19.Feb.2019

Ingin Olahraga Gaya Baru? Cobain 7 Olahraga Nyeleneh Ini


 

0
0
0

Buat yang hobi berolahraga, olahraga apa yang udah kalian cobain? Basket, sepak bola, lari, atau mungkin renang? Itu semua adalah olahraga yang umum dilakukan. Kalau kalian pingin coba olahraga baru yang beda dari yang lain, nih, Mister punya daftar 7 olahraga nyeleneh dari berbagai negara.

1. Chess Boxing

Sumber gambar: Wikipedia

Apa jadinya jika olahraga yang memeras otak digabung olahraga yang memeras tenaga? Pasti dobel capek, ya. Itulah yang terjadi pada chess boxing alias catur tinju. Setelah otek puyeng habis main catur, masih harus lanjut menguras fisik untuk tinju.

Olahraga ini ditemukan orang Belanda, Iepe Rubigh pada 1992. Terdapat 11 ronde dalam chess boxing. Per ronde waktunya 3 menit. Sama seperti olahraga catur dan tinju, chess boxing dilakukan secara berpasangan. Kedua pemain akan bertanding catur selama 1 menit. Lalu, 2 menit berikutnya berganti bertanding tinju. Demikian seterusnya hingga selesai 11 ronde.

Chess boxing sudah punya organisasi tingkat dunia, lho. Namanya World Chess Boxing Association (WCBA) yang didirikan di Berlin, Jerman pada 2003. Awalnya hanya dikenal di Eropa, kini chess boxing sudah berkembang ke berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, dan India.

2. Sepak Bola Sepeda

Sumber gambar: Wikipedia

Sepak bola pakai sepeda? Emang bisa? Bisa, dong. Sesuai dengan namanya, dalam olahraga ini, bola dimasukkan ke gawang dengan sepeda ontel. Kalau di sepak bola biasa, jumlah pemainnya 11 orang dalam 1 tim, di sepak bola sepeda, jumlah pemainnya cuma 2 orang dalam 1 tim.

Sepeda yang digunakan dalam olahraga ini merupakan sepeda tanpa rem. Untuk memudahkan pergerakan pemain, stang dibuat lebih tinggi dan sadel dibuat agak ke belakang. Para pemain memasukkan bola ke gawang menggunakan roda sepeda atau boleh juga menyundulnya dengan kepala.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan pada 1983 oleh orang Amerika keturunan Jerman, Nicholas Kaufmann. Sudah tua banget, ya, olahraga ini. Meskipun demikian, belum banyak orang tahu. By the way, sepak bola sepeda punya kejuaraan dunia, lho. Pada 19 Januari lalu, kejuaraan dunia sepak bola sepeda diadakan di Klein-Gerau, Jerman.

3. Menyelam dalam Lumpur

Sumber gambar: Shutterstock

Olahraga nyeleneh yang satu ini berasal dari Llanwrtyd Wells, kota kecil di daerah Wales, Inggris. Setiap tahunnya pada bulan Agustus, di kota tersebut diselenggarakan kompetisi menyelam dalam lumpur. Pesertanya hanyalah mereka yang sudah berusia 14 tahun ke atas.

Kalau ikutan kompetisi menyelam dalam lumpur, kalian harus melewati rawa berlumpur sepanjang 54 meter. Bukan sekali saja, tapi harus bolak-balik. Bisa dibayangin, tuh, betapa kalian harus bisa menahan bau menyengat dari lumpur. Dan begitu keluar dari rawa, langsung kotor semua, deh.

Meskipun terkesan menjijikkan, tapi cukup banyak, lho yang ikutan kompetisi ini. Sampai saat ini, rekor menyelam dalam lumpur tercepat dipegang Phillip John, pria asal Inggris. Ia mampu melewati kubangan lumpur hanya dalam waktu 1 menit 35 detik. Hebat, ya!

