11.Jun.2020

Intip Kokohnya Benteng Marlborough di Bengkulu


Benteng Marlborough, benteng peninggalan Inggris yang cukup bersejarah bagi masyarakat Bengkulu ini menjadi salah satu destinasi yang tak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Bumi Raflesia. Benteng yang tebal dindingnya mencapai 3 meter ini punya bentuk yang unik kalau kamu lihat dari atas. 

0
0
0

 

Mengunjungi Benteng Marlborough, Potensi Besar Wisata Bengkulu ...

Sumber gambar: https://www.mldspot.com/traveling/mengunjungi-benteng-marlborough-potensi-besar-wisata-bengkulu

Dibangun tahun 1713 - 1719, benteng ini memiliki luas 44.000 meter persegi dan menjadi benteng peninggalan Inggris terbesar di Asia Tenggara. Uniknya, benteng ini akan terlihat seperti kura-kura kalau kamu lihat dari atas. Lokasinya ada di Jl. Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu. Tepatnya di dekat pantai Tapak Paderi Bengkulu. Lokasi yang sangat strategis karena menghadap langsung ke kota Bengkulu dan membelakangi Samudera Hindia..

Benteng peninggalan Inggris ini dulunya digunakan untuk pertahanan Inggris. Mereka datang untuk mengontrol area perdagangan di Bengkulu. Tapi seratus tahun setelah dibangun, benteng ini diambil alih oleh Belanda. Ada banyak saksi bisu sejarah di benteng ini. Terutama saat insiden tewasnya para opsir Inggris.

 

Menjelajah Bumi Raflesia | Good News from Indonesia

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/12/menjelajah-bumi-raflesia

Kalau kamu ke Benteng Marlborough, pertama kali kamu akan lihat bagaimana gagahnya benteng ini lalu disambut dengan prasasti kuno. Masuk ke dalam, kamu akan menemukan tiga makam prajurit Inggris, Charles Murray, Residen Thomas Parr, dan Robert Hamilton. Selain itu, kamu juga akan menemukan ruang interogasi yang dulu digunakan untuk menginterogasi Soekarno.

Datang ke Benteng Marlborough, kamu bukan hanya belajar soal sejarah, tapi kamu bisa explore setiap sudut dari benteng ini, terutama melihat bagaimana indahnya laut lepas Samudera Hindia dari atas rooftop. Ini menjadi lokasi paling favorit bagi para wisatawan yang datang, karena lokasi benteng dengan pantai Tapak Paderi hanya sekitar 100 meter. Kalau kamu ke benteng ini, kamu harus kuat menjelajahinya karena areanya yang luas dan banyak spot menarik yang bisa kamu abadikan.

 

sudut ceritaku

Sumber: http://febriayunengtyas.blogspot.com/

Untuk bisa sampai ke Benteng Marlborough, dari bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, kamu bisa naik taksi atau menyewa mobil. Perjalanan akan ditempuh selama 1.5 jam. Sementara kalau kamu mau naik kendaraan umum, kamu harus 2 kali naik angkot. Nah, untuk lebih mudahnya, kamu bisa nih ikut tur dari Mister Aladin. Selain ke Benteng Marlborough, nantinya kamu juga bisa keliling ke Kota Bengkulu selama 3 hari. Yuk ikutan.

Komentar