13.Aug.2020

Gelar Pawai Jampana Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan di Kota Bandung


Perayaan hari kemerdekaan umumnya memang dirayakan dengan sangat meriah mulai dari kota-kota besar hingga daerah-daerah terpencil. Semua lapisan masyarakat turut berbahagia dalam menyambut perayaan hari kemerdekaan. Meski tahun ini perayaan kemerdekaan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bukan berarti semangat nasionalisme kita harus surut ya. Nah, kali ini Mister mau kasih tahu salah satu tradisi masyarakat Bandung dalam menyambut perayaan kemerdekaan. 

0
0
0

 

Kelurahan Babakan Pasar: Helaran HJB 353

Sumber gambar: http://babakan-pasar.blogspot.com/2017/07/helaran-hjb-353.html

Tiap daerah tentunya memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan kemerdekaan. Kalau kamu biasanya merayakan dengan mengikuti berbagai macam perlombaan, di daerah lain mungkin punya cara yang berbeda. Salah satunya adalah menggelar acara syukuran. Nah, di Bandung ada, lho tradisi syukuran dalam menyambut perayaan kemerdekaan. Namanya tradisi Pawai Jampana.

Pawai Jampana ini sudah dilaksanakan secara turun temurun sejak dulu. Tradisi ini merupakan perwujudan rasa syukur terhadap hasil panen masyarakat sekaligus untuk menyambut momen bersejarah bagi Indonesia, yakni hari kemerdekaan. Biasanya akan dilaksanakan berbarengan pada perayaan hari jadi Kota Bandung.

 

Pawai Rakyat HUT Kota Bandung - Photo's Speak

Sumber gambar: http://photosspeak.net/photo_single/pawai-rakyat-hut-kota-bandung/

Dalam pelaksanaannya, masyarakat akan berbondong-bondong membawa tandu besar berisi berbagai jenis makanan dan hasil bumi. Tandu-tandu besar itu akan diangkut oleh 4 orang atau lebih, tergantung ukuran dari tandu itu sendiri. Mulai dari tandu kecil hingga yang besar, jumlahnya bisa lebih dari 60 tandu sekaligus dalam sekali pawai. Rombongan pengangkut tandu itu akan berjalan secara bersama-sama menuju satu tempat yang telah ditentukan. Selain membawa tandu, beberapa orang juga bertugas untuk mengiringi jalannya pawai dengan bermain musik. Tentunya musik tradisional sunda akan menjadi soundtrack dalam Pawai Jampana ini.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/don_fatbozz/

Saat sampai di tempat yang telah ditentukan, makanan dan hasil bumi yang diangkut akan diperebutkan oleh masyarakat yang telah menunggu. Ada berbagai macam jenis makanan, mulai dari yang siap makan hingga bahan hasil bumi akan habis dalam sekejap. Sementara sajian nasi tumpeng yang dibawa biasanya akan dipisahkan dan dimakan secara bersamaan oleh peserta pawai.

Pawai Jampana ini masih dilakukan hingga saat ini oleh masyarakat Bandung. Mereka menganggap bahwa ini adalah bentuk rasa syukur sekaligus melestarikan budaya yang sudah diwariskan kepada mereka. Keren ya? Kalau Bandung aja punya tradisi, daerah kamu punya tradisi apa nih kalau menyambut hari kemerdekaan?

Komentar