Goa-Hawang-di-Maluku
22.Feb.2019

Gua Hawang di Maluku yang Warbiyasa Cantik dan Jernih Airnya


Gua Hawang di Maluku merupakan salah satu destinasi wisata mengagumkan yang terletak di Pulau Kei Kecil, tepatnya di Desa Letvuan, sekitar 15 kilometer dari Tual, ibu kota Maluku Tenggara. Gua ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi, tapi memiliki mitos menarik di belakangnya yang akan membuat perjalanan kamu semakin menarik.

0
0
0

Meski lokasinya terpencil, siapa pun yang mengunjungi Gua Hawang di Maluku ini dijamin akan tersihir oleh kecantikan alamnya. Kenapa namanya Gua Hawang? Soalnya, Hawang kalo diartikan ke bahasa Indonesia berarti arwah. Sebagian besar warga Kepulaian Kei, Maluku percaya jika Gua Hawang didiami oleh banyak hantu.

Cerita Unik di Balik Gua Hawang di Maluku yang Konon Menyimpan Banyak Misteri

Goa Hawang di Maluku

Sumber foto: http://www.keicares.com/goa-hawang/

Sebelum kamu menceburkan diri ke dalam kolam segar di Gua Hawang, ada baiknya kamu menyimak dulu kisah unik di balik tempat ini. Katanya, di dalam Gua Hawang terdapat batu yang melambangkan seorang pemburu pria yang memegang tombak dan dua ekor anjing.

Menurut cerita yang beredar, pria tersebut pergi berburu babi hutan bersama dua ekor anjing. Babi hutan yang diincar mendadak hilang saat memasuki gua. Lelah mengejar babi hutan, si pria sempat minum air gua yang ternyata sangat pahit. Ia pun marah dan kecewa, lalu bersumpah serapah di dalam gua ini. Akibatnya ia dan kedua anjingnya dikutuk menjadi batu.

Kolam Alami di Gua Hawang yang Cantik dan Jernih Memesona

Goa Hawang di Maluku

Sumber foto: https://www.youtube.com/watch?v=uyKTiruQhKc

Nggak ada yang tahu pasti kapan gua ini ditemukan. Menurut penduduk setempat, gua ini ditemukan oleh para tetua di Kepulauan Kei sudah sejak lama. Gua ini sebenarnya terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei.

Awalnya, Gua Hawang sempat dianggap angker oleh warga setempat. Tapi, seiring berjalannya waktu dan kepercayaan yang terbentuk, gua ini kini justru dianggap sebagai tempat suci yang dipakai untuk bertapa atau bersemedi.

Bahkan, para ibu meyakini kalau perempuan yang mendambakan buah hati harus masuk ke dalam Gua Hawang agar bisa memiliki anak. Nggak cuma itu, air alami yang cantik dan jernih di gua ini dipercaya bisa membuat awet muda dan enteng jodoh. Nggak heran, banyak orang mendatangi gua ini dengan berbagai tujuan dan keyakinan.

Goa-Hawang-di-Maluku

Sumber foto: https://www.instagram.com/valerianuriani/

Terlepas dari benar dan nggaknya mitos tersebut, Gua Hawang tetap menarik untuk dikunjungi. Airnya yang jernih, berwarna biru, segar, dan dingin menjadi daya tarik gua ini. Kamu bisa merasakan sensasi alamnya dengan berenang dan diving. Saat laut pasang, air di gua ini bisa naik hingga ketinggian 3 meter. Oleh karena itu, buat yang gak bisa berenang disarankan untuk berhati-hati dan berdiam di pinggir kolam aja.

Goa Hawang di Maluku

Sumber foto: https://janechristin21.blogspot.com/2017/10/heaven-on-earth-kei-islands-maluku.html

Untuk mencapai gua yang indah ini, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup membayar tarif masuk mobilnya saja. Bagi warga luar kota, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Bandara Pattimura, Ambon menuju Bandara Karel Satsuitubun, Langgur, Maluku Tenggara. Jarak Bandara Karel Satsuitubun ke Gua Hawang ialah sejauh 15 kilometer.

Nah, gimana? Tertarik untuk berwisata ke Gua Hawang? Yuk, langsung pesan tiket pesawatnya dan hotel murah di Ambon lewat Mister Aladin! Selamat berlibur!

Komentar