Ini 6 Tips Makan Murah tapi Kenyang untuk Kamu yang Mau Backpacking ke Jepang


Selain tiket dan hotel, biaya makan termasuk pengeluaran yang menyedot porsi paling besar dari keseluruhan anggaran perjalanan kamu. Sekalipun udah mesen tiket maskapai murah dan nginep di hostel, liburan kamu di Jepang bakal tetap lumayan menguras kantong kalau anggaran makannya gak dijaga. Lalu, gimana caranya supaya gak kelaparan selama keliling Tokyo, Kyoto, sampai Osaka?  Nih, Mister kasih tipsnya.

0
1
0

1. Pilih menu dari restoran fast food

sumber foto: fastjapan.com

Pernah ngeliat Yoshinoya, Marugame Udon, Mister Donut, atau Coco Ichibanya di mall sini? Nah, rajin-rajinlah makan di restoran fast food macam begini kalau mau liburan hemat di Jepang. Selain harganya bersahabat, kamu gak perlu jago bahasa Jepang karena tinggal tunjuk menu di counter-nya. Tenang aja, meskipun judulnya fast food, kualitas makanannya gak parah-parah amat, kok. Setidaknya kamu bisa nikmatin menu-menu non-gorengan dan teh hijau gratis yang pastinya sehat.

2. Makan di restoran sushi kereta serba 100 yen

sumber foto: senyorita.net

Di sini, kalau kamu mampir ke restoran Jepang yang ada conveyor belt untuk sushi, bersiaplah buat merogoh kocek minimal Rp100.000. Nah, di Jepangnya sendiri, kamu bakalan bisa dengan gampang nemuin restoran sejenis yang masang harga 100-300 yen aja! Salmon maki, nigiri sushi, dan (lagi-lagi) ocha gratis bisa kamu nikmati dengan lega karena gak bikin kantong bolong. Butuh contekan tempat makan? Kalau ke Shibuya, kamu bisa mampir ke Genki Sushi. Nah, kalau ke Osaka, kamu bisa makan di Isono Ryotaro yang cuma berjarak 5 menit jalan kaki dari stasiun Namba.

 3. Beli makanan di minimarket atau supermarket

sumber foto: halfwayanywhere.com

Satu hal yang perlu kamu inget: standar di Jepang itu tinggi, termasuk dalam soal makanan. Jadi, sekalipun kamu beli makanan di minimarket, kamu gak akan kecewa dengan apa yang kamu dapetin. Di 7-11, Family Mart, dan Circle K, tersedia sushi, bento, segala macam ramen, rice bowls, sampai onigiri isi daging dan sayuran. Kalau di supermarket, sushinya bahkan dibuat di tempat, bukan hasil disimpen berhari-hari. Asyiknya lagi, semuanya bisa kamu dapetin mulai harga 200 – 500 yen aja! Mau lebih hemat lagi? Dateng aja menjelang sore. Biasanya harga makanan siap santap begini diturunin. Mungkin karena pengin ngabisin stok, ya.

4. Beli makanan di vending machine

sumber foto: introvertjapan.files.wordpress.com

Namanya juga negara maju. Mau makan aja pasti hi-tech banget. Jadi, kalau kamu liburan ke sana, bersiaplah untuk menghilangkan kegaptekan kamu dan belajar beli makan di restoran yang punya vending machine. Kelebihan mesen makanan di tempat begini adalah kamu bisa tahu lebih dulu harga makanannya. Kalau cocok, beli, kalau kemahalan yang tinggal cabut. Di mesinnya, terpajang foto-foto menu beserta harganya. Kamu tinggal pencet tombol sesuai gambar makanan yang diinginkan, terus masukkan duitnya, deh. Nanti, di dalem restoran kamu tinggal duduk di kursi yang udah ditentukan.

5. Berburu sample di pasar atau festival

sumber foto: nodestinations.com

Salah satu hal yang menyenangkan dari liburan ke Jepang adalah festival sepanjang tahun, gak peduli musim apa kamu berkunjung ke sana. Jadi, sebelum berangkat, pastikan kamu googling dulu, karena di mana ada festival, di situ ada makanan murah. Kamu bisa menikmati aneka jajanan, mulai dari kushikatsu, mochi, roti, dan masih banyak lagi dengan harga super murah. Selain itu, di pasar-pasar, misalnya aja di Pasar Nishiki di Kyoto, ada banyak sample bertebaran di tiap kios. Buat kamu yang siap tebal muka, kamu bisa pesta makan gratis dengan nyobain sample dari ujung ke ujung!

6. Masih pengin lebih hemat lagi? Masak!

sumber foto: blog.hihostels.com

Kamu pengin bikin anggaran makan jadi nyaris 0 yen? Masaklah solusinya! Jadi, waktu kamu packing sebelum berangkat, masukin abon, nasi instan, sambel sachet, rendang, sampai telur rebus ke dalem tas kamu. Selain murah, bisa mengobati kerinduan kamu sama masakan Indonesia kalau liburannya dalam jangka waktu yang lama. Kalau kamu lumayan bisa masak, cobain aja belanja di supermarket terus masak di penginapan. Selain hemat, kamu juga bisa bagi-bagi sama temen satu hostel kamu. Biar jadi makin akrab!

Komentar

Tinggalkan Komentar: