21.Jan.2020

Dijamin Seru! Inilah 6 Tempat di Jakarta untuk Merayakan Imlek


Imlek udah di depan mata nih~~ Buat yang merayakan Imlek, pasti udah punya rentetan jadwal buat kumpul sama keluarga, ya khan? Nah, kalau habis kumpul sama keluarga, makan-makan terus bingung mau ngapain, momen Imlek kali ini juga bisa kamu manfaatkan untuk jalan-jalan.

0
0
0

Nggak perlu jauh-jauh, merayakan Imlek di Jakarta juga nggak kalah seru kok dibandingkan di luar negeri. Lumayan yeesss buat nambahin kegiatan kamu daripada gabut waktu liburan, hehe. Oke, kalo gitu, Nih, Mister kasih rekomendasi tempat di Jakarta untuk merayakan Imlek biar makin seru dan memorable.

1. Petak Sembilan

Sumber foto: https://pesona.travel/keajaiban/606/menikmati-ragam-kuliner-legendaris-di-petak-sembilan

Dari berbagai kawasan tempat di Jakarta, Petak Sembilan pasti udah nggak asing lagi. Tempat ini merupakan tempat yang bisa dikategorikan memiliki nuansa tradisional negeri China yang super kental. Kawasan pecinaan Petak Sembilan juga jadi saksi bisu perkembangan budaya Tionghoa di Jakarta. Itulah alasan kenapa kawasan Petak Sembilan selalu ramai dipadati masyarakat luas saat Tahun Baru Imlek.

Tahun Baru Imlek di Petak Sembilan bisa dikatakan sebagai yang paling sakral dan meriah di Ibu Kota. Di kawasan Petak Sembilan terdapat bangunan Vihara, pertokoan, hingga ruko. Selain itu ada pernak-pernik kebutuhan Imlek yang bisa dibeli, seperti angpao atau lampion. Pengunjung juga bisa mencicipi sekaligus membeli makanan khas Imlek yang ada di sana.

2. Klenteng Kim Tek Le

Sumber foto: https://heikaku.com/tempat/klenteng-jin-de-yuan-di-jakarta-barat-116

Klenteng Kim Tek Le atau Wihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat ini merupakan klenteng tertua di Jakarta, lho. Klenteng Kim Tek Le juga dikenal dengan Klenteng Jin De Yuan dan telah ada sejak tahun 1650 sebelum perang dunia II. Selain menjadi klenteng dengan bangunan kuno, klenteng Kim Tek Le juga jadi pusatnya orang Tionghoa untuk ibadah hingga saat ini.

Klenteng ini memiliki tempat yang sangat indah, bangunannya didominasi dengan warna emas dan merah, selar pilar gerbang tinggi dan besar dengan warna menyala terang. Ketika berkunjung, di depan klenteng, pengunjung akan disuguhi pemandangan sepasang singa atau bao gu shi. Mereka ini dianggap sebagai penunggu klenteng dari abad ke-18 yang berasal dari Provinsi Kwangtung, Tiongkok Selatan.

3. Klenteng Boen San Bio

Sumber foto: https://sportourism.id/adventure-travel/kisah-perahu-rusak-dan-berdirinya-klenteng-boen-tek-bio

Biar imlekmu semakin meriah, coba datang ke Klenteng Boen San Bio yang terletak di daerah Karawaci yang dapat ditempuh dengan KRL dari Jakarta. Klenteng ini termasuk megah di daerah jalan Pasar Baru, Tangerang. Klenteng ini juga memang dipergunakan sebagai tempat beribadah bagi penganut agama Kong Hu Cu, Tao dan Buddha.

Klenteng Boen San Bio sangat kental dengan budaya dan kultur Tiongkok. Di tempat ini pengunjung akan menikmati nilai historis pada tekstur dan arsitektur bangunan yang sudah cukup lama berdiri. Saat perayaan Imlek klenteng Boen San Bio akan semakin meriah oleh pedagang-pedagang kuliner yang bisa dijajal oleh pengunjung.

4. Pantjoran Tea House

Sumber foto: https://www.nowjakarta.co.id/dining/dine/reviving-old-town-charm-at-pantjoran-tea-house

Libur Imlek ingin menikmati teh bareng keluarga atau teman? Kalian harus coba berkunjung ke Pantjoran Tea House! Tempat nge-teh ini merupakan salah satu bangunan tertua dan paling terkenal yang ada di wilayah Glodok atau Pecinan Jakarta. Ini adalah kafe unik yang dulunya toko obat tradisional zaman old. Namanya adalah Chung Hwa, yang udah ada sejak zaman Batavia pada tahun 1928.

Kafe ini terdiri dari dua lantai, dengan jumlah kursi yang nggak begitu banyak. Aksennya udah pasti bernuansa China namun ada sentuhan Belanda sedikit. Bangunannya masih punya kesan klasik ketika awal memasuki Pantjoran Tea House. Banyak beragam teh yang disuguhkan, tapi berbagai macam kuliner asal China juga bisa pengunjung nikmati, apalagi untuk menambah keseruan perayaan Tahun Baru Imlek.

5. Kuliner di Pecenongan

Sumber foto: https://manual.co.id/article/martabak-pecenongan-65a/

Ingin berburu kuliner Chinese food? Berkunjung ke Pecenongan, aja! Kawasan Pecenongan memang dikenal terkenal banget sebagai surga makanan lezat bagi pecinta kuliner, khususnya ragam masakan khas China yang cocok untuk memeriahkan Imlek. Berbagai jajanan berjejer di sepanjang jalan, pengunjung bisa menikmati makanan khas China demi memeriahkan suasana Imlek. Deretan restoran yang menjual masakan Chinese food bisa kamu jumpai dengan mudah. Oh, ya, setelah puas menyantap kuliner khas China, jangan lupa ya, cicipi juga martabak Pecenongan yang terkenal enak dan sekaligus jadi ikon kawasan kuliner Pecenongan. Enak banget, deh, untuk disantap bareng keluarga.

6. Taman Impian Jaya Ancol

Sumber foto: dn0-production-images-kly.akamaized.net/

Ancol memang selalu jadi tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin berlibur, termasuk libur perayaan Imlek. Saat Imlek, ada berbagai hiburan yang bisa kita nikmati, mulai dari barongsai, tari lampion, hingga pertunjukan seni lainnya. Yup, Ancol selalu menghadirkan tema-tema baru serta unik yang pastinya nggak akan pernah membuat pengunjung bosan untuk berkunjung. Jadi, buat kamu yang belum berencana ke mana-mana, Taman Impian Jaya Ancol bisa jadi destinasi tepat dikunjungi saat Tahun Baru Imlek.

 

Komentar