24.Sep.2018

Ini 7 Fakta tentang China yang Bikin Semua Orang Heran


Tiap negara punya aturan, budaya, dan kebiasaan masing-masing yang berbeda. Yaaa, seperti kata pepatah, “Lain ladang, lain belalang.” Kebanyakan belalang bentuknya mirip, tapi kalau di China bisa jadi belalangnya nyentrik sendiri! Coba, deh, kamu baca fakta tentang China yang bikin semua orang heran ini. Siapa tahu kamu jadi ikutan geleng-geleng kepala.

0
0
0

1. Facebook dilarang

sumber foto: pexels.com

Oke, kita mulai daftarnya sama fakta yang udah diketahui banyak orang.

Yap, China ngelarang warganya main Facebook! Apa pun yang berbau Amerika kayak Facebook, Google, dan YouTube, gak bakalan bisa diakses di China. Sebagai gantinya, orang China bisa mainan Weibo buat ber-sosmed dan searching hal-hal yang pengen mereka tahu di Baidu. Tentunya di bawah pengawasan ketat pemerintah!

2. Warganya jarang (atau gak pernah) makan keju

sumber foto: pexels.com

Penduduk China punya alasan tersendiri kenapa  mereka jarang atau gak pernah makan keju. Mereka anggep makanan satu ini barbar dan berkaitan sama orang yang hidup di pinggiran luar China. Orang-orang pinggiran itu dianggap gak beradab sama pemerintah, dan anggapan ini mempengaruhi penduduknya untuk menghindari makanan yang disukai orang “barbar”.

3. Tiap hari ada sekitar 200 demonstrasi

sumber foto: pexels.com

Demo di Jakarta udah sering banget, tapi itu semuanya gak ada apa-apanya dibandingin demo di China. Tiap hari adaaa aja yang protes, dan jumlahnya ratusan! Apa alasannya?

Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, wajar aja kesejahteraan dan pemenuhan hak sering jadi masalah. Makanya, tiap hari selalu ada orang yang berjuang buat dapetin haknya dengan cara demonstrasi. Keras juga, ya.

4. JOROK

sumber foto: pexels.com

Maaf ya Mister harus nulis dalam huruf kapital, karena begitulah fakta tentang China yang satu ini!

Kamu pasti udah sering denger tentang kelakuan turis China yang buang air di kabin pesawat, ngeludah sembarangan, dan lainnya. Gak cuma di negara orang, mereka juga super jorok di negaranya sendiri!

Gak usah banyak-banyak nyebutin contohnya, deh, cukup satu aja. Tiap abis masuk WC buat pipis atau buang air besar, mereka GAK NYIRAM hasil buangannya. Biarlah itu jadi “tugas” orang yang pakai WC setelahnya. Kalau orang setelahnya gak nyiram juga, tugas itu dioper lagi ke orang berikutnya. Apa alasannya?

5. Angsa jadi polisi

sumber foto: pexels.com

Di pusat kota, CCTV memang udah menyebar ke mana-mana. Gerak-gerik tiap orang bisa dipantau 24 jam penuh. Tapiii… CCTV bakalan kalah pamor sama para angsa. Kenapa? Soalnya, di beberapa daerah pedesaan, polisinya lebih percaya angsa (bahkan dibanding CCTV dan anjing) buat ngejaga kantor mereka. Ini karena angsa punya daya penglihatan yang tajem banget dan gampang dilatih. Tertarik?

6. Cuma punya satu zona waktu

sumber foto: pexels.com

Coba, deh, kamu buka peta dan lihat seberapa besarnya China. Gede banget, kan?

Meskipun luasnya melebihi negara mana pun, China cuma memberlakukan satu zona waktu, yaitu zona waktu Beijing. Penyeragaman zona waktu ini bikin banyak hal jadi gak masuk akal. Warga Beijing memang gak terpengaruh, tapi warga di belahan China yang lain dibuat pusing. Di Xianjiang, matahari gak terbit sampai jam 10 pagi saat musim dingin dan baru terbenam setelah tengah malem pas musim panas. Yaaah, kalau di Rusia atau Norwegia mungkin wajar, ya, tapi China kan di Asia!

7. Tiap jam 7 malem semua orang nonton acara TV yang sama

Ini mirip-mirip kondisi jaman Orde Baru dulu. Ya, gak, sih? Dulu, tiap jam 7 malem, setiap channel TV Indonesia nayangin Dunia Dalam Berita. Nah, di China, mau ganti ke channel mana pun, kamu bakal menyaksikan program berita berdurasi 30 menit yang ditayangin sama televisi China Central. Gak ada ceritanya nonton sinetron atau acara mistis-mistisan di jam 7 malem. Hihihi…

Gimana, fakta tentang China yang bikin semua orang heran ini bikin kamu ikutan heran gak?

Baca juga: Antara China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau. Apa Bedanya?

Komentar