Goyang Lidah di 8 Restoran Halal Terbaik di Melbourne


Yang namanya traveling, bukan cuma jelajah tempat, tapi juga jelajah rasa. Tapi terkadang sebagai seorang Muslim, suka terbentur masalah makanan yang gak 100% halal. Apalagi kalau perginya ke negara-negara yang mayoritas warganya bukan Muslim. Nah, daripada kamu ragu atau malah salah konsumsi, nih, Mister kasih rekomendasi tempat-tempat makan halal yang bisa kamu datengin kalau lagi liburan di Melbourne.

0
0
0

1. Warung Gudeg Jogja

280 Clayton Road, Melbourne 3168

Sumber foto: www.radioaustralia.net.au

Sebagai orang Indonesia, sering kali makanan bule kurang cocok sama lidah kita. Apalagi kalau gak ada nasi. Nah, restoran satu ini 100% Indonesianya, deh! Mulai dari rasa sampai bentuk (kecuali harga kayaknya), kita banget. Bukan cuma paket nasi gudeg komplit yang bisa kamu pesen di sini. Ada juga lontong sate ayam, iga bakar, paket nasi sayur asem, nasi uduk, ayam kalasan, bakso, nasi liwet, ketoprak, dan masih banyak lagi. Waduh, komplit banget ini!

2. Salero Kito

Shop 18 Tivoli Arcade, 235 Bourke Street, Melbourne 3000

Sumber foto: ahmayantihelmiyanuariadi.blogspot.com

Abis dari Jogja, kita lari ke Padang. Eits, tapi masih di Melbourne, ya. Restoran yang namanya Minang banget ini tidak lain tidak bukan menyajikan makanan khas Padang. Salero Kito ini ternyata restoran padang pertama di Melbourne yang punya makanan otentik, lho. Kalau restoran lain mungkin rasanya udah disesuaikan sama selera bule, di Salero Kito makanannya dijamin sama kayak restoran Padang pada umumnya di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau banget menurut standar Australia, kamu bisa makan kenyang dengan porsi super gede di sini.

3. Red Spice Road

27 McKillop Street, Melbourne 3000

Sumber foto: redspiceroad.com

Cari tempat makan yang lebih berkelas, tapi menunya masih gak jauh dari selera tanah air? Red Spice Road ini menawarkan makanan-makanan khas Asia Tenggara yang masih cocok sama lidah kita. Mulai dari menu masakan Thailand, Malaysia, China, Vietnam, hingga Indonesia bisa kamu dapetin di sini. Walaupun Red Spice Road juga nawarin minuman beralkohol dan beberapa menu babi, tapi semua menu daging-dagingan yang lain dijamin 100% halal, kok.

4. Maha

21 Bond Street, Melbourne 3000

Sumber foto: maharestaurant.com.au

Ini, nih, restoran halal yang wajib banget kamu datengin kalau lagi ada di Melbourne! Menawarkan menu-menu masakan khas Timur Tengah, Maha didirikan sama seorang chef yang udah menangin banyak banget penghargaan. Shane Delia namanya. Walaupun kamu harus ngeluarin budget lebih buat makan di restoran fine dining ini, tapi dijamin kamu gak bakalan nyesel. Semua makanan yang ada di sini enak-enak banget! Udah gitu menunya beda-beda tiap jam makan siang dan makan malam. Terus ada menu vegetariannya juga, lho.

5. Moroccan Soup Bar

183 St. Georges Road, Fitzroy North, Melbourne 3068

Sumber foto: vegtravelguide.com

Ngomongin soal tempat makan halal, paling aman emang kalau kamu datengin restoran yang menu makanannya vegetarian. Eh, jangan ilfeel dulu! Walapun menu makanannya vegetarian, tapi soal rasa, Moroccan Soup Bar super abis, deh! Konsep Maroko gak cuma bisa kamu temuin di makanannya aja, tapi juga di dekorasi dan suasana restorannya. Dengan menu yang parah gedenya, perut kamu tetep bakal kenyang walaupun makanannya dibagi rame-rame. Kalau udah puas makan dan pengen nyoba sendiri di rumah, bisa juga, lho. Soalnya restoran ini juga ngejual buku resepnya.

6. Oneworld Knox

Shop 2223, Knox Ozone, 425 Burwood Hwy, Wantirna South, Melbourne 3152

Sumber foto: www.goodfood.com.au

Kalau kamu pengen nyari restoran halal yang nawarin menu makanan lengkap, Oneworld Knox ini jawabannya. Semua daging-dagingan yang ada di sini dijamin halal. Mulai dari ayam, domba, daging sapi, kambing, bahkan makanan laut semuanya tersedia di Oneworld Knox. Menunya pun ada banyak banget! Ada yang buat makan siang dan makan malam, sarapan, dessert, vegetarian, gluten free, bahkan hingga no onion/garlic. Lengkap abis, kan?

7. Abla’s

109 Elgin Street, Carlton, Melbourne 3053

Sumber foto: www.ablas.com.au

Makanan Indonesia udah, Maroko udah, Timur Tengah udah... sekarang cobain masakan Lebanon, yuk! Abla’s udah terkenal banget sama warga Melbourne. Gimana enggak, restoran ini udah berdiri lebih dari 35 tahun! Dengan harga yang lumayan terjangkau, ada banyak banget makanan khas Lebanon yang bisa kamu icip di sini, kayak Falafel, Shish ta Wouk, Kibbee, Ma’hshi Koussa, hingga makanan-makanan manis kayak Baklava, Mahlabiyeh, dan Halawa. Slurp!

8. Mama Rumaan

Shed 9, 151 Harbour Esplanade, Docklands, Melbourne 3008

Sumber foto: www.melbournecb.com.au

Satu lagi, nih, restoran masakan Timur Tengah yang harus banget kamu datengin di Melbourne. Beda sama restoran-restoran lainnya, Mama Rumaan nawarin makanan khas Timur Tengah with a modern twist. Ribs, Grilled King Prawn, Lamb Kibbeh, Okra, Tabouli, Falafel Burger, sampai Qouzi (slow cooked lamb shoulder, pomegranate, traditional herbs and spices, wheat, chickpeas) dijamin bikin lidah kamu bergoyang keenakan! Soal harga gak perlu khawatir, terjangkau banget, kok.

Komentar

Tinggalkan Komentar: