25.Jun.2015

Haiku Stairs, Ilegal Tapi Populer


Ada banyak tempat wisata menarik di seluruh dunia ini. Tapi beberapa di antaranya ternyata ilegal untuk dikunjungi. Haiku Stairs di Hawaii adalah salah satunya, Aladiners. Kebanyakan orang menyebut tempat ini dengan nama Stairway to Heaven (Tangga ke Surga), tapi nama resminya adalah Haiku Stairs. Nah, Haiku Stairs ini pada era Perang Dunia ke-2 digunakan sebagai akses untuk menuju antena di salah satu puncak pegunungan Koolau saat tentara AS ingin menghubungi pasukan kelautan mereka.

0
0
0

Haiku Stairs

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata paling populer se-Hawaii lho, Aladiners. Pemandangan super cantik dari Kaneohe, mulai dari perkotaan, pegunungan di sebelahnya, sampai garis pantai hingga laut yang kelihatan tak berbatas bisa kamu lihat dari atas puncaknya. Tapi, untuk mencapai puncak, kamu harus melewati 3.922 anak tangga yang di beberapa tempat curamnya bisa tiba-tiba bikin kamu takut ketinggian!

The stairs begin in the lush valley of Kaneohe Forest under the

Bukan cuma rasa takut ketinggian yang harus kamu lawan kalau mau berkunjung ke Haiku Stairs. Tempat ini aslinya secara resmi sudah ditutup oleh pemerintah di tahun 1987. Dengan kata lain, Haiku Stairs ini ilegal untuk didaki. Selain karena dilarang untuk dikunjungi, ribuan anak tangga besi yang ada juga tidak pernah lagi direnovasi dari tahun 2003. Jadi, siap-siap untuk bertaruh nyawa atau ketahuan polisi yang berjaga di sini. Bisa-bisa kamu ditangkap dan dikenakan denda selangit!

Haiku Stairs 4

Sebenarnya sih ada satu cara di mana kamu bisa diperbolehkan untuk mendaki Haiku Stairs secara legal. Tapi syaratnya, kamu harus menandatangani surat perjanjian bahwa pemerintah setempat tidak bertanggung jawab kalau terjadi hal buruk yang tidak diduga, dan kamu juga diharuskan memiliki asuransi dengan nilai minimal USD1 juta! Walaupun ilegal dan syaratnya susah, tapi tempat ini masih sangat populer di kalangan turis, lho. Apa lagi kalau bukan karena pemandangannya yang luar biasa cantik?

Haiku Stairs 3

Namun sayangnya pada Februari yang lalu, Hawaii diterpa badai yang kemudian menyebabkan Haiku Stairs rusak berat. Setelah hampir 30 tahun, akhirnya tempat ini benar-benar hilang dan tidak bisa digunakan lagi, secara ilegal maupun legal. Sedih ya, Aladiners. Tapi mungkin suatu saat ada lembaga atau organisasi yang dengan baik hati membangun kembali Haiku Stairs. Mudah-mudahan, ya!

Haiku Stairs 2

Komentar