26.Jun.2020

Intip Cahaya Dari Surga di Gua Jomblang


Ayo ngaku, siapa yang belum pernah ke Gua? Umumnya Gua itu berbentuk horizontal di pintu masuknya, tapi siapa sangka kalau Gua Jomblang justru punya kontur atau medan yang berbeda. Gua Jomblang berbentuk vertikal. Nggak percaya? Bahkan karena vertikal kamu harus pakai tali kalau mau masuk ke Gua ini. Kalau sudah berhasil sampai dasar Gua, kamu akan lihat cahaya dari surga.

0
0
0

 

Sumber: https://liputanislam.com/traveling/menikmati-sinar-surga-di-goa-jomblang/

Gua Jomblang ini termasuk Gua yang berbentuk vertikal karena permukaan tanah di bagian luar runtuh sehingga terbentuk lubang besar. Runtuhnya tanah ke dalam Gua ini justru menambah estetika dari Gua ini karena tumbuhan yang ada di permukaan tanah tidak rusak sedikit pun. Bahkan tumbuhannya menjadi semakin lebat hingga disebut sebagai hutan purba.

Kalau kamu mau datang ke Gua Jomblang, Gua ini terletak di Desa Parejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu bisa naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari atau dengan kendaraan pribadi menuju Jalan Raya Semanu. Nah dari Semanu, nanti kamu akan diantarkan oleh tim pemandu yang biasanya sudah siap di sekitar titik penjemputan. Mereka nantinya akan mengantar kamu ke pintu masuk Gua Jomblang.

 

Goa Jomblang; Surga yang menyimpan kisah tragis

Sumber: https://www.garudacitizen.com/goa-jomblang-surga-yang-menyimpan-kisah-tragis/

Untuk bisa masuk ke Gua Jomblang, ada beberapa akses yang bisa kamu pilih, yakni ada jalur A, B, C, dan VIP untuk melakukan vertical caving. Pembeda antara jalur-jalur tersebut adalah jaraknya. Kalau kamu pilih jalur VIP, kamu akan menyusuri dan menuruni Gua sekitar 20 meter. Sementara untuk jalur A (40 meter), B (60 meter) dan C (80 meter). Namun demi keselamatan, pemandu lebih menyarankan agar kamu memilih jalur VIP karena jaraknya jauh lebih dekat.

 

Goa Jomblang - Jomblang Cave

Sumber: http://www.goa-jomblang.com/

Kamu juga nggak perlu khawatir soal keselamatan saat menuruni Gua. Soalnya, pengelola sudah menyiapkan pemandu ahli yang siap dengan peralatan SRT (Single Rope Technique). Kalau kamu sudah berhasil turun dengan tali dan menapaki dasar Goa, kamu akan lanjut menyusuri Gua sejauh 300 meter menuju Luweng Grubug. Di sana kamu akan melihat bagaimana indahnya cahaya yang masuk dari lubang Gua. Inilah yang disebut sebagai cahaya dari surga. Kamu akan melihat bagaimana flowstone disinari matahari.

Kalau kamu tertarik ingin mengunjungi Gua Jomblang, kamu harus reservasi di sini terlebih dahulu, karena wisatawan yang datang ke sana dibatasi dan hanya dibuka mulai pukul 10.00 - 14.00. Untuk biayanya, kamu akan dikenakan tarif Rp450.000 per orang. Minimal 5 orang dalam 1 grup.

Komentar