20.Feb.2018

Gak Perlu Jual Rumah! Ini 10 Hal yang Bisa Kamu Lakuin GRATIS di Swiss


"Hah, mau ke Swiss? Abis jual rumah lo!"

0
0
0

Eits, jangan salah! Kamu gak harus sekaya Raffi Ahmad buat liburan ke negara super mahal kayak Swiss. Gak perlu gelar tiker buat tidur pinggir jalan juga, kok. Kamu cukup unfollow akun IG-nya Syahrini biar gak ngidam yang mevvah-mevvah. Hehehe becanda, deng. Salah satu cara andelan Mister buat menekan budget adalah dengan ngelakuin aktivitas dan mampir ke tempat-tempat yang gratis. Kayak di bawah ini, nih!

1. Sewa sepeda

Sumber foto: pickywallpapers.com

Kalau dateng ke kota-kota kayak Zurich, Bern, Zug, atau Jenewa, kamu bisa banget menghemat biaya transportasi dengan naik sepeda. Selain lebih sehat, kamu juga bisa lebih nikmatin pemandangan di sekitar. GRATIS pula! Kamu cuma perlu bawa paspor dan uang deposit sebesar CHF 20 (sekitar Rp 285.000) yang bakal di-refund setelah kamu balikin sepedanya.

2. Munot Fortress

Sumber foto: pixabay.com

Benteng satu ini adalah landmark paling terkenal dari kawasan Schaffhausen di Swiss. Benteng yang berlokasi di atas bukit ini nawarin pemandangan yang luar biasa cakep dari Sungai Rhine di bawahnya. Walaupun udah berdiri sejak 1589, Munot Fortress bentuknya masih utuh dan cantik dengan bata-batanya yang dicat putih.

3. Harder Klum

Sumber foto: www.jungfrau.ch

Berada di ketinggian 1.322 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang bisa kamu liat di Harder Klum lumayan bikin tobat. Tobat karena tingginya naudjubilah dan pemandangannya yang cakep tujuh turunan. Dari atas sini, kamu bisa liat 3 gunung sekaligus: Eiger, Monch, dan Jungfrau. Tersedia kereta kabel buat naik ke Harder Klum dengan biaya CHF 15 (sekitar Rp214.000) untuk bolak-balik. Tapi kalau kamu suka hiking atau gak pengen ngeluarin biaya segitu besar, bisa juga kok ngedaki selama 1.5 jam ke atas sini. Gratis!

4. Cathedral-hopping

Sumber foto: thestar.com

Di negara yang apa-apa serba mahal, ternyata Swiss punya tempat-tempat seru yang bisa kamu datengin tanpa ngeluarin biaya sepeser pun. Kalau di beberapa negara lainnya kamu harus bayar buat ngeliat kerennya katedral-katedral mereka, di Swiss kamu bisa nyelonong masuk aja gitu tanpa mikir "duh, nanti makan malem ngerebus daun aja kali, ya?". Beberapa katedral terkeren di negara ini yang Mister rekomendasiin di antaranya adalah GrossmA?nster di Zurich, Basel MA?nster, Bern Cathedral, dan Loreto Chapel di Fribourg.

5. Transportasi gratis

Sumber foto: www.ft.com

Selain nyewa sepeda gratis, ada beberapa keuntungan lainnya dari segi transportasi yang bisa kamu dapetin kalau mampir beberapa hari khusus di Jenewa, Swiss. Yang pertama adalah airport transfer dari bandara. Setelah klaim bagasi, jangan lupa buat cari mesin yang bertuliskan "free ticket" dekat pintu keluar. Tiket inilah yang bisa kamu pakai buat naik kendaraan apa pun (kereta, bus, dan tram) secara gratis selama 80 menit. Belum selesai, nih, Aladiners. Pas udah nyampe penginapan, kamu bakal dikasih lagi Geneva Transport Card yang bisa dipakai untuk naik semua moda transportasi termasuk kapal selama durasi kamu menginap. Ini berlaku buat semua penginapan, lho, baik hotel, hostel, sampai tempat berkemah!

6. Selfie-an di water fountain

Sumber foto: www.bern.com

Di seluruh penjuru Swiss mulai dari pusat kota hingga pengkolan paling terisolasi, kamu pasti bisa nemuin water fountain (pancuran air minum). Uniknya, semua water fountain di negara ini airnya diambir langsung dari Pegunungan Alpen. Selain jernih dan segar, kamu gak perlu takut sama kebersihannya. Kalau dibanding-banding, mungkin masih bersihan air di sini daripada air botol mineral yang dijual di Indonesia. Bentuknya macem-macem dan punya nilai sejarah. Coba aja bayangin, beberapa water fountain ini usianya udah ratusan tahun, lho. Salah satunya adalah Fischmarktbrunnen di Basel yang udah beroperasi sejak tahun 1390!

7. Lake Zurich

Sumber foto: www.itinari.com

Ada banyak alasan kenapa danau satu ini jadi atraksi wajib buat para wisatawan di Zurich. Kalau kamu pikir danau ini gak ada menariknya karena cuma ngasih pemandangan air doang, kamu salah besar! Mayoritas tempat wisata paling terkenal di Zurich lokasinya ada di pinggir danau ini, kayak Swiss National Museum, FraumA?nster, Lindenhoff Hill, hingga Bahnhofstrasse yang terkenal sebagai jalan termahal se-Eropa. Danau ini juga dikelilingi sama kafe-kafe cantik dan restoran-restoran outdoor yang nawarin pemandangan Lake Zurich lengkap dengan Pegunungan Alpen di sekitarnya. Hati-hati lupa pulang!

8. Ikutan tur gratis

Sumber foto: www.freewalk.ch

Hampir di seluruh kota besar di Swiss kamu bisa ikutan walking tour gratis buat para wisatawan. Contohnya tur gratis di Interlaken yang bakal ngajak kamu keliling jalan kaki buat ngeliat tempat-tempat bersejarah unik yang cuma diketahui sama warga setempat. Ada juga yang namanya Brunnenweg (fountain trail) yang akan ngajarin kamu sejarah dan arti pentingnya air dalam kehidupan manusia, sambil berkeliling liat water fountain paling unik dan terkenal.

9. Lange Erlen Animal Park

Sumber foto: www.cassidy-arch.ch

Di Basel ada kebun binatang yang bisa kamu datengin secara gratis. Selain terkenal di kalangan wisatawan (iyalah, gratis!), kebun binatang yang udah dibuka dari tahun 1871 ini juga jadi tempat wisata favorit warga lokal buat refreshing bareng keluarga. Ada beragam jenis hewan yang bisa kamu liat di sini, kayak lynx, kucing liar, babi hutan, hingga hewan-hewan ternak seperti keledai, kuda poni, kambing, dan domba. Ada banyak burung-burungan juga, lho, mulai dari merak, angsa, bangau, hingga bebek. Selain Lange Erlen Animal Park, ada beberapa kebun binatang gratis lainnya di Swiss: Langenberg Wildlife Park di Zurich, dan Tierpark di Bern.

10. Mampir ke museum

Sumber foto: travel-assets.com

Walaupun sebagian besar museum di Swiss berbayar, tapi ada banyak juga, lho, museum yang bisa kamu datengin tanpa ngeluarin duit, terutama di Jenewa. Beberapa di antaranya adalah Museum of History of Science, Institut et Musee Voltaire buat kamu para penggemar buku-buku Voltaire, Ariana Museum, Natural History Museum, dan Maison Travel dengan benda-benda bersejarah yang menggambarkan kehidupan warga Jenewa dari abad ke-16 hingga 19. Ada juga Money Museum dan Zoological Museum yang bisa kamu kunjungi gratis sepanjang tahun di Zurich.

Komentar