Di Ikaria, Umur 80 Tahun Dianggap Anak Muda! Apa Alasannya?


Ikaria? Di mana, tuh?

0
0
0

Buat kamu yang belum tahu, kepulauan ini bisa dicapai dari Athena, Yunani, dengan 9 jam naik kapal feri. Di pulau ini, sepertiga populasinya berusia lebih dari 90 tahun, lho! Makanya, gak heran kalau Ikaria dinobatin jadi salah satu tempat yang penduduknya paling panjang umur, barengan sama Sardinia di Italia, Nicoya di Costa Rica, Okinawa di Jepang, dan Loma Linda di California.

Terus, apa yang jadi rahasia umur panjang penduduk Ikaria? Makan sehat dan olahraga memang penting, tapi bagi mereka, kunci utamanya adalah passion dan jauh-jauh dari stress. Dengan kata lain, hidup dibawa santai tapi pasti aja, braaay!

sumber foto: tr3vel-guide.blogspot.co.id

Banyak penduduk di Ikaria ngelakuin sesuatu yang mereka suka. Ada nenek-nenek yang rajin menenun tiap hari, sampai-sampai dia gak mau nikah lagi setelah suaminya meninggal. Selain itu, kalo ngeliat suasana kotanya, kamu bakalan bisa ngerasain kalau penduduk Ikaria super santai. Toko-toko buka dan tutup di jam sesuka pemiliknya, pembeli tinggal ambil barang yang mereka pengin terus taruh uangnya di meja, dan masih banyak lagi.

sumber foto: ichef.bbci.co.uk

Bukan cuma itu, penduduk Ikaria panjang umur karena ikatan kekeluargaan mereka kuat. Mereka juga rajin ngumpul buat beribadah bareng. Para “anak muda” alias nenek dan kakek di sana juga masih terlibat banget dalam keluarga, mulai dari ngasuh cucu sampai buka bisnis. Prinsip mereka, mendingan sibuk ngelakuin hal yang disuka ketimbang sibuk iri sama kehidupan orang lain. Keren, ya!

Oh ya, ada satu kegiatan unik yang rutin dilakuin di Ikaria, namanya Ikaria Senior Regatta. Acara balap perahu ini ngewajibin kapten perahunya berumur minimal 70 tahun ke atas! Gak tanggung-tanggung, 20 “anak muda” bakal kerja sama dalam satu perahu buat menempuh rute pulau Samos – Ikaria bolak-balik sejauh 22,5 km!

Udah siap nyontek rahasia panjang umurnya orang Ikaria? Inget juga, ya, kata-kata mutiara mereka: “Kalau kamu ngelakuin sesuatu yang bikin diri kamu atau orang lain senang, gimana kamu gak ngerasa sehat dan bahagia?”

Okesip!

Komentar

Tinggalkan Komentar: