28.Jan.2020

Dijamin Enjoy, Ini 5 Tips Aman Traveling ke China Agar Terhindar Virus Corona


Virus corona baru-baru ini lagi jadi perbincangan dunia. Semua berita, mau TV, radio, atau sosial media pada ngebahas virus satu ini. Usut punya usut, virus berbahaya ini ternyata berasal dari Kota Wuhan, China. Nah, yang bikin ngeri, virus berbahaya ini ternyata udah menyebar ke berbagai negara dan udah ratusan nyawa melayang gara-gara terinfeksi virus tersebut. Duh, Mister jadi ikutan panik, nih.

0
0
0

Masyarakat Indonesia juga dihimbau agar tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang sudah terjangkit virus, khususnya ke China. Terus gimana kalo tiba-tiba kamu terpaksa harus mengunjungi kota Tiongkok? Atau lagi pengin traveling ke China selain Wuhan? Mister saranin sih, kamu tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh agar terhindar dari risiko virus corona ini.

Nah, biar makin enjoy, kalo kamu mau traveling ke China selain kota Wuhan, berikut beberapa tips aman traveling ke China agar terhindar virus corona.

1. Konsultasi ke Dokter Terlebih Dahulu

Sumber foto: https://today.mims.com/what-doctors-must-never-say-to-patients

Penting dan jangan disepelekan sebelum traveling ke negara yang terinfeksi virus corona yaitu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Ada baiknya, konsultasi ini dilakukan 4-8 minggu sebelum perjalanan dilakukan, terutama kalau kamu hendak menetap berminggu-minggu di daerah tujuan.

Tapi, karena ada juga orang yang superduper sibuk dan gak sempet konsultasi, masih bisa kok konsultasi di menit-menit terakhir saat mau berangkat ke Cina. Konsultasi ini pastinya bikin kamu lebih paham mengenai virus corona. Selain itu, dokter juga bisa menentukan jenis vaksin dan obat-obatan apa aja yang dibutuhkan tubuhmu.

2. Jangan Lupa Pakai Masker

Sumber foto: http://www.rfi.fr/en/france/20200125-paris-airport-prepare-medical-screening-flights-china-coronavirus-spreads

Nah, ini juga kayak sepele tapi gak boleh dilupain, lho. Penggunaan masker setiap pergi ke luar ruangan termasuk salah satu tips aman terhindar dari virus corona. Cara ini cukup membantu karena penyebaran virus corona ini mirip dengan virus flu. Virus bisa menyebar di udara melalui tetesan saat orang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Oh, ya, gunakan masker saat berada di pesawat juga, ya!

3. Jangan Nekat Datang ke Tempat Hidup Satwa Liar

Sumber foto: https://www.scmp.com/news/china/science/article/3047114/coronavirus-weaker-sars-may-share-link-bats-chinese-scientists

Setelah kamu sampai di China atau negara yang sudah terjangkit virus corona, Mister saranin jangan nekat datang ke tempat hidup satwa liar. Seperti area tempat hewan disembelih, peternakan, pasar hewan hidup atau pasar ikan dan binatang laut. Tapi, kalo emang terpaksa mengunjungi tempat-tempat yang udah Mister sebutin tadi, usahakan untuk menghindari kontak pada binatang secara langsung.

Kalo udah terlanjur kontak binatang secara langsung, upayakan agar tangan yang terkontaminasi nggak menyentuh bagian-bagian vital, yakni mata, hidung, dan mulut. Biar lebih aman lagi saat bepergian, pakai selalu sarung tangan, ya.

4. Jangan Lupa Cuci Tangan!

Sumber foto: https://www.thejakartapost.com/life/2019/06/03/wash-your-hands-after-touching-these-seven-things.html

Jangan sekali-kali meremehkan kekuatan dari mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu untuk mencegah tertular virus corona. Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) menghimbau pencegahan pertahanan terhadap virus corona ini adalah lebih sering mencuci tangan. Jadi, cucilah tangan dengan cara menggosok bagian punggung, telapak, dan sela-sela jari tangan selama minimal 20 detik. Oh, ya, jangan lupa bawa hand sanitizer juga, ya, untuk jaga-jaga kalo kamu nggak punya akses air bersih dan sabun.

5. Istirahat Cukup dan Makan Makanan Bergizi

Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326484.php

Nggak semua orang yang terinfeksi virus corona baru ini meninggal. Ada juga orang yang berhasil sembuh berkat kondisi imunnya dan layanan kesehatan yang baik. Agar imunitas tubuhmu terjaga dan tubuh tetap dalam kondisi prima maka jangan sampai kamu kurang istirahat dan nggak makan makanan bergizi. Karena, jika kamu berpergian dalam keadaan sakit, potensi tubuh dimasuki virus pun semakin besar karena daya tahan tubuh lemah. Jadi, usahakan jaga pola makan dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuhmu kuat.

Nah, kalau udah tahu tips aman traveling ke China agar terhindar dari virus corona ini, pasti jalan-jalanmu bakalan enjoy, ya, kan? Waspada boleh, tapi jangan panik dan terapkan tips dari Mister di atas, ya!

Komentar