28.Feb.2017

Ini 6 Pantai Paling Underrated di Indonesia


Cari pantai di Indonesia memang gampang, Aladiners. Saking banyaknya, pantai-pantai itu udah dapat predikat masing-masing. Ada pantai paling rame, paling cantik, paling kotor, sampai paling berbahaya. Kalau pantai paling populer biasanya ada di sekitar Bali dan Lombok, sekarang Mister kenalin kamu dengan pantai-pantai yang luar biasa indah, tapi belum populer alias underrated. Sebenernya ada bagusnya, sih, mereka masih underrated, supaya gak dikotorin oleh turis-turis yang gak bertanggung jawab!

0
0
0

 

1. Pantai Lhok Mee, Aceh

Sumber gambar: https://travelingyuk.com/pantai-lhok-mee/21688

Meskipun belum terkenal, pantai Lhok Mee punya banyak keunikan yang bikin naksir, lho. Selain pasir putih bersihnya, keunikan paling menonjol dari pantai yang ngumpet di Bukit Suharto ini adalah deretan pohon yang nyembul dari dalam laut. Namanya geurumbang. Pohon yang tumbuh di kedalaman 1-2 meter tersebut enak banget dipanjat untuk dijadkan tempat mancing. Gak cuma itu, kalau kamu mau snorkeling, jangan ragu-ragu langsung nyebur. Terumbu karang dan ikan-ikan di sini pasti gak bakal ngecewain kamu, deh.

 

2. Pantai Ora, Ambon

Indahnya Pantai Ora di Maluku Tengah - Maluku

Sumber gambar: https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku/indahnya-pantai-ora-maluku-tengah.html

Oke, Mister akuin, sebenernya Pantai Ora hampir aja harus keluar dari daftar ini. Kenapa? Soalnya udah mulai banyak turis yang tahu pantai ini. Sayangnya (atau untungnya?), akses ke pantai ini masih agak ribet. Kalau mau ke sini, kamu harus naik kapal 2 jam ke Pelabuhan Amahai, lanjut naik angkot selama 2 jam ke Desa Sawai, baru nyeberang ke Pantai Ora dengan naik kapal motor.

Nantinya, rasa bosen dan capek kamu di jalan bakal terbayar begitu melihat pemandangan di pantai ini. Pasir putih yang lembut, ombak yang gak tinggi, suasananya yang tenang, pokoknya serasa lagi di pantai punya sendiri, deh! Soal biota laut, terumbu karang dan ikan-ikan di sini cantik banget! Gak heran snorkeling dan diving jadi kegiatan paling populer di sini.

 

3. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Pinterest

Sumber gambar: https://www.pinterest.co.uk/pin/11751649011485305/

Masih di bagian timur Indonesia, kecantikan Pantai Ngurtafur juga belum termahsyur layaknya putri raja yang bersembunyi di dalam kastil (HALAH! Bubar, bubar!). Kalau ke sini, khususnya ke Pulau Gosong, kamu harus nyobain jadi Nyi Roro Kidul alias jalan sejauh 2 kilometer ke tengah laut. Lho? Emang bisa? Tentu saja dengan syarat airnya lagi surut, ya!

Di pantai ini, kamu bisa melihat bentangan pasir putih yang mirip ular meliuk saat dilihat dari ketinggian. Sambil jalan, di kanan-kiri kamu, cuma ada pasir putih dan air laut yang jernihnya ampun-ampunan. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat kawanan burung pelikan yang lagi bermigrasi. Wuih, surga, deh!

 

4. Pantai Kepulauan Ndaa, Wakatobi

Tomia Tour & Camping De Island Prices, photos, reviews, address ...

Sumber gambar: http://tomiaoceandive.com/index.php/info-wisata

Sampai sekarang, masih agak susah nyari informasi bejibun soal pantai ini. Tapi, tenang aja, banyak orang yang bakal bantuin kalau kamu mau pelesiran ke sana. Kamu tinggal ke Pulau Tomia di Wakatobi yang udah ramah turis buat tanya-tanya. Nanti, warga lokal dengan senang hati bakal nganter kamu ke Pulau Ndaa.

Terus, gimana suasana di sana? Meskipun daya tarik utamanya adalah tempat diving, Pulau Ndaa juga punya bentangan alam yang bikin kamu nangis bahagia. Bentangan pasir putih sejauh 200 meter dan air sebening kristalnya bisa kamu nikmatin sepanjang hari. Kadang-kadang, suka ada sekelompok paus yang berenang lucu, lho, di sini. Wih, kalau sampai ketemu, berarti kamu termasuk orang yang beruntung!

 

5. Pantai Rambak, Bangka

Sumber gambar: http://103.23.20.95/destination?q=denpasar

Dari timur, kita pindah ke bagian barat Indonesia. Ternyata, pantai yang bagus di sana gak cuma ada di Belitung, tapi juga ada di Bangka, yakni Pantai Rambak! Pantai ini dihiasi air laut hijau toska yang bening banget, pasir putih, dan pastinya batu-batu bilitonite raksasa yang unik banget.

Kalau ke sana, jangan sampai gak foto-fotoin batu ini pas sunrise. Cantiknya kebangetan! Butuh rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakuin di sini? Selain main air atau bikin istana pasir, kamu bisa jogging atau jalan meniti bebatuan yang tersebar. Biar berasa kayak tokoh di Laskar Pelangi!

 

6. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu yang Tak Banyak Mengetahuinya | Good News from ...

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/10/16/pantai-nihiwatu-yang-tak-banyak-mengetahuinya

Pantai Nihiwatu sudah populer di kalangan turis mancanegara. Namun, bagi orang Indonesia, pantai tersebut belum terlalu populer. Wajar kalau gak terlalu populer, karena jumlah pengunjung ke tempat ini dibatesin. Selain itu, pantai ini juga dikelola swasta. Jadi, gak bisa didatengin dengan bebas.

Begitu kamu bisa masuk ke pantai yang jauh dari keramaian ini, kamu bakal berasa lagi di dunia lain, deh. Bukan, bukan dunia tempatnya kuntilanak, lho! Saking dijaganya, jumlah surfer yang mau selancar juga dibatesin gak boleh lebih dari 10 orang dalam satu waktu. Jadi, kalau yang lain mau ikutan main ombak, mereka harus tunggu giliran. Gak bakal bosen, kok, selama nunggu. Soalnya kamu bisa snorkeling, diving, atau trekking ke air terjun juga.

Komentar