15.Jun.2020

Hutan Lumut Singgalang, Dunia Lain di Gunung Singgalang


Bagi kamu yang suka ngedaki gunung pastinya familiar dong dengan hutan. Tapi kamu tahu nggak kalau Indonesia punya yang namanya hutan lumut? Kalau belum tahu, nih Mister kasih info soal hutan lumut yang eksotis di Indonesia. Namanya Hutan Lumut Singgalang, adanya di jalur pendakian ke puncak gunung Singgalang.

0
0
0

 

Keren, Hutan Lumut Eksotis Satu Ini Ada di Indonesia Lho!

Sumber: https://travelingyuk.com/hutan-lumut-singgalang/52288

Begitu eksotisnya hutan lumut ini, kamu akan terbawa ke dalam suasana hutan lumut yang lembab seperti berada di film-film petualangan hollywood. Semua tumbuhan dan bebatuan yang ada di hutan ini diselimuti oleh lumut hijau yang asri. Yang menambah daya tarik dari hutan ini adalah bentuk dari pepohonan yang tak beraturan membuat kita seakan tersesat dalam dunia lain. Kalau kamu berada di tempat ini, kamu harus tetap waspada dengan jalur pendakian, karena jalurnya banyak tertutup pepohonan. 

 

Gunung Singgalang, Pesona Keindahan Alam Eksotis di Atap Sumatera ...

Sumber: https://www.jalanbareng.com/gunung-singgalang-pesona-keindahan-alam-eksotis-di-atap-sumatera-barat/

Walaupun bukan objek wisata alam, tapi kamu bisa banget manfaatin hutan lumut ini sebagai objek atau latar foto kamu. Banyak lho, para pendaki gunung singgalang yang memilih untuk beristirahat di hutan ini sekaligus mengabadikan momennya di hutan lumut. Bahkan kalau kamu mau coba, tempat ini bisa jadi konsep foto prewedding kamu.

Berada di tengah jalur pendakian Gunung Singgalang membuat tempat ini menjadi oase saat kamu mendaki gunung, apalagi di dekat hutan lumut, kamu akan menjumpai Telaga Dewi yang airnya cukup tenang. Berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat, kamu harus siap mendaki Gunung Singgalang setinggi 2.877 mdpl. Kamu tidak perlu takut tersesat, untuk mencapai hutan lumut ini, kamu tinggal mengikuti jalur kabel listrik dari titik awal pendakian di jalur Koto Baru sampai ke puncak. 

 

hutan-lumut-singgalang

Sumber: http://andalastranswisata.com/berita/hutan-lumut-singgalang

Untuk menuju ke titik awal jalur Koto Baru, kamu bisa gunakan travel jurusan Bukittinggi kalau kamu dari kota Padang. Perjalanan memakan waktu 2 jam, nantinya kamu turun di Pasar Koto Baru. Dari pasar itu, kamu akan lanjutkan perjalanan ke Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek dengan naik angkutan desa, nah dari sini kamu bisa berjalan kaki menuju titik awal jalur Koto Baru.

Jalur menuju hutan lumut dan puncak gunung memang sangat jelas, tapi kamu butuh tenaga ekstra di awal perjalanan. Kamu akan disambut dengan hutan pimpiang. Sejenis rerumputan yang diameter batangnya 2 cm, dengan tinggi lebih dari orang dewasa. Setelah hutan itu, barulah kamu akan menempuh jalur yang cukup normal hingga ke hutan lumut Singgalang

Komentar