 

Sacrificial animals wait for their buyers at a make-shift sacrificial animals market established for the upcoming festival Eidul Azha, in Gujranwala. — PPI

Sumber gambar: https://www.dawn.com/news/1208822

Pasar Karachi sendiri menjadi tujuan utama warga Pakistan untuk menjadi hewan kurban. Ada begitu banyak para peternak yang menjajakan hewannya, seperti domba, sapi, hingga unta. Pasar ini memang terkenal lengkap dan dibuka selama seminggu menjelang hari raya.

Meriahnya perayaan kurban di Pakistan memang menjadi ajang pesta sekaligus bisnis yang menjanjikan. Meski Pakistan punya pusat bursa hewan kurban di Pasar Karachi, tapi masih ada lho penjual hewan kurban ilegal yang nekat beroperasi, jumlahnya mencapai 144 pasar hewan.

 

Sacrificial animals wait for their buyers at a make-shift sacrificial animals market established for the upcoming festival Eidul Azha, in Gujranwala. — PPI

Sumber gambar: https://www.dawn.com/news/1208822

Untuk memuliakan hewan kurban yang dijual, biasanya hewan kurban di Pakistan dihias secantik mungkin sebelum akhirnya disembelih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada hewan yang dikurbankan, bahkan hewan kurban harus dimandikan terlebih dulu sebelum disembelih. Selain itu, hewan kurban juga diberi perawatan dan makanan yang istimewa. Saking istimewanya, kamu tidak akan melihat hewan kurban yang terlihat kurus atau tak terawat. Bayangin aja, selama 3 bulan sebelum hewan kurban itu dijual, hewan diberi susu dan pakan padat yang sehat seperti kapri, kue, dan racikan khusus untuk hewan. Selain itu, karena perayaan Iduladha lebih istimewa, masyarakat Pakistan mendapatkan jatah libur selama 4 hari berturut-turut. Ini dilakukan agar masyarakat juga lebih fokus dengan ibadah puasa arafah.

Komentar