09.Jan.2020

Hati-Hati! Kebun Raya Bogor Punya 4 Tempat Angker, lho


Siapa pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor? Bagus, kan, ya, tempatnya? Tapi, tahu nggak sih, di balik keindahannya, Kebun Raya Bogor punya 4 tempat angker, lho. Masing-masing tempat jelas punya cerita berbeda. Ada yang tentang penampakan harimau, kuntilanak, noni Belanda, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung kepoin kalau udah penasaran.

0
0
0

1. Taman Meksiko

Sumber: https://www.liputan6.com/photo/read/2469408/serunya-menelusuri-taman-meksiko-di-kebun-raya-bogor?page=5 (by Imannuel Antonius)

Apa, sih, Taman Meksiko? Itu adalah taman yang dipenuhi kaktus yang berasal dari Asia dan Amerika. Kaktus, tapi bisa tumbuh di Bogor? Yup, khusus di Taman Meksiko, tanahnya gersang dan banyak terdapat batu kerikil. Jadi, kaktus tetap bisa tumbuh dengan baik di sini.

Taman Meksiko termasuk spot favorit pengunjung, karena memang tamannya cantik banget. Nggak heran banyak pengunjung yang berswafoto saat berada di sini. Cantik-cantik gitu, taman ini punya cerita angker, lho.

Salah seorang petugas kebersihan pernah merasakan keberadaan makhluk halus saat berada di Taman Meksiko. Ia mendengar suara-suara aneh gitu. Parahnya lagi, suara-suara aneh itu terkadang memanggil si petugas kebersihan. Pas dia noleh, eh, ternyata nggak ada siapa-siapa. Idihhhh…..

2. Makam Belanda

Sumber: https://travel.detik.com/fototravel/d-3101875/makam-belanda-spot-anti-mainstream-di-kebun-raya-bogor/3?zoom (by Kurnia/detikTravel)

Yang namanya makam, pasti nyeremin, termasuk makam Belanda di Kebun Raya Bogor ini. Dinamakan makam Belanda karena memang yang dimakamkan di sini merupakan warga Belanda. Bukan sembarang warga, melainkan warga dengan jabatan tertentu, misalnya gubernur jenderal dan ahli hukum.

Terdapat 42 batu nisan di makam Belanda. Nisan pertama adalah milik Cornelis Potmans yang wafat pada 1784. Nisan itu ada sebelum Kebun Raya Bogor didirikan pada 1817. Jadi, makam Belanda ini sudah eksis jauh sebelum Kebun Raya Bogor eksis.

Katanya, sering terlihat penampakan di makam Belanda. Ada penampakan harimau, wanita berambut panjang bergaun putih alias kuntilanak, dan pria berbulu lebat. Sering pula terdengar suara misterius yang mengeluh kesakitan. Idihhhh, mending jauh-jauh dari makam ini, deh, ya.

3. Kolam Gunting

Sumber: https://lutfifauziah.wordpress.com/2017/03/04/tamasya-ke-kebun-raya-bogor/kolam-gunting-kebun-raya-bogor/

Tahu, kan, bahwa di Kebun Raya Bogor terdapat istana Presiden RI? Nah, nggak jauh dari istana itu, ada sebuah kolam bernama Kolam Gunting.  Kolamnya cantik, apalagi dengan adanya air mancur dan bunga teratai berwarna merah muda, makin cantik!

Tapi, ya gitu, deh, cantik-cantik gitu, ada kisah angker di kolam ini. Apa saja? Pertama, ada penampakan sosok hitam dan besar yang katanya merupakan penjaga kolam. Katanya, sosok ini pernah membuat alat berat yang tengah dioperasikan petugas menjadi nggak berfungsi.

Ada juga penampakan noni Belanda yang katanya adalah Lady Raffles, istri Thomas Stamford Raffles. Thomas pernah menjabat sebagai gubernur di Indonesia sebelum kemerdekaan. Selain itu, ada juga penampakan sosok ular besar yang iseng mengganggu pengunjung. Banyak juga, ya, penampakannya.

4. Makam Ratu Galuh Mangkualam

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/88438/empat-makam-bersejarah-di-tengah-kebun-raya-bogor (by Fathoni/NU Online)

Banyak pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor khusus untuk berziarah ke makam Ratu Galuh Mangkualam. Mereka percaya, doa yang mereka panjatkan di depan makam Ratu Galuh Mangkualam akan terkabul.

Makam Ratu Galuh Mangkualam ditemukan ratusan tahun lalu bersama ketiga makam lainnya. Ada ornamen emas di makam ini. Hal angker yang katanya ada di sekitar makam adalah penampakan sosok harimau putih dan sosok sang ratu dalam balutan kebaya.

Komentar