04.Jan.2022

Destinasi Wisata Romantis dan Eksotis di Santorini, Yunani


Hai Aladiners. Selamat Tahun Baru, ya! Udah 2022 nih, kira-kira Aladiners udah susun resolusi destinasi wisata belum nih buat di tahun ini? Kalau belum, mungkin destinasi wisata yang Mister mau bahas kali ini bisa Aladiners jadiin referensi liburan nih di tahun ini. Ngomong-ngomong soal pantai dan laut, Indonesia adalah juaranya. Lantas, bagaimana dengan bangunan-bangunan yang berjajar kokoh, elok, dan berparas rapi di atas kaldera dan didominasi warna putih bersih dan biru cerah?  Cuma ada di Santorini, Yunani jawabannya. Santorini atau Thira adalah pulau vulkanik yang berada di antara Pulau Ios dan Anafi, Yunani. Santorini terletak di Kepulauan Cyclades sekitar 200 km dari daratan Yunani. Di pulau ini, sangat terkenal dengan sejarah gunung meletus serta keindahan bangunan putih dan gereja berkubah biru. Bayangkan saja Aladiners berdiri di tengah-tengah bangunan putih yang berada di tebing tersebut. Jiwa rada menyatu dengan alam, sesuatu yang romantis di tempat yang eksotis, bukan?

1
0
0

white and blue painted building

Source: unsplash.com/@dgw_unsplash

Secara resmi, nama dari Santorini di negara Yunani modern adalah Thira, dengan pusat pemerintahan dari Thira adalah Fira. Santorini juga merupakan nama historis dari pulau tersebut yang merujuk dari kata "Saint Irene” (nama Katedral Katolik yang berada di desa Perissa di pulau tersebut). Nama tersebut diberikan oleh penguasa Venetia pada abad ke-13 yang sempat memerintah Santorini.

Destinasi Wisata Favorit di Santorini, Yunani

Source: unsplash.com/@jsteelebear

Fira, Ibukota dengan Segudang Wisata

Menduduki diri sebagai Ibukota, Fira menjadi tempat paling ramai dikunjungi sepanjang masa di destinasi wisata romantis Santorini. Mulai dari bar, kafe, toko, kantor pos, gereja, hingga galeri ada di sini. Selain pemandangannya yang asri, suasana kota ini juga terasa begitu romantis. Fira juga berada di ketinggian 400 meter, tepat di tebing langsung menghadap ke tepian lagoon kaldera yang memanjakan mata. Dominasi bangunan yang bewarna putih ditambah ornament khas Cyclades menjadikan ibukota Santorini ini terkesan mahal, romantis, dan damai.

high angle photo of ocean

Source: unsplash.com/@ronak.mokashi

Kamari Beach, Pantai Romantis bak Puisi Dramatis

Itinenary yang harus dipastikan ada adalah Kamari Beach. Pantai yang Masuk kedalam destinasi wisata romantis Santorini ini terletak sekitar 8,2 kilometer dari Fira, Kamari adalah pantai pasir hitam yang terletak Mesa Vuono. Pantai Kamari dihiasi dengan pepohonan, memiliki pasir hitam, dan air laut yang biru.  Sebenarnya kedua pantai ini dipisahkan oleh Mesa Vuono, sebuah gunung berbatu yang sangat besar.

Source: unsplash.com/@gierschv

Desa Wisata Pygros, Desa Wisata dengan Bangunan Bersejarah yang Memanjakan Mata

Selanjutnya, Mister mau bahas tentang salah satu desa Wisata populer di Santorini. Desa wisata satu ini menyajikan hamparan suasana alami dengan sejuntai sejarah setempat yang asik ditelusuri. Letaknya dekat dengan pusat kota Santorini (8 km dari Fira). Aladiners akan disuguhkan ribuan peninggalan yang berisikan reruntuhan benteng pertahanan kuno yang telah runtuh pada masa lalu. Cahaya dari lilin-lilin romantis bertebaran  di sekitar lingkungan desa ketika Aladiners datang pas Perayaan Trihari Auci (malam Jumat Agung/ minggu sebelum Paskah). Selain itu, yang menarik adalah banyaknya jalan-jalan sempit berliku-liku, tembok berbenteng, dan lorong-lorong tersembunyinya. 

white concrete houses near sea during daytime

Source: unsplash.com/@thomasfugier

Oiasunset, Pesona Senja Penuh Cinta dari Semesta

Belum ke Santorini Namanya kalau belum mengunjungi kota kecil di ujung utara Pulau Santorini ini. Destinasi wisata romantis dulunya akrab disapa Apano Meria. Sama halnya seperti Fira, Aladiners bisa dengan nyaman menikmati berbagai bangunan unik khas Cyclades berwarna putih. Bagi Aladiners yang merupakan pasangan rumah tangga yang sedang berburu lokasi honeymoon, maka Oia sering dijadikan lokasi berbulan madu. Untuk mendapatkan keindahan sesungguhnya di desa Oia, direkomendasikan datang pada bulan April dan Mei. Pada musim tidak terlalu ramai ini, udaranya sejuk dan kemungkinan besar bisa menyaksikan damainya matahari terbenam (sunset) Oia yang memukau.

Kemudian, tercepat beberapa lokasi yang selalu diburu oleh wisatawan di Oia ini. Seperti, The Blue Dom yang merupakan gereja berkubah biru berteman lonceng. Kemudian, Oia-sunset, namun terkadang lokasi titik memandang sunset ini sangat ramai dikunjungi dengan turis, tetapi perjuangan sampai kesana akan terbayar mahal dengan keindahan gradasi jingga yang mempesona. Decak kagum terpancar dari setiap orang yang menyaksikannya Sang Surya meninggalkan permukaan. Selanjutnya, ada pemandangan kaldera bertabur lampu-lampu malam.

Baca juga destinasi Wisata impian yang tidak kalah romanits, disini.

 

Komentar