Kuliner Khas Bali
28.Aug.2019

Dijamin Ketagihan! Kuliner Khas Bali Ini Paling Nikmat Disantap Pagi Hari


Rasanya kurang afdol kalo liburan ke Bali nggak icip-icip kuliner khas-nya yang selalu sukses bikin ngiler. Yup! Gak cuma kaya tempat wisatanya aja, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezatos.

0
0
0

Kuliner khas Bali ini punya daya tarik tersendiri bagi para food traveler, karena selalu diracik dengan bumbu dan rempah-rempah yang kuat dan pedas. Kebanyakan wisatawan lokal cuma kenal sama beberapa jenis kuliner khas Bali, seperti Nasi Babi dan Ayam Betutu aja. Tapi jangan salah, kata siapa Bali terkenal sasma Nasi Babi-nya doang? Bali itu punya banyak kuliner khas yang nggak kalah lezat, salah satunya yaitu Nasi Tepeng.

Kuliner Khas Bali; Nasi Tepeng

Kuliner Khas Bali

Sumber foto: http://balikami.com/gurihnya-nasi-tepeng-khas-gianyar

Nasi Tepeng adalah kuliner khas Bali dari Gianyar yang di sajikan agak lembek kayak bubur. Meski lembek, lauk pauk yang dicampur dengan nasi beserta rempah khas Bali membuat nasi ini jadi lebih gurih dan pedas. Nasi Tepeng ini terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, hingga kelapa parut juga beberapa sayuran yang melengkapi Nasi Tepeng ini.  Nah, kalo lauk pauknya ada telur dan suwiran ayam goreng.

Biar makin lezat, bumbu rempah khas Bali ini disiramkan ke atas beserta lauk-lauk tersebut. Racikan bumbu rempah-rempah khas Bali yang disiram di atas Tepeng inilah yang jadi daya tarik utama kuliner ini. Nggak heran rasa pedasnya itu terasa pecah di mulut. Dijamin bikin siapa aja yang coba jadi ketagihan! Mister ampe nggak berhenti ngeces ada kuliner kayak beginian di Gianyar.

Kuliner Khas Bali

Sumber foto: https://jatim.tribunnews.com/2018/03/17/6-kuliner-khas-bali-yang-disajikan-saat-hari-raya-nyepi-ada-cerorot-sampai-nasi-tepeng?page=2

Kuliner khas Bali ini biasanya dinikmati orang-orang pas pagi hari. Apalagi, nasi ini punya tekstur kayak bubur. Nasi Tepeng ini agak mirip Nasi Uduk yang biasa dijumpai dengan mudah dan juga sama-sama menu sarapan. Kemiripannya itu, karena keduanya punya cita rasa yang gurih. Rasa gurihnya ini didapat karena Nasi Tepeng juga menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Berasnya pun direbus bersama santan yang kemudian dicampur dengan bumbu kayak kunyit, daun salam, juga garam. Jadi sebelum beraktivitas, Nasi Tepeng dulu-lah..

Kuliner Khas Bali

Sumber foto: https://www.putrama.co.id/tempat-makan-kaki-lima-bali/

Oh ya, satu porsi Nasi Tepeng ini harganya itu cuma 10 ribu doang udah kenyang, lho. Murah meriah banget kan! Apalagi ditemani pemandangan Kota Gianyar di pagi hari. Pas banget deh bikin mood jadi makin semangat. Nikmatin Nasi Tepeng hingga sendok terakhir ya, setelah makan jangan lupa dibungkus, kali aja masih laper. Hehe.

Komentar