19.Sep.2018

Ini Arti Singkatan Makanan Tradisional Indonesia


Berbicara soal makanan, siapa sih yang nggak suka? Apalagi kalau ngomongin soal makanan tradisional Indonesia yang enaknya kebangetan. Ngebayanginnya aja jadi laper, ya?

0
0
0

Ada banyak sekali makanan tradisional Indonesia yang memiliki nama unik. contohnya makanan-makanan di bawah ini! Pasti kamu belum tahu deh kepanjangan dari nama-nama makanan ini. Simak, yuk!

1. Basreng

sumber foto: http://keripikpedasgrosir.blogspot.com/2014/12/keripik-basreng-pedas.html

Sekitar tahun 2010an, makanan satu ini menjadi viral. basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Bakso yang dipotong pipih, digoreng garing, dan diberi bumbu kering berbagai rasa. Cocok banget jadi cemilan sore-sore nih!

2. Batagor

sumber foto: resepkuekeringku.com

Makanan khas Bandung ini sangat menggiurkan. Yup, batagor adalah singkatan dari baso dan tahu yang digoreng. Rasa garing gorengannya bercampur serasi dengan saus kacang. Pantes lezat, ya!

3. Cilok

sumber foto: https://www.berrykitchen.com/tips/tips/Resep-Cilok-Bandung-Bulat-Kenyal-Obat-Kangen-Bandung

Cemilan khas Sunda emang nggak ada matinya! Salah satunya cilok, aci (tepung) yang dicolok. Cara membuat makanan ini adalah tepung diberi campuran air, dibentuk menjadi bulat seperti bakso. Biasanya diberi isi seperti daging ayam, telor, atau kornet. Setelah itu dikukus, dan dimakan dengan cara dicolok.

4. Cilung

sumber foto: http://resepmamagaul.blogspot.com/2017/03/resep-membuat-cilung-jajanan-sd-yang.html

Siapa yang suka makan ini? Hayo ngaku! Cilung adalah singkatan dari aci (tepung) digulung. Makanan ini dibuat dari telur yang dipadu dengan tepung, kemudian digulung menggunakan tepung sate. Setelah itu ditaburin abon atau serundeng sesuai selera. Mirip kerak telor, ya?

5. Cilor

sumber foto: topkulliner.blogspot.com

Lagi-lagi dari aci, tapi soal rasa nggak kalah enak! Cilor adalah singkatan dari aci dan telor. Biasanya aci dibentuk bulat seperti bakso, kemudian dicampur dengan telur yang sudah dikocok. Setelah itu di goreng dan disajikan dengan bumbu pedas sesuai selera.

6. Cireng

sumber foto: http://generasimicin2017.blogspot.com/2017/10/cara-bikin-cireng-asik.html

Masih cemilan dari aci, cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Kali ini, aci dibentuk menjadi pipih, kemudian digoreng hingga bagian luarnya agak kering. Uniknya, bagian dalam cireng tetap kenyal. Udah gitu dimakan dengan dicocol ke bumbu kacang. Enaakkk!

7. Comro

sumber foto: http://client9.gedoor.com/food/comro-misro/

Comro adalah singkatan dari oncom di jero. Si oncom ini akan dibalut sama adonan yang terbuat dari parutan singkong dan kelapa. Iya, jero di sini artinya dibungkus atau dibalut!

8. Cuanki

sumber foto: http://resepmagz.com/resep-membuat-bakso-cuanki-khas-bandung-mudah-dan-enak/

Makan bakso cuanki pas hujan turun tuh, beh, nikmat banget! Soalnya pas hujan, kita nggak perlu ke luar rumah, justru abang baksonya yang tetep jualan dan nyamperin kita. Karena itulah namanya cuanki, alias cuma jalan kaki. Hihihi.

9. Es Doger

sumber foto: http://infokuliner.com/resep-cara-membuat-es-doger-bandung

Buat yang mau seger-seger, pasti akrab deh sama es satu ini. Es yang terdiri dari susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, buah alpukat, dan lain-lain ini biasa dijual sama abang-abang gerobak di pinggir jalan. Yup, doger di sini adalah singkatan dari dorong gerobak!

10. Gehu

sumber foto: https://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-gehu-pedas-dan-analisa-usahanya/

Makanan Sunda emang nggak ada matinya! Cemilan satu ini merupakan singkatan dari toge tahu. Jadi tahu di isi oleh toge kemudian dibalut tepung, baru deh digoreng! Yang bikin makin nikmat, biasanya irisan cabe juga ikut diselipkan bersama dengan toge. Cucok nih buat yang suka pedes!

Komentar