4. Balap Burung Unta

Olahraga nyeleneh - balap burung unta

Sumber fotohttps://urusandunia.com/olahraga-aneh/olahraga-aneh-balap-burung-unta/

Mungkin banyak dari kalian yang pernah nonton olahraga balap kuda. Nah, kalau balap burung unta, apa udah ada yang pernah nonton? Olahraga unik yang satu itu ada di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Arizona.

Burung unta (Struthio camelus) merupakan unggas terbesar di dunia yang mampu berlari 65 km/jam. Udah gedhe, cepet lagi. Kebayang, dong, gimana susahnya saat ikutan balap burung unta. Olahraga tersebut bisa kalian temukan di Festival Ostrich yang diselenggarakan di Chandler, Arizona pada bulan Maret setiap tahun.

Dalam festival tersebut, balap burung unta diselenggarakan 2 kali pada Jumat dan 3 kali masing-masing pada Sabtu dan Minggu. Tiap balapan, durasinya lebih kurang 1 jam. Kalau ikutan olahraga ini, kalian harus pinter-pinter menjaga keseimbangan supaya nggak terjatuh ketika menunggang si burung unta. Mau ikutan?

5. Beer Yoga

Sumber gambar: mashable.com

Yoga sambil minum bir? Kenapa nggak? Beer yoga merupakan yoga gaya terbaru yang pertama kali muncul di Jerman. Kini, beer yoga sudah dipraktekkan pula di Australia dan Thailand. Dalam beer yoga, bir digunakan sebagai pusat untuk memfokuskan pikiran.

Kalau ikutan olahraga ini, kalian harus berusaha menyeimbangkan botol bir yang diletakkan di lengan, kepala, dan di tempat-tempat lain sesuai arahan instruktur. Oh, ya, sesekali kalian juga bisa minum birnya, lho. Olahraga ini paling banyak digemari kaum wanita.

6. Lempar Tuna

Sumber gambar: affordableholidaysblog.files.wordpress.com

Yup, ikan tuna yang lezat itu dijadikan objek dalam olahraga ini. Olahraga ini bisa ditemukan di Australia, tepatnya di kota Port Lincoln yang merupakan kawasan perikanan terbesar di negeri kanguru itu.

Kalau pingin ikutan lomba lempar tuna, kalian bisa datang ke Festival Tunarama di Australia yang diselenggarakan bulan Januari tiap tahunnya. Dalam lomba lempar tuna, peserta diwajibkan melempar ikan tuna yang dibekukan yang beratnya mencapai 8—10 kg. Wuih, berat banget, pasti.

Lomba lempar tuna terbuka untuk segala usia. Mulai anak-anak sampai kakek nenek boleh ikutan. Pemenang ialah peserta yang lemparannya tunanya paling jauh. Hadiahnya gedhe banget, lho, yakni uang sebesar AU$7.000 atau sekitar Rp70 juta. Bisa kaya mendadak, tuh. Tertarik mencoba?

7. Olahraga Merangkak

Sumber gambar: womenshealthmag.com

Merangkak dijadikan olahraga? Itulah yang terjadi pada warga China yang tinggal di Kota Zhengzhou. Mereka percaya olahraga ini dapat mencegah tubuh terserang penyakit. Menurut salah seorang dokter dari Henan Province Hospital, olahraga merangkak bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh serta memperkuat tulang

Tubuh membungkuk, kedua kaki lurus di belakang, dan kedua tangan menapak tanah. Begitulah posisi merangkak yang dilakukan warga China. Jadi, tidak menggunakan tumpuan lutut sebagai tumpuan layaknya anak bayi, melainkan menggunakan kaki sebagai tumpuan.

Warga China melakukan olahraga merangkak selama berjam-jam. Supaya tidak sakit, maka tangan ditutupi sarung tangan. Olahraga ini digemari baik pria maupun wanita dari segala usia. Meskipun kelihatannya simpel, tapi lumayan capek juga, ya, kalau melakukan olahraga ini.

Komentar

Tinggalkan Komentar: