05.Sep.2018

Ini Dia 7 Restoran Cepat Saji Paling Peduli Lingkungan di Dunia


Kawan, Bumi kita ini udah makin tua. Udah tua, makin cepet pula rentanya gara-gara kebanyakan manusia ogah peduli lingkungan. Nah, biar gak makin parah, udah saatnya kita bergerak melestarikan lingkungan, salah satunya adalah dengan meniru langkah-langkah yang dilakukan 7 restoran waralaba cepat saji paling peduli lingkungan di dunia ini.

0
0
0

1. McDonald’s

sumber foto: pexels.com

Siapa, sih, yang gak kenal McDonald’s atau sering disingkat McD? Di mana pun kamu berada, gerainya gampang banget ditemuin. Kabar bagusnya, selain makanannya enak, McD juga bakal menghentikan penggunaan kemasan styrofoam terhitung mulai akhir tahun ini. Semua bahan kemasan menunya bakal terbuat 100% dari bahan yang bisa didaur ulang per tahun 2025 nanti. Hore!

2. Subway

sumber foto: commons.wikimedia.org milik High Contrast

Selama ini udah dikenal sebagai penyedia makanan sehat, rasanya kurang afdol kalau Subway gak ikutan “menyehatkan” lingkungan. Bukan baru-baru ini aja mereka sadar lingkungan, karena dari dulu mereka berdedikasi buat ngambil bahan-bahan dari supplier yang peduli lingkungan. Kebanyakan dari mereka adalah petani-petani yang berkebun menggunakan traktor hemat energy, panel surya, dan pupuk alami. Selain itu, subway juga ngambil bahan-bahan makanan dari petani lokal. Selain hemat ongkos, langkah mereka ini juga bisa mengurangi emisi gas rumah kaca.

3. Taco Bell, Pizza Hut, dan KFC

sumber foto: id.wikipedia.org milik bovinemagnet dengan beberapa perubahan

Kenapa tiga restoran waralaba super terkenal ini dibahas bareng-bareng? Alasannya karena ketiganya ada di bawah naungan Yum! Brands Inc. Selain cocok di lidah jutaan orang di dunia, mereka juga udah komitmen ngejaga lingkungan. Gimana caranya? Pertama-tama, mereka udah ngebangun beberapa gerai dengan bahan bangunan yang ramah lingkungan. Sistem di restorannya juga memungkinkan mereka menghemat air, mengurangi limbah, dan masih banyak lagi. Kedua, dengan cara memperbanyak menu nondaging. Taco Bell percaya cara ini bisa ngurangin jejak karbon yang diakibatkan oleh daging. Inilah yang bikin Taco Bell jadi restoran ramah vegetarian yang terkemuka.

4. Chipotle

sumber foto: https://www.flickr.com/photos/jeepersmedia/15068739330 milik Mike Mozart

Restoran penyaji masakan Meksiko ini punya cara lain buat ikut melestarikan lingkungan. Semua perabotan dan peralatan masak bekas mereka biasanya dikasih gratis ke orang-orang yang membutuhkan, bukannya langsung dibuang ke tempat sampah. Sampai tahun 2014, total mereka udah nyumbangin 75 alat panggangan dan 315 food processor ke sekolah dan organisasi nirlaba setempat. Selain itu, mereka juga selalu wanti-wanti ke para supplier mereka untuk gak ngebungkus bahan makanan dengan kemasan yang boros. Mereka juga ngelatih pegawai-pegawai mereka untuk menyiapkan makanan dengan bertanggung jawab alias gak nyampah terlalu banyak. Oh ya satu lagi, mereka juga punya Harvest Program yang sampai saat ini udah menyumbangkan lebih dari 7 juta porsi makanan ke 1000 organisasi yang membutuhkan. Waw, selain cinta lingkungan, jiwa sosial mereka tinggi juga, ya.

5. Wendy’s

sumber foto: flickr.com/photos/jeepersmedia/27658856574 milik Mike Mozart

Restoran dengan logo anak cewek berkepang dua ini juga menerapkan  konsep hemat energi di semua gerainya. Udah banyak restoran mereka didesain ulang dan akhirnya dilengkapi lampu LED yang hemat energi. Mereka punya target buat memotong konsumsi energi sampai 20 persen di tahun 205 nanti. Hemat energi, hemat biaya, bumi pun ceria!

Baca juga: I'm Lovin' It! Kamu Pasti Suka Sama Gerai McDonald's Terunik di Dunia Ini deh 

Komentar